Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Komparasi Yamaha Nouvo Z dengan Suzuki Skywave

Yamaha Nouvo Z vs Suzuki Skywave.
Yamaha Nouvo Z vs Suzuki Skywave. (Sumber; Autofun)

Last updated on 16 Agustus, 2023

Pada masanya, Yamaha Nouvo Z sangat diminati masyarakat Indonesia, begitu juga dengan Suzuki Skywave.

Autos.id – Beberapa waktu lalu, sebelum era Yamaha dengan produk sepeda motor matic seperti Mio dan Suzuki dengan Adress atau Nex-nya, masing-masing pabrikan membanggakan Nouvo Z dan Skywave.

Namun kedua model tersebut memiliki kesamaan, yaitu bagian leher yang tidak ada pada sepeda motor matic pada umumnya. Lalu bagaimana dengan perbandingan antara Yamaha Nouvo Z dan Suzuki Skywave?

Yamaha Nouvo Z.

Yamaha Nouvo Z. (Sumber: Autofun)

Desain

Yamaha Nouvo Z dan Suzuki Skywave memiliki tampilan yang hampir serupa dari sisi eksterior, keduanya memiliki lampu depan dengan dua lampu besar di bagian bawah, serta stang batok polosan.

Sistem kaki-kaki Yamaha Nouvo Z dan Suzuki Skywave juga sama-sama menggunakan velg dengan ukuran 16 inci. Selain itu, keduanya juga dilengkapi dengan double shock belakang, dan ukuran roda 16 inci memberikan kestabilan yang baik saat berkendara.

Kedua motor matic ini juga memiliki bagasi yang cukup lega, sehingga dapat menampung helm full face. Namun, terdapat perbedaan dalam cara meletakkan helm di bagasi. Yamaha Nouvo Z dapat menyimpan helm dengan posisi terbalik, sementara Suzuki Skywave harus diletakkan dengan posisi menyamping.

Posisi tangki bensin pada kedua motor ini sama, yaitu ditempatkan di bagian belakang. Namun, Yamaha Nouvo Z memiliki kotak filter udara yang ditempatkan dengan rapi di bawah rangka motor. Sementara itu, pada Suzuki Skywave terlihat kehabisan tempat, sehingga kotak filter udara ditempatkan di luar bodi motor, tepatnya di atas penutup CVT.

Selain itu, kunci kontak pada Suzuki Skywave sudah dilengkapi dengan pengaman yang juga berfungsi untuk membuka bagasi, sehingga tidak perlu repot membuka kunci jok yang biasanya terletak di samping motor.

Baca juga: Inilah Penyakit Suzuki Skywave dan Solusinya

Suzuki Skywave. (Sumber: Autofun)

Perbandingan Dapur Pacu

Spesifikasi mesin Yamaha Nouvo Z:

  • Tipe Mesin: 4 langkah SOHC
  • Diameter x Langkah: 50 mm x 57,9 mm
  • Kapasitas silinder: 113,7 cc
  • Perbandingan kompresi: 8,8: 1
  • Torsi puncak: 7,84 N-m (0,88 kgf.m) pada 7.000 rpm
  • Daya puncak: 6,54 km (8,9 ps) pada 8.000 rpm

Spesifikasi mesin Suzuki Skywave:

  • Tipe Mesin: 4 langkah, SOHC
  • Diameter x Langkah: 53,5 mm x 55,2 mm
  • Kapasitas Silinder: 124 cc
  • Perbandingan Kompresi: 9,6: 1
  • Daya puncak: 9,6 Hp pada 8000 rpm
  • Torsi puncak: 1,0 Kg-m pada 6000 rpm

Dalam hal akselerasi, terlihat bahwa Suzuki Skywave lebih unggul daripada Yamaha Nouvo Z berdasarkan torsi maksimum yang dihasilkan. Suzuki Skywave dapat menghasilkan torsi maksimum sebesar 1,0 Kg-m pada 6000 rpm, sementara rivalnya hanya 0,88 kgf.m pada 7000 rpm. Namun, baik kedua motor ini  memiliki kecepatan maksimum yang sama, yaitu 120 km/jam.

Bagasi Yamaha Nouvo Z. (Sumber: MSN)

Baca Juga: Yamaha Vega R dengan Revo?

Mana yang Lebih Hemat BBM dari kedua motor ini?

Untuk penggunaan sehari-hari, banyak orang pastinya mempertimbangkan konsumsi bahan bakar yang hemat dalam memilih sepeda motor. Bagaimana dengan konsumsi bahan bakar kedua sepeda motor matic ini?

Yamaha Nouvo Z dengan kapasitas mesin 113 cc dapat menempuh jarak 38 km dengan satu liter bensin. Sementara itu, Suzuki Skywave dengan kapasitas mesin 125 cc dapat menempuh jarak 45 km dengan satu liter bensin. Namun, konsumsi bahan bakar ini dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi jalan dan gaya berkendara pengendara.

Mengendarai dengan gaya yang agresif dan sering menggeber gas secara tiba-tiba serta tidak mengikuti aturan kecepatan tentu akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Nouvo Z dengan Suzuki Skywave

Bagasi Suzuki Skywave. (Sumber: Autofun)

Lebih Murah Mana?

Berdasarkan informasi dari situs jual beli online, Yamaha Nouvo Z bekas saat ini harganya mulai dari Rp5 jutaan hingga Rp 13 jutaan. Sedangkan Suzuki Skywave bekas banderol sedikit lebih murah, hanya sekitar Rp6 jutaan.

Baca juga: Perbedaan Yamaha Mio Z dan Mio M3 Secara Lengkap

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Last updated on 22 April, 2024 Autos.id – Untuk menyambut Ramadhan dan lebaran beberapa hari lalu, Yamaha mengadakan Program Tukar Tambah kendaraan periode Maret...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Perlu diketahui bahwa di beberapa daerah di Indonesia memang pada saat ini tengah mendapatkan intensitas cuaca...

Motor

Autos.id – Bagi pasaran roda dua di Indonesia, motor dengan tipe matic merupakan salah satu model yang menjadi pilihan untuk masyarakat Indonesia. Selain mudah...

Motor

Last updated on 19 Maret, 2024 Autos.id – Segmen motor untuk desain vintage atau retro memang menjadi salah satu jenis model yang memiliki pangsa...

error: Content is protected !!