Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Kelebihan dan Kelemahan BMW E30 Yang Patut Diketahui

Kelebihan dan Kelemahan BMW E30 Yang Patut Diketahui

Last updated on 18 Juli, 2023

Jakarta, Autos.id  –  BMW E30 merupakan nama lain dari BMW Seri 3 generasi kedua. Ditahun 90an, mobil ini merupakan salah satu mobil yang sangat populer para anak muda dimasanya. Terlebih BMW E30 digunakan didalam film Catatan Si Boy yang membuat mobil ini menjadi sangat ikonik oleh para anak muda dimasanya. Terlebih ditahun 90an, mobil jenis sedan merupakan mobil yang sangat digemari oleh masyarakat, khusunya dikalangan anak muda.

Di masa sekarang, BMW E30 ini merupakan salah satu mobil yang jadi incaran, terutama bagi orang-orang yang senang collector item atau penyuka mobil jadul. Dan bahkan beberapa public figure seperti Fitra Eri dan Andre Taulanny pun merupakan salah satu owner dari mobil ini.

Dan bisa dibilang harganya termasuk cukup tinggi dipasar mobil second. Tidak heran bila mobil ini merupakan mobil yang sangat tepat sebagai bahan investasi jangka panjang yang bila dijual kembali maka harganya akan meningkat jauh lagi. Nah bagi anda yang merupakan penggemar mobil tua dan ingin mengincar BMW E30 Seri 3, Autos akan memberikan beberapa kelebihan dan kelemahan sebelum anda berencana meminang mobil ini.

Kelebihan BMW E30

Nah kelebihan pertama dari BMW E30 ini adalah dari sektor mesinnya. Varian E30 yang masuk secara resmi adalah 318i dengan kapasitas 1.8000 cc. Mesin ini untuk masanya termasuk cukup bertenaga yaitu kurang lebih sebesar 105 HP dan torsi 145 NM. Memang untuk ukuran jaman sekarang termasuk biasa saja, tapi dengan body yang termasuk kecil memberikan tenaga yang cukup powerfull. Serta konsumsi BBM yang tergolong cukup irit untuk mobil tahun 90an.

Kelebihan dan Kelemahan BMW E30 Yang Patut Diketahui

 

Kemudian dari segi handling atau pengendalian, mobil ini termasuk sangat lincah dan stabil. Dengan body yang tergolong kecil, pengendalian mobil ini terasa sangat sempurna. Gak heran mobil ini kerap dijadikan mobil bahan untuk dipakai balapan di Sirkuit. Karena untuk bisa digunakan balapan, handling serta pengendalian menjadi poin yang sangat krusial. Tapi dengan body yang kecil ini memiliki kelemahan yang nantinya akan kami bahas dibagian kelemahan mobil ini.

Kemudian kalau berbicara mengenai spare part, meskipun umur BMW E30 ini termasuk mobil yang sudah sangat berumur, anda gak perlu khawatir karena BMW Indonesia sendiri menjamin sparepart semua BMW yang dijual bahkan hingga BMW tua seperti E30 ini. Meskipun harus inden, tapi tergolong tidak terlalu lama jadi gak perlu khawatir kalau BMW E30 anda terjadi sesuautu yang tidak diinginkan.

Baca juga: Mengintip Tren Modifikasi Mobil Tahun 1990-an

Kelemahan BMW E30

Meskipun BMW E30 meiliki nilai historis yang sangat tinggi, bukan berarti mobil ini tidak memiliki kekurangan. Kekurangan yang mudah terlihat adalah dari ruang kabin belakang. Meskipun dengan body yang kecil memberikan handiling serta pengendalian yang luar biasa, tapi harus terkorbankan dengan ruang kabin yang termasuk cukup sempit. Mobil ini memang diciptakan untuk driver enthusiast dan bukan mengangkut orang memang seperti di Seri 5 dan Seri 7 di masanya.

Kemudian mobil ini juga masih minim akan berbagai fitur. Meskipun untuk fitur safetynya sendiri untuk masa termasuk sudah cukup mumpuni. Airbag dan ABS sudah jadi standard dan dimasanya termasuk cukup mewah dengan adanya fitur safety semacam itu. Tetapi sebelihnya belum ada berbagai fitur gimmick yang menjadi niali daya jual tinggi untuk mobil ini.

Kelebihan dan Kelemahan BMW E30 Yang Patut Diketahui

Kemudian yang sering dikeluhkan oleh beberapa pemiliknya adalah kekedapan kabin yang termasuk kurang senyap untuk sebuah mobil Eropa. Meskipun untuk masalah kekedapan kabin sendiri banyak cara untuk bisa mengakali itu. Salah satunya dengan penambahan instalasi serta peredaman yang akan membuat kabin jadi terasa lebih senyap terlebih dibawa dikecepatan tinggi.

Nah itulah kelebihan dan kelemahan dari BMW Seri 3 E30 yang perlu anda ketahui. Bagi anda para petrol head, mobil ini merupakan salah satu mobil yang sangat ikonik dan sayang banget untuk anda lewatkan dan bisa jadi bahan investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan untuk anda.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas Terbaik 2023 di Bawah 100 juta

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

BMW

Jakarta, Autos.id  –  Merayakan kehadiran BMW Seri 3 yang ke-49 tahun, BMW Astra memberikan promo terbaik untuk BMW Seri 3. BMW Astra mengadakan Festival...

Mobil

Jakarta, Autos.id  –  BMW Group Indonesia terus berinovasi untuk gak sekedar menghadirkan produk baru, namun juga berbagai inovasi yang menarik. Terbaru, mereka baru saja...

Reviews

Jakarta, Autos.id  –  Jelang akhir tahun, BMW Indonesia hadirkan penyegaran dari Sport Activity Vehicle (SAV), New BMW X5 yang juga merupakan favorit pelanggan di...

Mobil

BMW Indonesia Hadirkan Pengalaman Premium Hasil Kerjasama Strategis dengan Bluebird Group. Jakarta, Autos.id  –  Baru-baru ini, BMW Indonesia membuat terobosan baru yaitu mengumumkan kolaborasi...

error: Content is protected !!