Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Hino Genuine Oil Mengandung Komponen Aditif, Cocok Untuk Operasional Kendaraan

Hino Bus R260 Bodi Aluminium
Hino Bus R260 Bodi Terbaru Aluminium dari Tentrem yang digunakan untuk tes TransJawa

Terdapat 9 komponen aditif Hino Genuine Oil seperti friction modifier untuk melapisi permukaan logam dan mengurangi gesekan.

Tangerang, Autos.id  – Setiap mesin membutuhkan oli untuk bekerja dengan baik. Oli merupakan elemen penting untuk sebuah mesin. Baik sintetis, semi-sintetik atau mineral, oli mesin memainkan banyak peran. Seperti untuk daya tahan tinggi, menghasilkan performa maksimal serta menghasilkan konsumsi bahan bakar yang rendah dan emisi gas buang yang baik.

Peran utama oli mesin adalah untuk melumasi bagian-bagian mesin yang mengalami gesekan konstan.

Disamping itu, oli memiliki fungsi untuk pembersihan. Deposit mikroskopis akan menumpuk di mesin yang terdiri dari debu atau sisa pembakaran. Tanpa oli mesin yang berkualitas, residu akan menyumbat mesin dan menurunkan performanya. Aliran oli mesin secara terus-menerus membawa kotoran ini ke filter oli, tempat kotoran tersebut terperangkap.

Talkshow Hino Bus Tes Transjawa dan Oli Hino bersama FORWOT

Pelumas berkualitas tinggi, terbuat dari base oil dan aditif berkualitas tinggi. Hino Genuine Oil (HGO) sudah mengandung komponen aditif yang lengkap untuk kendaraan. Terdapat 9 komponen aditif Hino Genuine Oil seperti friction modifier untuk melapisi permukaan logam dan mengurangi gesekan. Oiliness agent yang memperkuat lapisan film pada oli dan anti wear mencegah keausan dan kerusakan pada komponen.

Oli asli Hino juga dilengkapi anti corossion menjaga komponen tidak mudah korosi. Serta anti-oxidant mencegah oksidasi dan memperpanjang umur oli. Pada Hino Genuine Oil terdapat juga detergents & dispersants menjaga mesin tetap bersih. Viscosity index improver menjaga stabilitas viskositas, antifoaming agents mencegah pembentukan gelembung busa, dan pour point depressant mempertahankan fluiditas pada suhu dingin.

“Dampak oli mesin berkualitas rendah adalah membuat komponen lecet, engine noise, dan daya tahan buruk sehingga biaya pemeliharaan tinggi. Untuk itu kami hadirkan HGO yang sudah mengandung komponen aditif yang lengkap untuk kendaraan bisnis customer, dan pastikan selalu menggunakan Hino Genuine Oil agar bisnis lebih efisien,” terang Santiko Wardoyo, COO-Director PT Hino Motors Sales Indonesia dalam Talkshow Hino Bus Tes Transjawa dan Oli Hino bersama FORWOT di Tangerang, baru-baru ini.

Santiko Wardoyo, COO Hino

Mesin Hino Bus Terabas Jalur Trans Jawa

Mesin Hino Bus dirancang untuk beroperasi disegala jalan dan operasional, termasuk di Jalan Tol Trans Jawa. Karena dari data uji yang dilakukan di Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya (PP). Hino Bus dengan kondisi kecepatan operasi diatas 100 km/jam terus menerus, sangat mumpuni dan mesin tetap stabil.  Temperatur oli mesin, dan rata-rata oli di mesin hampir sama atau tidak ada pengurangan, dan jauh dari batas titik nyala oli ( ±230°C ).

Laju pendinginan radiator Hino Bus, baik itu RN 285 dan R260 berkisar antara 25 – 30°C artinya menunjukan hasil yang lebih baik dari laju pendinginan radiator brand lain yang hanya berkisar 10°C walaupun mesin Hino memiliki kuantitas oli yang lebih sedikit, dan melaju dengan kecepatan tinggi secara terus menerus di Tol Trans Jawa.

Yang terpenting dari tes ini, Hino Bus RN 285 & R 260 mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar yang lebih baik, berkisar 11% untuk Hino Bus R 260  dan Hino Bus RN 285 di angka 7%. Dari sisi operasional cost, perbandingan biaya ganti oli selama satu tahun juga lebih hemat seperti Hino Bus R260 lebih hemat 78% bila dibandingkan brand lain.

Penjelasan Mesin Bus Hino yang digunakan untuk tes Transjawa

“Hino memiliki lubang pelumasan pada Oil Gallery untuk mendinginkan piston. Ini akan meningkatkan efisiensi pendinginan dibandingkan dengan tipe piston tanpa oil gallery. Piston dengan cooling gallery, 50% panas dari piston akan ditransfer ke minyak pelumas. Kualitas minyak pelumas memainkan peran penting seperti memiliki lebih sedikit deposit dan ketahanan oksidasi yang tinggi seperti HGO” tutup Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI.

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hino

Last updated on 10 Oktober, 2022 Hino serah terimakan unit secara simbolis Hino Bus RK260 yang menggunakan bodi dari karoseri Adiputro Jakarta, Autos.id  –...

Berita Otomotif

Last updated on 27 Agustus, 2022 Jumlah SPK Hino tahun 2022 lebih besar 2x lipat dari GIIAS 2021 lalu Jakarta, Autos.id – Selama 11...

Hino

Last updated on 22 Juni, 2022 Kontes ini dimaksudkan untuk mewujudkan Pengemudi yang Aman dan Unggul dalam Bisnis Transportasi Jakarta, Autos.id  –  PT Hino...

Mobil

Dengan bodi alumunium ini, berat Hino terbaru ini lebih ringan hingga 500kg dari pendahulunya Tangerang, Autos.id – Baru-baru ini,  Tentrem, Perusahaan Karoseri asal Malang,...