Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

New MINI Countryman Meluncur di IIMS 2021

Mini Rakitan local ini memboyong 3 Varian Mesin

Jakarta, Autos.id  –  Setelah memperkenalkan MINI John Cooper Works (JCW) GP Inspired Edition beberapa waktu lalu, BMW Grup Indonesia sebagai APM MINI di Indonesia kembali meluncurkan New MINI Countryman pada gelaran IIMS Hybrid 2021. Kehadirannya meneruskan kesuksesan MINI Countryman yang sudah melantai beberapa tahun lalu. Hadirnya versi facelift ini juga diharapkan bisa memenuhi permintaan konsumen.

“Countryman salah satu kendaraan yang sangat penting untuk MINI Indonesia. Konsumen melihat mobil ini sebagai kendaraan favorit dan menjadi backbone untuk penjualan, untuk itu kita hadirkan penyempurnaannya,” kata Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, di JIExpo Kemayoran.

 

Ubahan eksterior

Di tampilan barunya, MINI Countryman tetap mempertahankan gaya desain mobil yang ikonik. Tapi ada beberapa sektor yang direvisi guna meningkatkan tampilan dan performanya. Seperti, sekarang aksen black piano sudah menjadi standar di mobil ini. Kelir itu hadir pada bagian cincin lampu, grille, bumper belakang, dan beberapa spot lainnya.

Desain bumper-nya juga berubah jadi lebih sporty dan tetap menyematkan air dam pada bagian kiri dan kanannya. Oh iya, disebutkan pula jika tampilan lampu depannya juga mengalami ubahan. Sementara bagian bumper belakang juga mengalami ubahan disusul revisi pada bagian diffuser yang kini dikelir warna silver. Komponen lampu belakang juga berubah, pada model baru ini sudah mengusung model bendera Union Jack.

Ubahan Interior

Masuk ke dalam ubahan paling terasa ada bagian cluster instrumen. Kini Countryman baru sudah mengusung panel digital full digital seperti pada JCW GP edisi terbatas yang meluncur tahun lalu. “Pada bagian dashboard juga berubah, tetap illuminated cuma sekarang menggunakan MINI Yours silver sebagai standar yang tadinya hanya opsional,” ujar Ismail Ashlan, Corporate Communications Manager BMW Indonesia.

Tak cuma itu, layar navigasi di konsol tengah juga berubah secara desain. Layarnya masih sama memang 8,8 inci kini lebih mudah dioperasikan karena ada revisi pada bagian pengontrolan. “Untuk pindah channel cukup swipe, gerakan lebih halus tapi tetap memperlihatkan sisi ikonik sebuah MINI,” pungkasnya.

Secara umum, bagian kabin New Countryman didominasi warna hitam dan ada beberapa sentuhan karbon yang juga semakin mendongkrak tampilannya.

Tersedia 3 varian mesin

Khusus yang ditampilkan di IIMS adalah MINI Countryman S, tapi sejatinya ada 2 varian yang juga resmi dijual. Pertama MINI Countryman Cooper, MINI S Countryman, dan MINI John Cooper Works (JCW) Countryman. Untuk varian Cooper dibekali mesin 1.499 cc 3-silinder, dengan Twin Power Turbo. Tenaganya adalah 136 dk pada rentang 4.500 -6.500 rpm dan torsi puncak 220 Nm sejak 1.480 rpm. Output itu disalurkan lewat transmisi otomatik 7-percepatan Valvetronic.

Kemudian Cooper S dibenamkan mesin 1.998 cc, 4-silinder dengan Twin Power Turbo, di mana tenaganya adalah 192 dk pada 4.750 rpm dan torsi puncak 280 Nm di rentang 1.350 rpm sampai 4.200 rpm. Performa itu disalurkan lewat transmisi otomatik 7-percepatan dengan Valvetronic.

Dan yang terakhir serta paling buas adalah JCW Countryman. Ya, SUV kompak premium ini dibekali dengan mesin 1998 cc, 4-silinder, dan Twin Power Turbo. Racikan mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 306 dk pada 4.750 rpm dan torsi puncak 450 Nm sejak putaran mesin 1.350 rpm sampai 4.200 rpm. Outputnya disalurkan lewat transmisi 8-percepatan Valvetronic.

Harga

Bicara harga, New MINI Cooper Countryman dijual dengan banderol Rp 629 juta, Mini Cooper S Countryman Rp 799 juta, dan Rp 1,25 miliar untuk JCW Countryman. Sebagai informasi, Cooper dan Cooper S sudah dirakit secara lokal di fasilitas perakitan BMW di Sunter. Sementara untuk JCW statusnya masih CBU alias diimpor.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Reviews

MINI Electric hadirkan sensasi berkendara go-kart khas MINI, desain ikonik dan bebas emisi, ditawarkan dalam dua varian: MINI Electric dan MINI Electric Collection. Jakarta,...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...