Connect with us

Hi, what are you looking for?

Wuling

Komparasi Wuling Almaz Hybrid vs Almaz RS, Mending Mana?

Wuling Almaz Hybrid dan Almaz RS.
Wuling Almaz Hybrid dan Almaz RS. (Sumber: Wuling)

Last updated on 12 Februari, 2024

Komparasi antara Wuling Almaz Hybrid dan Almaz RS menjadi menarik karena laris di pasaran.

Autos.id – Dalam komparasi kali ini, akan membahas perbedaan antara Wuling Almaz Hybrid dan Almaz RS, dua SUV Tiongkok yang populer di Indonesia. Almaz Hybrid merupakan varian terbaru dari seri Almaz di Indonesia, didasarkan pada Almaz RS dengan perbedaan signifikan pada eksterior, interior, fitur, dan mesin.

Pihak Wuling Motors pernah menyatakan bahwa Almaz telah menjadi produk unggulan sejak diluncurkan pada 2019, dan Almaz Hybrid adalah langkah lanjutan dalam menggabungkan performa bertenaga, efisiensi bahan bakar, dan mobilitas ramah lingkungan. Lalu, apa saja perbedaan antara Wuling Almaz Hybrid dan Almaz RS?

 

Eksterior

Wuling Almaz Hybrid.

Wuling Almaz Hybrid. (Sumber: Wuling)

Wuling Almaz Hybrid dan Almaz RS memiliki kemiripan tetapi juga perbedaan yang mencolok. Almaz Hybrid menonjolkan aksen Dynamic Blue Lines pada grille depan dan ornamen foglamp berwarna biru, sedangkan Almaz RS menggunakan warna merah untuk aksen yang serupa. Selain itu, Almaz Hybrid memiliki emblem hybrid di pintu bagasi belakang dan velg baru berukuran 18 inci dengan ban 215/55 R18, sedangkan Almaz RS menggunakan velg 17 inci dengan ban 215/60 R17.

Perbedaan lain terletak pada pilihan warna, dengan Almaz Hybrid menawarkan Starry Black, Pristine White, Aurora Silver, dan Carnelian Red, sementara Almaz RS menambahkan opsi Dazzling Silver. Meskipun demikian, keduanya menggunakan konsep two tone colour. Meski ada perbedaan desain, spesifikasi dimensinya sama, dengan panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm untuk keduanya.

Baca juga: Review Wuling Air EV, Mungil dan Praktis

Interior

Dasbor Wuling Almaz Hybrid.

Dasbor Wuling Almaz Hybrid. (Sumber: Wuling)

Wuling Almaz Hybrid dan Almaz RS juga bersaing dalam aspek interior. Almaz Hybrid menampilkan warna beige cerah dan Digital TFT Meter Cluster baru. Perbedaan lain termasuk desain tuas transmisi yang lebih futuristik pada versi hybrid.

Interior Wuling Almaz.

Interior Wuling Almaz. (Sumber: Wuling)

Keduanya tetap memiliki kapasitas 7 orang dan fitur unggulan seperti headunit 10,4 inci, panoramic sunroof, Infinity speakers, Internet of Vehicle (IoV), Wuling Indonesian Command (WIND), dan Advanced Driver Assistant System (ADAS). Meski suspensi berbeda (multilink untuk Almaz RS dan torsion beam untuk versi hybrid), perbedaan ini tidak terlalu terasa dalam uji coba kecepatan 15 km/jam, meskipun Almaz Hybrid memberikan kesan sedikit lebih nyaman daripada Almaz RS.

Baca juga: Komparasi Suzuki Grand Vitara dan Wuling Alvez

Mesin dan Performa

Mesin Wuling Almaz Hybrid.

Mesin Wuling Almaz Hybrid. (Sumber: Antara)

Wuling Almaz Hybrid dan Almaz RS memiliki perbedaan pada sektor mesin. Almaz Hybrid menggunakan mesin bensin 1.999 cc N/A 4 silinder Atkinson Cycle, dipadukan dengan motor listrik 1,8 kW. Almaz RS, sebaliknya, mengandalkan mesin bensin 1.451 cc 4 silinder DOHC DVVT Turbocharger dengan transmisi CVT.

Dalam uji performa, Almaz RS gagal melewati tanjakan kedua dengan 6 penumpang, meskipun berhasil dengan bantuan momentum dan traction control. Almaz Hybrid, menggunakan tenaga listrik dalam mode EV, melewati tanjakan dengan lebih baik.

Dalam uji akselerasi, Almaz Hybrid lebih cepat dari 0-100 km/jam dengan waktu 9,8 detik, sedangkan Almaz RS membutuhkan 11 detik. Dalam drag race 201 meter, Almaz Hybrid mencatatkan waktu 10,7 detik, sedangkan Almaz RS 11,2 detik.

 

Bagaimana dengan Konsumsi BBM?

Dalam uji konsumsi BBM, Almaz Hybrid lebih irit dibanding Almaz RS. Dengan metode full to full dan jarak tempuh 79 km, Almaz Hybrid hanya menggunakan 4,35 liter bensin, menghasilkan konsumsi 18,1 km/liter.

Sementara Almaz RS hanya mencapai 11,6 km/liter. Keiritan Almaz Hybrid disebabkan oleh sistem hibrida yang memungkinkan penggunaan motor elektrik tanpa aktivasi mesin bensin, menjadikannya lebih hemat BBM.

 

Perbedaan Lainnya

Fitur Wuling Almaz.

Fitur Wuling Almaz. (Sumber: Wuling)

Perbedaan lain antara Almaz Hybrid dan Almaz RS adalah kehadiran ban cadangan. Almaz Hybrid tidak dilengkapi dengan ban serep, yang dapat mengurangi kenyamanan jika ban utama bocor di tengah perjalanan.

Ban Almaz Hybrid menggunakan tubeless biasa, bukan run flat tyre (RFT) yang lebih aman jika terjadi kebocoran di jalan. Keterbatasan ruang bawah bagasi karena penempatan baterai membuat Almaz Hybrid tidak memiliki ban cadangan, menjadi kekurangan dibanding Almaz RS yang memiliki fitur ini.

Kesimpulannya

Sebenarnya ini pilihan sulit dan rumit, tapi Wuling Almaz Hybrid adalah pilihan paling terbaik dengan konsumsi BBM yang mungkin lumayan irit daripada bensin. Tetapi, sisihkan juga dari iritnya BBM itu untuk perawatan baterai termasuk sistem hybridnya.

Karena itu semua akan jadi biaya tak terduga dan paling mahal setelah usia mobil menginjak 10 tahun.

Baca juga: Komparasi SUV: Toyota Fortuner VS Hyundai Santa Fe

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Komparasi

Polytron Fox R dan Alva Cervo adalah dua motor listrik yang bersaing ketat di pasar Indonesia. Autos.id – Motor listrik Polytron Fox R dan...

Komparasi

MG dan BYD bersaing di pasar mobil listrik, dimana Maxus 9 jadi pesaing langsung Denza 9. Autos.id – Pada IIMS 2024, dua mobil MPV...

Berita Otomotif

Last updated on 23 Januari, 2024 Mobil listrik sedang naik daun, dimana ada beberapa merk yang laris di pasar Indonesia dan jadi incaran. Autos.id...

Daftar Harga Mobil

Perkembangan industri otomotif, khususnya mobil, di Tiongkok turut berimbas ke Indonesia, bagaimana dengan harganya saat ini? Autos.id – Industri otomotif di Indonesia semakin ramai...

error: Content is protected !!