Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Inilah Kelebihan Dan Kelemahan Pasang Towing Bar Di Bumper Mobil Anda

Inilah Kelebihan Dan Kelemahan Pasang Towing Bar Di Bumper Mobil Anda

Sebelum anda ingin memasang towing bar di mobil, ada beberapa kelebihan dan kelemahan yang perlu diketahui sebelum memasangkan di bumper mobil.

Autos.id – Berbicara mengenai aksesoris pada mobil, salah satu yang banyak dipakai oleh orang-orang adalah towing bar. Selain memberikan tampilan yang menarik pada mobil, ternyata towing bar memiliki fungsi agar bagian bumper mobil tidak mudah rusak, terutama saat terjadi tabrakan. Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan towing bar di bumper mobil Anda memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan yang perlu Anda perhatikan.

Kali ini, Autos.id akan membedah berbagai kelebihan dan kelemahan dari penggunaan towing bar pada mobil.

Inilah Kelebihan Dan Kelemahan Pasang Towing Bar Di Bumper Mobil Anda

 

Beberapa Kelebihan Towing Bar

Dimulai dari kelebihan towing bar, salah satu yang menjadi keunggulannya adalah jadi titik tumpu saat menderek objek lain dan sebaliknya. Saat mobil Anda alami mogok atau tidak bisa digerakan, di situlah fungsi towing bar menjadi lebih berguna.

Meskipun mobil sudah terdapat semacam pengait untuk bisa diderek, tetapi penggunaan towing bar ini akan jauh lebih mempermudah bagi mobil derek yang ingin menderek mobil dengan titik tumpu yang mudah terlihat.

Selain itu, mobil bisa menderek trolley apapun. Baik mobil maupun kandang kuda sekalipun. Karena aksesoris ini dirancang untuk membantu tarik beban besar.

Ford Ranger

Selain sebagai bracket atau tumpu pada mobil derek, ternyata penggunaan towing bar juga sangat berguna bagi yang hobi bersepeda. Pastinya Anda bingung bukan akan diletakkan dimana sepeda ketika ingin dibawa ke mobil anda. Nah, penggunaan towing bar ini sangat membantu sebagai tempat meletakan sepeda dengan lebih rapi dan presisi.

Towing Bar

Dan yang terakhir jelas adalah melindungi bumper asli mobil anda. Karena saat terjadi tabrakan, biasanya yang akan kena terlebih dahulu adalah towing bar bukan bumper asli mobil anda.

Selain itu, besi towing yang terpasang ini juga melindungi kerusakan mobil secara keseluruhan yang lebih baik meskipun untuk kecelakaan yang lebih besar, tidak bisa menjamin 100% mobil masih dalam kondisi sempurna. Tetapi setidaknya ketika bagian utama mobil rusak, biaya perbaikannya tidak terlalu besar.

Baca Juga: Toyota Sienta pakai Modellista

Beberapa Kelemahan Towing Bar

Selain memiliki kelebihan, aksesoris ini ternyata menyimpan berbagai kelemahan yang mungkin perlu diperhatikan sebelum memasangnya. Salah satunya adalah pemasangannya tidak tepat justru berbahaya pengendara lain. Karena bahan yang digunakan dari besi, setidaknya bumper mobil akan terhindar dari kerusakan berat.

Tow bar hitch

Tetapi disisi lain akan membuat mobil atau kendaraan lainnya justru akan mengalami kerusakan yang cukup berat. Apalagi bumper towing yang terpasang di mobil ini menggunakan bahan atau kualitas besi yang tidak baik. Sehingga ketika menggunakan towing bar, sangat penting bagi anda untuk memilih towing bar yang tepat sesuai kebutuhan.

Hal lainnya yang juga menjadi kekhawatiran banyak orang adalah rata-rata dimensi mobil setelah terpasang bakal lebih menonjol, terutama di bagian hook untuk menarik gerbong barang.

Ketika seseorang tidak sengaja terkena hitch tersebut.  Bagian kaki atau tulang kering anda mungkin sangat terasa sakit. Karena itu pemasangan towing bar ini, bagian hook tersebut  sebaiknya dilepaskan saja dan baru dipasang disaat membutuhkan mobil derek.

Nah, itulah berbagai kelebihan dan kelamahan dari aksesoris untuk derek yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum terpasang di mobil. Jadi kembali lagi ke kebutuhan Anda apakah membutuhkan towing bar atau tidak

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga