Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Inilah BMW XM, Mobil BMW M Pertama Dengan Teknologi Hybrid

Inilah BMW XM, Mobil BMW M Pertama Dengan Teknologi Hybrid

BMW XM ini akan segera diluncurkan di awal tahun depan dengan produksi pertamanya akan mulai dilakukan pada akhir tahun ini.

Autos.id  –  Baru-baru ini, BMW melalui divisi performance-nya, BMW M baru saja meluncurkan mobil performance terbarunya yaitu BMW XM. Mobil yang satu ini menjadi salah satu mobil paling revolusioner yang pernah dihadirkan oleh BMW M. Karena BMW XM merupakan mobil BMW M pertama yang hadir dengan teknologi Hybrid yang menggabungkan mesin konvensional dan motor listrik.

Selain itu, BMW XM juga di klaim menjadi salah satu SUV BMW terkencang yang pernah dibuat oleh pabrikan asal Jerman tersebut.

Seperti Ini Tampilannya

Secara tampilan, bisa dibilang BMW XM ini hampir menyerupai salah satu mobil SUV listrik mereka yaitu iX. Terlihat dari kaca dibelakang pilar C yang cukup khas serta bagian belakang yang juga mirip dengan iX dengan penempatan plat nomor dibagian bumper bawah. Tetapi yang paling revolusioner adalah desain depan yang mencirikan mobil yang sangat futuristik.

Inilah BMW XM, Mobil BMW M Pertama Dengan Teknologi Hybrid

Mulai dari penggunaan Double Kidney Grill yang membesar ke sampung dengan adanya 5 garis hitam pada bagian dalam grill tersebut. Selain itu penggunaan lampu ala X7 Facelift dengan lampu DRL dibagian atas serta lampu utamanya yang ada dibagian tengahnya juga memperkuat kesan futuristruk pada mobil ini. Serta pada bagian ujung bumper bawah ada lubang kecil yang berlubang beneran ke arah ban untuk memberikan fungsi aerodinamika.

Berlanjut ke bagian samping, sekilas memang tidak jauh berbeda dengan iX. Tetapi beberapa detail perbedaan yang hadir seperti penggunaan ban dan velg dengan desain akar yang sangat sporty dan gagah dengan pilihan opsi ukuran 21 inch dan 23 inch. Serta untuk memperkuat kesan SUV, ada skid plastik hitam dibagian bawah serta fender roda yang memperkuat kesan gagah dari mobil ini.

Dan dibagian belakang, BMW XM juga tidak kalah futuristik dan gagah. Mulai dari penggunaan 4 knalpot yang uniknya diletakan secara vertikal dibgaian ujung kiri dan kanan yang masing-masing ada 2 knalpot. Serta yang tidak kalah unik adalah penggunaan lampu belakang yang juga memiliki desain unik serta juga sudah full LED.

Inilah BMW XM, Mobil BMW M Pertama Dengan Teknologi Hybrid

Dan berlanjut ke bagian interior, apabila bagian eksterior terlihat mirip dengan iX, tetapi bagian interior justru mirip dengan X7 Facelift. Mulai dari penggunaan dashboard yang lengkap dengan layar iDrive 8 yang menyambung dengan instrument cluster dengan bentuk mengotaknya. Serta permainan warna yang cukup unik antara coklat dan biru dongker juga memperkuat kesan yang unik dan menarik.

Hadirnya Beberapa Fitur Unik

Dari segi fitur, BMW XM hadir dengan beberapa fitur yang bisa dibilang cukup unik. Misalnya dari penggunaan M Profesional Adaptive Suspension yang sudah terhubung dengan Damper dan Active Roll Stabilization yang membuat mobil ini memiliki pengendalian yang lebih baik. Selain itu penggunaan suspensi Double Wishbone di depan dan Five Link dan Steel Spring dibagian belakang juga memberikan kestabilan yang sangat mumpuni.

Lalu tidak ketinggalan BMW XM menjadi BMW M pertama yang hadir dengan fitur Integral Active Stearing. Fitur ini akan memberikan bantuan untuk bisa memberikan rasio mengemudi yang lebih bervariasi sesuai kebutuhan. Serta beberapa fitur lainnya seperti BMW iDrive 8 yang dilengkapi dengan Sound System dari Bowers & Wilkins 20 speaker dengan kapaistas 1.500 watt juga memberikan salah satu keunggulan lainnya dari mobil yang satu ini.

Inilah BMW XM, Mobil BMW M Pertama Dengan Teknologi Hybrid

SUV BMW Paling Bertenaga

Selain menjadi BMW M pertama yang menggunakan mesin Hybrid, BMW XM juga disebut-sebut sebagai SUV BMW terkencang yang pernah dibuat. Mesin yang digunakan adalah V8 Twin Turbo berkapaitas 4.400 cc yang memiliki tenaga hingga 483 Hp dan torsi 650 Nm. Nah mesin ini juga dibantu dengan motor listrik tunggal yang memberikan tenaga tambahan 194 Hp yang setelah digabungkan bisa menghasilkan tenaga 644 Hp di 5.400 rpm dan torsi 800 Nm di 1.600 hingga 5.000 rpm.

Mesin ini disambungkan melalui transmisi otomatis 8 Speed dari ZF yang juga digabungkan wet-clutch pack yang berasal dari motor listrik tunggal ini. BMW XM juga hadir dengan pilihan varian XM Lader Red yang menggunakan mesin dan motor listrik yang sama tetapi memiliki tenaga yang lebih besar yaitu 735 Hp dan torsi 997 Nm. Kabarnya mesin BMW XM ini juga akan menjadi basis dari BMW M5 generasi selanjutnya.

Untuk harga sendiri, BMW XM sendiri dibandrol dengan harga 159.000 Dolar Amerika atau setara Rp 2,4 Miliyar. Rencananya BMW XM akan dirakit di pabrik BMW Group Plant di Spartanburg, di negara bagian Carolina Selatan, Amerika Serikat di akhir tahun ini dan akan mulai dijual secara global awal tahun depan. Apakah BMW XM akan dibawa masuk oleh BMW Group Indonesia, kita nantikan saja pastinya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

BMW M tidak tertarik dengan mesin berkapasitas kecil seperti 3 atau 4 silinder meskipun sebenarnya mereka memiliki rencana dan peluang tersebut. Autos.id – Ditengah...

Mobil

Selain kehadiran mesin Hybrid terbaru, BMW M5 generasi terbaru ini juga memberikan ubahan yang signifikan dari desain serta beberapa fitur mobil ini. Autos.id –...

Reviews

Generasi terbaru BMW M2 ini hadir dengan berbagai ubahan yang sangat signifikan serta tetap mempertahankan statusnya sebagai mobil BMW M terjangkau yang bisa dibeli...

Balap

Meskipun regulasi F1 musim 2026 terlihat menjanjikan, namun BMW belum tertarik kembali berkompetisi di ajang F1 untuk beberapa tahun kedepan. Autos.id  –  Regulasi ajang...