Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Ford Laser, Nasibmu Kini

Ford Laser sempat berjaya sebagai armada taksi namun saat ini sulit mencari unit bekasnya

Autos.id – Ford Laser adalah mobil idaman pada saat itu. Model ini hadir di Indonesia dalam dua bentuk, yaitu Sedan dan Hatcback. Keduanya punya peminatnya masing-masing. Padahal kalau mau tahu, ada beberapa model Ford Laser masuk ke Indonesia.

Sebenarnya, Ford Laser sendiri terdiri dari beberapa model. Namun di Indonesia yang masuk adalah model TX3. Pernah tidak melihat model hatchback dari TX3? Iya, di Indonesia sendiri masih ada satu model hatchback dan harganya sudah setara dengan mobil seken sekelasnya.

Ford Laser

Sedangkan versi taksi sendiri masih banyak meskipun peredarannya sudah jarang bahkan harganya pun juga sudah bisa terjangkau sekali. Karena itu, untuk bahas model ini mari kita melihat sosok Ford Laser yang pernah berjaya saat itu.

Ford Laser TX3 1987

Sebenarnya model ini ada satu yang masih bagus sekali. Kebetulan terlihat jelas di salah satu iklan online dan harga yang mereka patok di atas Rp100 juta! Bayangkan model hatchback seperti ini bisa harganya lebih dari Rp100 Juta.

Memang, kondisi mobil sangat bagus dan memang koleksi salah satu artis juga. Namun, satu sisi model inilah yang jadi cikal bakal dari mobil balap Rally Ford Costworth. Tampilan dasbor pun simpel dan tidak ada yang berbeda.

Sedangkan bagian belakang pun juga terlihat old school namun punya arti mendalam. Memang, inilah mobil yang kita cari selama ini.

Berlanjut ke tahun 1990 sampai 1997 versi sedan sudah masuk dan kemudian jadi armada taksi Blue Bird dan sempat andal sebagai armada transportasi.

Versi sedan lebih Banyak

Ford Laser

Justru versi sedannya itu banyak banget modelnya, contoh saja untuk tahun 1994 saja Ford Laser namanya adalah Sonic. Pembedanya jelas di stiker, jok fabric dan masih banyak lagi. Bahkan, Ford Laser ada versi Gala juga.

Sedangkan Ford Laser Ghia sendiri sempat hadir pada medio 1995. Tentu saja, model ini lebih mewah dan tampilannya juga lebih apik. Namun, saat itu IMRC sebagai ATPM Ford malah hengkang akibat krisis moneter.

Urusan mesin terbagi jadi dua varian

Mesinnya sendiri buat mobil ini terbagi menjadi dua varian, yaitu mesin 1.3 dan 1.6. Keduanya punya karakter mesin yang pas untuk perkotaan dan juga luar kota. Sedangkan versi sedan sendiri gunakan mesin berbasis 1.6 liter. Mirip dengan adiknya, Mazda 323 juga. Bedanya, Ford sendiri punya versi hatchback sedangkan Mazda tidak ada.

Buat harga sendiri masih ada yang berani menawarkan mobil ini dengan banderol Rp18 Juta untuk model Hatchback. Sedangkan sedannya bervariasi, ada yang R20 Juta sampai Rp100 Juta juga ada.

Sebenarnya, mobil ini anti rewel bila membandingkan model Ford lainnya. Bahkan masih tergolong badak untuk ukuran mobil lawas. Perawatan mudah meskipun spare parts sudah sulit.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 5 Juli, 2024 Autos.id – Melihat mobil berukuran besar dengan tampilan mewah mungkin sudah biasa. Namun pernahkan Anda melihat mobil berukuran...

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 2 Juni, 2024 Mobil bekas menjadi solusi bagi seseorang yang ingin memiliki roda empat, namun apakah ada yang harganya Rp7 jutaan?...

error: Content is protected !!