Connect with us

Hi, what are you looking for?

McLaren

Lihat Seberapa Gahar McLaren Solus GT yang Terinspirasi dari Video Game

Apakah Anda pernah bermain game  Gran Turismo Sport? Bagi yang belum, game tersebut merupakan sebuah game balap yang dirilis di konsol PlayStation 4 pada tahun 2017.

Autos.id  –  Dalam game tersebut terdapat salah satu mobil yang disebut McLaren Solus GT. Di sana, mobil ini merupakan salah satu mobil dengan peforma terbaik dengan handling yang tajam. Namun, jangan kira kalau mobil ini hanya ada di dalam dunia virtual saja, karena tim insinyur di McLaren baru saja membuat mobil ini jadi kenyataan.

Pada pameran mobil Monterey Car Week di Amerika Serikat, CEO dari McLaren Automotive, memberitahukan ke publik kedatangan mobil dari game ini. Mobil tersebut juga dibatasi hanya akan diproduksi sebanyak 25 unit secara global dan katanya mobil ini sudah terjual habis.

Spesifikasi Balap

Seperti di Game, mobil ini memang dibuat untuk berpacu di sirkuit balap. Mobil ini memiliki mesin V10 5.2-Liter menjerit yang berputar hingga 10.000rpm, dan menghasilkan tenaga maksimum 828 tenaga kudan dengan torsi puncak 480 lb-ft. Spesifikasi mesin tersebut dapat berakselerasi dari 0 m/jam sampai 60 m/jam hanya dalam 2,5 detik.

Lalu, bertany pun tergolong ringan hanya 998 kilogtam. Selain itu, mobil ini juga memiliki down force lebih tinggi dari beberapa mobil F1 yaitu sebesar 2.645 pon dari down force. Selain itu juga, McLaren mengoptimalkan bobot dengan menggunakan komponen sasis yang canggih.

Mobil ini menggunakan transmisi sekuensial tujuh kecepatan menggunakan roda gigi lurus yang diaktifkan melalui kopling serat karbon multi-pelat. Sistem ini dikendalikan oleh perangkat lunak untuk memulai pergeseran secepat kilat dan akurat. Detail cantik lainnya yang perlu diperhatikan adalah sistem suspensi depan yang ditutupi oleh selubung serat karbon aerodinamis.

Untuk keamanan juga, tim insinyur McLaren telah memasang lingkaran halo dan juga rollover bar di dalam mobil ini untk melindungi pengendara.

Untuk fitur di dalam, juga ada fitur kanopi geser yang mirip dengan jet tempur. Di dalam kanopi mobil ini juga ada jalan keluar tambahan jika saja pintu kanopi macet mendadak saat kedaan darurat. Selain itu, juga setir dibuat berbahan serat karbon, mengingat serat kabon merupakan bahan yang ringan dan digunakan oleh para pembalap-pembala F1.

Tidak hanya dibuat khusus balap, mobil ini akan dibuat khusus untuk setiap pemilik mobil. Tim McLaren akan menerima semua input dari 25 pembeli mobil tersebut untuk memberikan konfigurasi padda mobil tersebut. Konfigurasi yang dimaksud mencakup jenis kursi, kontrol, dan tampilan.

Mobil ini akan dikirim pada tahun 2023 kepada para 25 pembeli.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga