Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Masa Pandemi, Isuzu Gelar Kompetisi Mekanik Kelas Dunia

Indonesia sendiri diwakili oleh Mekanik Isuzu Cirebon dan Isuzi Mojokerto

Jakarta, Autos.id  –  Belum lama ini, Isuzu Motor Ltd mengadakan kompetisi I-1 Grand Prix.I-1 Grand Prix sebagai ajang kompetisi teknisi Isuzu Global dengan tujuan meningkatkan kemampuan teknik individu dan tim dari masing – masing dealer Isuzu Group. Kompetisi yang biasanya diadakan di Isuzu Manufacturing Service Training Center (MSTC), Fujisawa, Kanagawa. Dan pada tahun 2020 ini harus dilaksanakan secara virtual atau e-competition dikarenakan pandemi Covid19.

Hal ini didasarkan semangat Isuzu untuk tetap terus mengembangkan sumber daya manusia dan memberikan apresiasi yang tinggi khususnya kepada mekanik – mekanik terbaiknya melalui kompetisi I-1GP.

Dibandingkan tahun sebelumnya tentu saja sistem perlombaan tahun ini terjadi perubahan. Pada tahun – tahun sebelumnya kompetisi dibedakan antara negara–negara maju dan negara berkembang, sedangkan pada tahun ini  kompetisi yang diikuti oleh 44 negara (1 negara diwakilkan 2 mekanik) dari seluruh dunia tidak terdapat pemisahan kategori.

Dari Indonesia diwakilkan oleh Engkus Setiadi (Teknisi) dari Astra Isuzu Cirebon dan Rakhmad Bastian (Teknisi) dari dealer Dwijaya Isuzu Mojokerto. Pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, tidak terdapat Coach dari PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), hanya mekanik yang terjun langsung pada kompetisi.

Pada e-competition ini terdapat beberapa jenis kompetisi, yaitu

  1. Technical Knowledge E-Competition, kompetisi kemampuan pengetahuan tentang teknik otomotif
  2. Virtual Diagnosis E-Competition, yaitu kemampuan diagnosa dan problem solving atas trouble yang terjadi pada kendaraan (trouble pada kendaraan disimulasikan dalam bentuk virtual).

 

Untuk Kategori kompetisi dibagi menjadi team competition dan individual competition, dimana yang dikompetisikan sama yaitu tehnical knowledge dan virtual diagnosis, perbedaannya, untuk team adalah hasil akumulasi dari kedua technician, sedangkan individual adalan pencapaian nilai tertinggi dari masing – masing teknisi.

Dan akhir pekan lalu, akhinya diumumkan Pemenang dari I-1GP untuk kategori

  • TEAM
  1. Taiwan
  2. Japan
  3. Phillipines
  4. Egypt
  5. INDONESIA
  6. Guatemala
  • INDIVIDUAL
  1. Japan
  2. Taiwan
  3. Costa Rica
  4. Phillipines
  5. Taiwan
  6. INDONESIA – atas nama Rakhmad Bastian

Terdapat satu lagi kategori lomba baru yang diadakan pada tahun ini yaitu Supporter Contest, dimana setiap negara diminta untuk membuat video kreatif yang bertemakan dukungan terhadap negara masing – masing yang berlaga di I-1GP, pemenang ditentukan oleh jumlah vote terbanyak selama periode tertentu. Indonesia mendapatkan Juara kedua setelah Bangladesh

Benny Dwyanto, General Manager Service Divison PT Isuzu Astra Motor Indonesia mengatakan “Persiapan kompetisi I-1GP tahun ini lebih menantang daripada tahun – tahun sebelumnya, karena kita harus beradaptasi dengan cara yang baru. Peserta ditantang untuk terbiasa dengan cara baru via digital, sehingga kemampuan diagnosa dan skill saja tidak mencukupi” beliau juga menambahkan “Pada kompetisi ini, dimana tidak ada pengkategorian negara, maka semua negara memiliki kesempatan yang sama, everybody started from zero”.

Untuk pemilihan peserta pun IAMI harus melakukan adaptasi baru, tahun sebelumnya kami melaksanakan kompetisi yang sama untuk tingkat Nasional, dimana pemenang dari kompetisi ini harus melakukan masa karantina berlatih dan belajar selama 2 bulan. “Pada tahun ini karantina juga dilakukan secara virtual dari dealer masing – masing, yang dipandu oleh pelatih dari IAMI selama 6 minggu untuk selanjutnya diundang ke Training Center IAMI untuk masa pemantapan selama 2 minggu” jelas Fuad Hasyim Training Center Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

 

Kemenangan tim mekanik Isuzu Indonesia merupakan bukti kami terus menerus berupaya memberikan pelayanan terbaik di after sales service kami, didukung oleh mekanik – mekanik yang handal, kualitas yang diakui oleh international dan fokus kepada kebutuhan customer dalam perjalanan bisnis customer” ujar Ernando Demily President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Tangerang, Autos.id – Meskipun GIIAS 2023 telah usai, namun PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation atau yang biasa disebut, Astra Isuzu, sebagai...

Berita Otomotif

Dukung Kebijakan SRUT dari Pemerintah, Isuzu Tawarkan Kendaraan Komersial Jakarta, Autos.id  – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI bersama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat...

Berita Otomotif

Last updated on 22 Maret, 2024 Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 resmi dibuka pada 10 sampai 19 Maret 2023 di Jakarta Convention Center...

Berita Otomotif

Sepanjang tahun 2022, penjualan Isuzu cukup fantastis Jakarta, Autos.id  –  Sejalan dengan pemulihan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dan pencapaian fantastis PT Isuzu Astra...

error: Content is protected !!