Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Hati-hati! Berikut Cara Cegah Kebakaran Mobil

Jakarta, Autos.id – Saat ini, hujan sudah jarang turun di beberapa wilayah Indonesia. Ini menandakan bahwa kita sedang memasuki musim kemarau. Udara dan suhu harian cenderung lebih tinggi dari musim sebelumnya, hal tersebut jangan sampai menjadi pemicu kebakaran mobil. Memang musim kemarau tidak selalu menjadi penyebab kebakaran pada kendaraan, termasuk mobil pribadi. Namun, selalu waspada dan bersiaplah untuk mencegah mimpi buruk ini terjadi.

Berikut sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kebakaran mobil dari Auto2000.

1. Hindari aksesori berlebihan

Memang tidak ada larangan untuk memasang aksesori mobil berbasis elektronik. Namun jika pemasangannya sembarangan tentu bisa menjadi malapetaka. Sambungan kabel hingga tata letak kabel yang sembarangan bisa memicu arus pendek dan kebakaran.

Lepas jika aksesoris tersebut tidak lagi terpakai atau kurang penting. Namun jika tetap mau mempertahankannya pastikan sambungan kabelnya tertata sangat baik.

Baca juga: Tips Membersihkan Filter Bensin Mobil

2. Tutup bensin selalu rapat

Tutup bensin yang tidak rapat atau bahkan rusak bisa jadi salah satu penyebab kebakaran mobil. Segera ganti jika komponen satu itu ada masalah. Segera kunjungi bengkel terdekat untuk melakukan pemeriksaan tutup bensin mobil jika rusak agar segera ditindak.

3. Waspada tetesan bahan bakar

Mobil Anda tengah parkir dan ada tetesan cairan dari kolong? Jika cairan tersebut adalah bahan bakar maka segera tangani. Kemungkinan besar mobil tersebut mengalami kebocoran tangki bahan bakar atau bagian selangnya.

Masalah kebocoran bahan bakar tidak bisa dianggap sepele. Baik mobil bermesin diesel mau pun bensin, jika ditemukan adanya kebocoran bahan bakar harus segera diperbaiki di bengkel terdekat.

4. Siapkan APAR

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ada baiknya disediakan di kabin mobil. Anda bisa memilih yang ukurannya ringan dan cocok ditempatkan di kabin mobil. Selain berguna untuk memadamkan api di mobil sendiri jika terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan APAR sebagai pertolongan jika menemui kebakaran mobil di jalan.

Baca juga: Lima Langkah Perawatan Mobil Dari Rumah

5. Rajin servis di bengkel

Dengan selalu rajin servis mobil tentunya jika ada masalah teknis yang berpotensi menyebabkan kebakaran dapat segera ditangani. Untuk itu selalu rawat baik-baik mobil  Anda di bengkel terdekat. Merawat mobil tidak sulit. Anda hanya perlu mengikuti jadwal yang telah tertulis di buku panduan pemilik.(Fzn/Shf)

Masalah seperti potensi kebakaran mobil dan lainnya bisa kita minimalisir dengan rajin servis mobil.

 

Sumber dan Foto: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Kondisi mesin yang mengalami overheat seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara mobil. Terlebih lagi jika masalah overheat ini terjadi pada saat sedang melakukan...

Tips

Memilih helm untuk dipakai dalam aktivitas harian tidak mudah tapi juga tidak sulit, dan tipsnya ada di artikel ini. Autos.id – Dalam memilih helm...

Tips

Last updated on 15 Oktober, 2022 Asap yang keluar berlebihan pada motor adalah tanda adanya kerusakan di bagian dalam mesin dan masalah ini harus...

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...