Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Impresi Pertama Toyota Yaris Cross

Impresi Pertama Toyota Yaris Cross

Last updated on 3 Juli, 2023

Autos.id – Impresi Pertama Toyota Yaris Cross, mungkin sedikit saja pertanyaan menarik dari sebuah mobil terbaru dari Toyota. Kalau orang tahunya Yaris Cross ini adalah bentukannya seperti versi Eropa. Berbeda dengan Yaris Cross versi Indonesia, sangat berbeda jauh dari model lainnya di belahan negara lain.

Itu semua berawal dari platform Daihatsu yang sebutannya adalah DNGA (Daihatsu New Global Architecture). platform sasis ini memang berasal dari duo kembar seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Namun, Toyota Yaris Cross sendiri berbeda, bahkan tidak ada versi kembarannya dari Daihatsu. Membuat, model ini hanya berjalan sendiri saja tidak ada yang menemani.

Menariknya, kami dapatkan kesempatan mencoba langsung Toyota Yaris Cross versi tertinggi. Yaris Cross HV GR Sport, tentu saja fiturnya sudah melimpah sekali.

Kalau bicara mobil ini, sebenarnya belum bisa berikan gambaran banyak. Namun dengan impresi pertama terutama dari segi berkendara. Harapannya bisa jadi modal menarik untuk kulik lebih detail lagi.

Masuk ke dalam, Kabin Lega khas Toyota Terasa

Namanya juga Toyota, soal kabin lega sudah jadi bagian dari karakter pabrikan satu ini. Tidak ada yang bikin kita takut akan ruangan sempit ataupun keluar masuk tanpa harus minggirin kepala dulu.

Meskipun sempat kejedot pilar A, tapi itu semua tidak kurangi penilaian kami akan akses dari Yaris Cross tersebut. Oh iya, pintu bagasi kali ini sudah elektrik dan enaknya lagi sudah bisa pencet seperti model crossover lainnya.

Impresi PertamaToyota Yaris Cross

Masuk dan setel jok sesuai dengan tinggi badan. Lho, ada yang kurang? Ternyata suara mesin tidak ada sama sekali! Seperti belum nyala sama sekali mesinnya dan tidak ada yang bisa mengalahkan suara hybrid lainnya.

Tentu saja, ini serial hybrid dan baterai-nya sendiri berada di bawah kursi penumpang dan pengemudi. Sehingga cukup mudah dalam bongkar pasang apabila terjadi kerusakan atau penggantian part.

Saatnya kita melaju dengan mobil ini dan kebetulan mobil ini memang dapat jatah tes dari Auto2000. Karena itu kita coba untuk melaju dengan mobil ini.

Baca juga: Mana Lebih Baik? Toyota Raize Atau Honda HRV?

Handling lebih enak dan bantingan sedikit keras

Sebenarnya bicara handling sendiri belum kelihatan banget, namun dari beberapa percobaan terlihat kalau Yaris Cross ini lebih lincah dan juga kelihatannya nurut daripada crossover lainnya. Memang bantingannya sendiri terasa keras karena beragam hal.

Namun, yang jadi catatan adalah bagaimana kinerja Hybrid dari Yaris Cross ini jadi pilihan di tengah jalanan macet.

Hybrid bekerja lebih maksimal meskipun agak kesulitan mengisi

Sebenarnya Hybrid dari Toyota terbaru ini lebih menarik. Karena bisa mengisi kembali listrik ke baterai dari mesin dan juga bisa bekerja kedua-nya. Namun, itu semua bisa terasa apabila jalanan lengang.

Bagaimana dengan saat macet? Justru inilah kehebatan dari hybrid mereka, dengan mengusahakan mesin tidak bekerja terus menerus dan nyala-nya itu sendiri hanya beberapa kali saja. Inilah keunggulan yang bisa jadi mesin uang bagi Toyota itu sendiri.

Selain itu, mesinnya sendiri juga tidak seberisik itu. Bahkan motor listriknya juga terasa sekali hentakannya. Sungguh menyenangkan sekali, tapi sayangnya masih kurang untuk eksplorasi mobil ini lebih jauh lagi.

Mungkin impresi pertama Toyota Yaris Cross kali ini berhasil sekali. Mari kita tunggu hasil tes dan kali ini bisa jadikan patokan mana yang terbaik.

Baca juga: Harga Toyota Yaris Cross Terungkap!

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

error: Content is protected !!