Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Honda Prologue Akhirnya Resmi Diluncurkan, SUV Listrik Pertama Dari Honda

Honda Prologue Akhirnya Resmi Diluncurkan, SUV Listrik Pertama Dari Honda

Honda Prologue ini akan menjadi produk pertama hasil kerjasama dengan Chevrolet yang saling berbagai platform dan teknologi yang digunakan.

Autos.id – Setelah sempat diperkenalkan versi konsepnya, akhirnya mobil SUV berteknologi pertama dari Honda yaitu Prologue resmi diperkenalkan kepada publik. Mobil SUV listrik hasil kerjasama Honda dan General Motors (GM) ini direncanakan akan mulai dijual kepada publik di tahun 2024 mendatang sebagai langkah serius Honda dalam pengembangan mobil elektrifikasi ramah lingkungan.

Honda Prologue sendiri merupakan kembaran dari Chevrolet Blazer EV yang akan mulai dijual pertama kali di pasar Amerika Utara.

Honda Prologue Akhirnya Resmi Diluncurkan, SUV Listrik Pertama Dari Honda

Berbagi Teknologi Dengan General Motors

Seperti yang dilansir oleh Carscoops pada Kamis (6/10/2022), Porologue merupakan salah satu project dari Honda di tahun 2023 yang memang akan berfokus pada mobil SUV selain tentunya pasar elektrifikasi. Honda Prologue sendiri dibangun menggunakan platform Ultium yang menggunakan basis teknologi dari General Motors.

Honda dan General Motors menyebutkan bahwa proyek platform ini yang akhirnya menjadi basis Honda Prologue dan kembarannya, Chevrolet Blazer EV merupakan produk kolaborasi pertama dari serangkaian produk kolaborasi berikutnya di masa depan. CEO GM, Marry Barra menyebu bahwa nantinya GM dan Honda akan lebih banyak berbagai teknologi, desain, serta strategi manufaktur dengan target menghadirkan produk EV yang menyasar pasar yang lebih luas.

Honda Prologue Akhirnya Resmi Diluncurkan, SUV Listrik Pertama Dari Honda

Berbicara mengenai desain, karena masih berbasis dengan Chevrolet Blazer jelas dari guritan desain masih terlihat cukup mirip. Tetapi di bagian grill depan, perbedaan paling kentara jelas adalah penggunaan grill Solid Wing Face ciri khas Honda serta lampu khas Honda yang bisa anda temukan di mobil Honda lainnya. Yang menarik, Honda Prologue ini menggunakan velg berukuran besar yaitu 21 inch dengan model palang 6 yang sporty dan macho.

Berbicara mengenai dimensi, Honda Prologue ini memiliki dimensi yang tergolong cukup besar. Panjang mobil ini mencapai 4.877 mm, lebar 1.989 mm, tinggi 1.6443 mm, serta wheelbase 3.093 mm. Bahkan dimensi Honda Prologue ini jauh lebih besar dibandingkan Honda CR-V generasi terbaru yang mengusung konsep 7 seater.

Dibagian interior, meskipun masih mirip dengan Chevrolet Blazer EV, tetapi beberapa ciri khas Honda masih bisa anda temukan. Salah satunya penggunaan stir yang mirip dengan Honda CR-V terbaru. Meskipun begitu layar instrument cluster dan entertainment system masih mirip dengan saudaranya dari Chevrolet tersebut.

Honda Prologue Akhirnya Resmi Diluncurkan, SUV Listrik Pertama Dari Honda

Berbicara mengenai motor listrik, baterai, dan drivetrain yang digunakan memang belum ada informasi secara mendetail. Namun Honda Prologue ini kabarnya akan menggunakan penggerak All-Whell Drive yang memungkinkan penggunaan 2 motor listrik di bagian depan dan belakang as roda mobil ini. Begitu juga dengan fitur apa yang akan dihadirkan meskipun beberapa fitur radar Honda Sensing akan hadir sebagai standar.

Rencananya Honda Prologue EV akan mulai dijual kepada konsumen paling cepat mulai tahun 2024 mendatang. Namun wakil presiden perencanaan dan strategi Honda Amerika, Gary Robinson menyebut bahwa bisa saja mobil ini bisa dibeli lebih cepat lagi di tahun 2023. “Melihat perkembangan pembeli EV yang mulai meningkat serta dinamika ketertarikan dari CR-V ke Prologue yang memiliki ukuran yang sedikit lebih besar, bisa saja akan hadir lebih cepat dari tahun 2024”, ujar Gary.

Belum diketahui apakah Honda Prologue ini khusus dijual di pasar Amerika Utara atau pasar global seperti Indonesia akan mendapatkan mobil ini atau tidak. Apabila masuk ke pasar Indonesia tentunya akan menjadi pilihan yang cukup menarik untuk ditawarkan ke konsumen tanah air di masa depan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Teknologi pengisian daya yang lebih stabil ini baru hadir di Eropa dengan kerjasama antara Honda Motor Europe dengan Kraftwerke GmbH. Autos.id – Berbicara mengenai...

Mobil

Dengan begitu membuat Honda menganggap bahwa masa depan dunia otomotif akan sepenuhnya bergantung dengan mobil listrik yang ramah lingkungan. Autos.id – Dengan semakin masifnya...

Mobil

Honda e:N2 Concept ini merupakan salah satu rangkaian mobil listrik terbaru dari Honda yang akan dipasarkan untuk pasar Tiongkok. Autos.id – Pabrikan otomotif asal...

Mobil

Honda tidak akan mengikuti Toyota yang menghadirkan transmisi manual pada mobil listrik yang sedang mereka kembangkan. Autos.id – Berbicara mengenai mobil listrik, satu hal...