Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Kelemahan Truk Listrik yang Jadi Sorotan Pabrikan

Truk Listrik

Autos.id – Kelemahan Truk listrik sendiri masih belum terlihat jelas. Pasalnya, penggerak listrik ini sendiri punya kelemahan yang seharusnya jadi perhatian bagi produsen otomotif. Apalagi konsentrasi pemilik moda transportasi adalah bagaimana bisa mengejar profit kalau saja masalah seperti Truk listrik dan kelemahannya itu tidak bisa kita perbaiki.

Kelemahan Truk Listrik

Meskipun truk listrik menawarkan berbagai keuntungan, namun kelemahan ini bisa jadi bumerang bagi mereka. Terutama konsumen yang gunakan sampai produsen yang merancang sekaligus memasarkan truk tersebut. Untuk itu, apa saja yang kita lihat simak berikut kelemahan Truk Listrik.

Jarak Tempuh Terbatas jadi kelemahan

Truk listrik sendiri memang punya masalah dengan jarak tempuh yang terbatas. Bila membandingkan dengan truk konvensional, justru truk konvensional masih lebih jauh daripada Truk listrik itu sendiri.

Hal seperti ini bakalan jadi masalah di kemudian hari, ketika truk dalam perjalanan atau membawa muatan berat tiba-tiba kehabisan listrik di tengah jalan. Bahkan untuk charging sendiri pun bakalan makan waktu sangat lama.

Komponen Baterai sangat Mahal

Komponen baterai sendiri jadi masalah. Soalnya, masalah begini jadinya malah runyam bahkan baterainya sendiri berbeda dengan mobil listrik. Sehingga butuh waktu lagi dan biaya tak murah hanya untuk mengganti dengan baterai listrik tersebut.

Charging Baterai Sangat Lama

Jelas lama karena baterai yang tersimpan di truk listrik sendiri berbeda dengan mobil listrik. Sehingga lama atau cepatnya isi daya baterai ini tergantung dari kapasitas baterai pada truk listrik tersebut.

Jadinya, kalau kelamaan malah mengganggu distribusi barang dan akhirnya biaya pengiriman jadi mahal bukan. Padahal mah, transportasi sendiri butuh kendaraan yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.

 

SPKLU Khusus Truk Listrik Belum ada 

Sistem pengisian baterai truk listrik masih terbatas bahkan yang khusus truk sendiri tidak mungkin tersedia banyak. Sehingga butuh waktu mencari yang sesuai dengan kebutuhan truk tersebut. 

Bobot Berat

Baterai pada truk listrik memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan tangki bahan bakar pada truk konvensional. Ini dapat mempengaruhi kapasitas muatan truk dan memerlukan pengaturan yang lebih hati-hati pada saat pengoperasian.

Harga Sangat Mahal

Truk elektrik harganya begitu mahal, bahkan mengembangkan motor listrik buat truk sendiri butuh semacam effort panjang sekali.

Perkembangan Truk elektrik sendiri bisa bilang berkembang pesat namun butuh waktu panjang untuk riset dan juga pengembangan secara intensif. Mengingat Truk elektrik sendiri bisa jadi solusi di masa depan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Truk listrik yang dibesut Tesla tertangkap kamera oleh publik saat melajut membawa trailer. Autos.id – Tesla Semi yang merupakan truk listrik yang sedang diuji...

Berita Otomotif

Google telah melakukan uji coba trukl otonom yang akan digunakan untuk angkutan logistik. Mobil ini dikembangkan untuk digunakan secara internal. Amerika, Autos.id – Google...

Berita Otomotif

Mercedes-Benz divisi truk semakin serius menggarap truk listrik. Sebuah truk heavy duty kategori truk berat bernama eActros telah melakukan uji coba jalan. Jerman, Autos.id...

Tesla

Truk Listrik Tesla heavy-duty telah melakukan uji coba secara terbuka di jalan umum. Kahadirannya akan merubah segmen pasar truk masa depan Amerika, Autos.id –...

error: Content is protected !!