Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Inilah Tips Beli Mobil Bekas Dari Balai Lelang

Inilah Tips Membeli Mobil Bekas Dari Balai Lelang Yang Perlu Di Ketahui

Last updated on 1 Agustus, 2023

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas secara lelang dari balai lelang, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Autos.id – Selain membeli dari penjual mobil bekas, showroom mobil bekas, atau langsung dari pemilik sebelumnya, salah satu cara membeli mobil bekas yang bisa Anda lakukan adalah melalui balai lelang. Ya bisa di bilang penggunaan balai lelang untuk membeli mobil bekas bisa menjadi alternatif lainnya dalam mencari sebuah unit mobil bekas.

Biasanya mobil yang di siapkan di balai lelang mobil bekas memiliki harga yang tergolong lebih murah di bandingkan harga pasaran.

Meskipun kedengarannya menarik, tetapi pasti ada beberapa unit mobil lelang yang memiliki beberapa masalah. Misalnya kondisi yang kurang bagus hingga kurangnya berbagai surat-surat. Sehingga bukannya menguntungkan namun justru merugikan Anda sendiri.

Inilah Tips Membeli Mobil Bekas Dari Balai Lelang Yang Perlu Di Ketahui

Sehingga penting untuk mengetahui beberapa hal sebelum Anda memutuskan ikut melakukan lelang untuk bisa mendapatkan mobil bekas incaran Anda.

Baca juga: Cari Rekomendasi Lelangan Mobil Murah? Cek Di Sini!

Tips Beli Mobil dari Balai Lelang

Kali ini Autos.id akan memberi Anda beberapa tips sebelum memutuskan membeli mobil bekas dari balai lelang yang perlu Anda perhatikan berikut ini.

1. Memilih Balai Lelang Terpercaya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memilih balai lelang yang terpercaya dan berkualitas. Karena setiap balai lelang memberi berbagai pilihan unit mobil yang di lelang serta pilihan pembayaran yang beragam.

Pastikan balai lelang yang Anda pilih ini tidak mempersulit Anda dalam melakukan pembayaran serta proses lelang yang bisa lebih fair. Sehingga nantinya Anda tidak merasa tidak di rugikan oleh balai lelang tersebut.

2. Jangan Terpancing Emosi

Ketika proses lelang sedang berlangsung, pastikan Anda tetap dalam kondisi emosi yang stabil. Karena biasanya selama proses lelang ini, tidak hanya Anda yang melakukan proses tersebut, tetapi melibatkan orang lainnya.

Anda harus tenang dalam melakukan setiap memberi penawaran harga yang Anda inginkan. Waspadai juga beberapa oknum atau penawar yang mencurigkan. Karena biasanya ada beberapa oknum penawaran yang justru memberi harga yang tidak wajar yang berakibat tidak sesuai dengan harapan Anda.

3. Mengecek Harga Pasaran Mobil Sejenis

Sebelum Anda melakukan lelang, coba terlebih dahulu untuk mengecek harga pasaran dari mobil yang Anda incar tersebut. Tujuannya adalah sebagai pembanding dengan harga penawaran awal lelang tersebut.

Sehingga ketika proses lelang ini berlangsung, Anda bisa menawar dengan harga yang kira-kira masih masuk akal dan mendekati harga pasar seharusnya. Serta agar Anda tidak terjebak dengan penawaran harga yang lebih mahal dari seharusnya.

4. Cek Kondisi Dan Kelengkapan Dari Mobil Incaran Anda

Biasanya setiap balai lelang akan memberikan keterangan mengenai unit mobil yang lelang tersebut. Misalnya dari kondisi mobil, hingga kelengkapan surat-surat apakah lengkap atau tidak tidak.

Karena dengan melihat detail-detail tersebut, setidaknya Anda bisa melihat apakah Anda tertarik denan unit lelang tersebut beserta memberi penawaran yang pas saat proses lelang berlangsung.

5. Memperhatikan Waktu Lelang

Hal lainnya yang juga tidak kalah penting adalah memperhatikan waktu lelang. Karena biasanya balai lelang sudah menyiapkan waktu tertentu untuk setiap proses lelang dengan unit-unit mobil yang tersedia tersebut.

Serta hal lainnya yang juga tidak kalah penting adalah Anda harus memiliki plan B perlihal waktu lelang beserta unit mobil yang ingin Anda incar. Karena bisa jadi karena satu dan lain hal tidak bisa mengikuti proses lelang tersebut.

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Last updated on 15 April, 2016 London, Autos.id – Bagi sebagian besar orang, mungkin akan langsung menggelengkan kepala begitu Anda menyebutkan sebuah mobil dengan...

error: Content is protected !!