Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Menguji Teknologi Honda Sensing Pada All New BR-V di Jalur Tol Cipali!

Perjalanan yang menempuh sekitar 600 km, cukup puas untuk menguji kecanggihan teknologi Honda Sensing yang tertanam di All New BR-V.

Semarang, Autos.id  –  Selama dua hari (11-12 Januari) sebanyak 56 media, baik media lokal maupun nasional termasuk Autos.id mendapat kesempatan untuk mencoba kecanggihan teknologi Honda Sensing yang tertanam pada model terbaru All New BR-V. PT Honda Prospect Motor menyediakan sebanyak 26 unit All New BR-V Tipe Prestige dalam perjalanan Jakarta – Solo yang menempuh jarak sekitar 600 km.

Melewati jalan Tol Cipali, menjadi jalur yang tepat untuk mencoba fitur-fitur yang terdapat pada Honda Sensing.

Rombongan saat dilepas oleh Manajemen Honda Prospect Motor dari Kawasan Senayan Jakarta menuju Solo

Pertama melihat sosok All New BR-V, kesan pertama terlihat lebih kokoh dan kokoh dibandingkan dengan Honda BR-V generasi pertama. Eksterior yang berbeda dengan terdahulunya memberikan kesan SUV Value dalam balutan tampilan premium yang merepresentasikan nilai sebuah mobil SUV.

Perjalanan diawali dari kawasan Senayan Jakarta, Autos.id berkesempatan mengendarai etape pertama yang menempuh jarak sekitar 150 km dari Senayan menuju rest area KM 130 Tol Cipali. All-new BR-V yang mengadopsi mesin 1.5L i-VTEC dengan tenaga maksimal 121 PS @6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm @ 4.300rpm, mumpungi untuk ditunggangi. Tarikan mesin dengan putaran bawah cukup lincah melaju di jalan tol.

Saat rombongan sudah tiba di Tol Cipali

Bahkan saat memasuki jalan tol layang Jakarta-Cikampek atau juga disebut dengan Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed sudah terkenal dengan gelombangnya. Bahkan jalan tol ini sering disebut dengan Jalan Tol Cikampek Bumpy, karena goncangan yang dihasilkan dari jalan gelombang tersebut. Namun bagi All New BR-V sendiri hal ini tidak terlalu berpengaruh, karena suspensi depan menggunakan MacPherson Strut disetel ulang dengan kekakuan lebih tinggi.

Transmisi juga lebih responsif dan efisien yang mengadopsi system CVT Modified (Continuously Variable Transmission). Dengan CVT baru ini, mobil menjadi lebih bertenaga dalam performa akselerasi dan lebih percaya diri dalam deselerasi (rem) dengan pengembangan kontrol G-Design.

Saat tiba di Tol Cipali, Autos.id juga mencoba teknologi Honda Sensing, diantaranya Fitur-fitur Honda SENSINGTM yang terdapat pada All-new BR-V:      Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Lead Car Departure Notification System (LCDN) dan Honda Lane Watch.

Fitur pertama yang dicoba adalah Adaptive Cruise Control (ACC), Autos.id mencoba kecepatan 80 km, karena rombongan harus mengikuti kawalan dari Patwal (Patroli Pengawal) Polda Jakarta. Dengan penggunaan ACC ini, pengemudi hanya mengontrol setir kemudi tanpa harus menginjak pedal gas maupun rem. Dengan ACC ini, mobil akan mengurangi kecepatannya saat berada pada jarak 80 meter dari mobil yang didepannya. Setelah dirasakan sudah aman kembali, mobil akan melaju kembali tanpa harus menginjak gas. ACC akan aktif saat kendaraan bergerak dengan kecepatan 30 km/jam atau lebih.

Kemudian Autos.id mencoba fitur Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Lead Car Departure Notification System (LCDN) dan Honda Lane Watch.

LKAS dan RDM akan mendeteksi bahwa kendaraan tampaknya meninggalkan jalur, sistem akan memberi peringatan dengan getaran roda kemudi dan peringatan tampilan audio, visual dan multi-informasi serta secara otomatis kemudi akan mengembalikan kembali ke jalur yang normal. LKAS dan RDM aktif saat kendaraan bergerak dengan kecepatan 72 km/jam atau lebih.

 

Serta fitu Collision Mitigation Braking System (CMBS), sistem kamera baru dan perangkat lunak yang lebih canggih memungkinkan penggunaan CMBS dalam lebih banyak situasi seperti mendeteksi pejalan kaki di malam hari, sepeda dan sepeda motor. Dalam test drive ini, sistem akan memperingatkan adanya mobil yang berdekatan baik dari kiri maupun kanan serta dean dengan peringatan tampilan audio dan multi-informasi.

Dalam situasi darurat, sistem akan menerapkan pengereman yang kuat untuk menghentikan atau memperlambat kendaraan untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan. CMBS bekerja ketika sistem menentukan bahwa ada potensi tabrakan, saat bergerak dengan kecepatan 5 km/jam atau lebih.

All-new BR-V yang mengadopsi mesin 1.5L i-VTEC

Sedangkan Honda LaneWatch, menggunakan kamera 360 yang menampilkan visual dari sebelah jalur kiri mobil. Hal ini dimaksudkan saat kondisi macet dan berada dijalur yang padat, layar pada head unit akan menampilkan gambar apakah mobil berada pada jarak ideal dengan keadaan sebelah kiri, baik untuk kendaraan parkir maupun yang menyalip dari sebelah kiri.

Setelah tiba pada tikum pertama Resta Area KM 130A, Autos.id beralih sebagai penumpang di belakang. Desain interior canggih menggunakan material berkualitas tinggi berpadu dengan kekuatan dan kenyamanan yang menunjukkan karakter SUV sesungguhnya.

7 seater yang cocok untuk mobil keluarga dengan kabin yang luas

Beberapa fitur unggulan pada desain interior antara lain:

  • Desain tegas di area kokpit untuk memberikan ruang yang lebih pribadi bagi pengemudi
  • Menambah kenyamanan pada kursi baris kedua dengan desain sandaran tangan baru dan bahan pelapis kursi lembut berkualitas tinggi
  • Peningkatan kenyamanan di kursi baris ketiga untuk semua anggota keluarga
  • Ruang lebih fleksibel di area kargo belakang, yang meningkatkan fungsinya

Camera-360-Honda-LaneWatch yang terletak di sebelah kiri mobil

Getaran juga tidak terlalu terasa saat duduk di bangku tengah, karena All New BR-V suspensi belakang sudah mengadopsi system high-torsional rigidity dan light weight Torsion Beam untuk performa redaman dan kenyamanan yang lebih baik.

Setelah menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 500 km, rombongan tiba di kota Ungaran untuk beristirahat, sebelum melanjutkan perjalanan hari kedua (12/1) sejauh 100 km menuju kota Solo Baru. Hari kedua pun Autos.id masih menjadi penumpang, karena memberikan kesempatan kepada dua rekan media lainnya yang berada dalam satu mobil.

Rombongan saat tiba di rest arre 287A Tol Brebes – Batang

Dan di hari kedua rombongan dipulangkan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat, setelah mobil test drive All New BR-V diserahkan kepada Dealer Honda Solo Baru yang nantinya akan dikembalikan kepada seluruh dealer Honda di seluruh Indonesia sebagai unit test drive bagi konsumen yang ingin mencobanya.

All-new BR-V juga menambah jumlah outlet listrik untuk memberi kenyamanan pada koneksi dan pengisian daya. Stop kontak tersedia di depan, area konsol, kursi baris kedua dan baris ketiga, yang dapat terhubung dengan perangkat 12V. Selain itu, All New BR-V juga dilengkapi dengan peralatan canggih lainnya, seperti Remote Engine Start yaitu pengemudi dapat menyalakan kendaraan dari jarak jauh dan menghidupkan AC terlebih dahulu untuk mendinginkan suhu kabin.

Remote Keyless Entry (sensor sentuh pintar) yang terpasang di pegangan dengan tombol kunci dan buka kunci, yang memungkinkan pengemudi mengoperasikannya dengan mudah dalam satu sentuhan tanpa menggunakan tombol jarak jauh.

Selain itu terdapat fitur Walk Away Auto Lock yang secara otomatis mengunci kendaraan pada saat pengemudi meninggalkan kendaraan, ketika pemegang kunci berada 2 meter dari kendaraan atau lebih serta ketika tidak ada kunci lain yang terdeteksi di dalam kendaraan. Sebuah nada akan terdengar dan lampu hazard akan berkedip untuk memastikan bahwa kendaraan telah terkunci.

Rombongan saat memasuki kota Solo

All-new BR-V tersedia dalam 3 kombinasi warna interior, Grey & Black color, Grey & Mocha Gray, Silver & Black. Adapun harga di tahun 2022 ini, All New BR-V ditawarkan mulai dari harga Rp 292,9 juta hingga Rp 342,9 juta On The Road Jakarta.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Honda N-Box pertama kali diperkenalkan tahun 207 yang kini sudah memasuki generasi ketiga Jakarta, Autos.id  – Untuk pertama kalinya di Indonesia, Dreams Café by...

Berita Otomotif

Tahun 2022 ini HPM sudah meresmikan lima dealer di seluruh Indonesi Karawang, Autos.id  –  Jawa Barat, 1 September 2022 – PT Honda Prospect Motor...

Balap

Last updated on 31 Agustus, 2022 Putaran pertama Honda Racing Simulator Championship (HRSC) 3 di dominasi peserta Indonsia Jakarta, Autos.id  – Putaran perdana pertandingan...

Berita Otomotif

Last updated on 29 Agustus, 2022 Honda gelar arena bermain keluarga All New BR-V di kota Bekasi Bekasi, Autos.id  – PT Honda Prospect Motor...