Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Ducati Streetfighter V4 VS BMW S1000R, Mana Motor 1.000 cc Pilihan Anda?

Ducati Streetfighter V4 VS BMW S1000R, Mana Motor 1.000 cc Pilihan Anda?

Ducati Streetfighter VS dan BMW S1000R bisa menjadi 2 pilihan motor sport fairing semi naked berkapasitas 1.000 cc yang menarik bagi anda yang senang kecepatan dan tetap memperhatikan fungsionalitas yang masih bisa nyaman digunakan sehari-hari.

Jakarta, Autos.id – Berbicara mengenai motor fairing sport yang masih nyaman untuk dipakai harian tetapi masih memberikan performa yang luar biasa, ada beberapa pilihan yang sebenarnya bisa dipilih. Diantaranya seperti Ducati Streetfighter V4 dan BMW S1000RR yang bisa menjadi pilihan logis untuk anda. Pada dasarnya kedua motor ini memiliki spesifikasi mesin, tenaga, hingga fitur yang pada dasarnya tidak jauh berbeda satu sama lain.

Kedua motor ini sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc, 4 silinder dengan konfigurasi V4 yang memberikan performa serta rasa berkendara yang luar biasa akan kami jelaskan dibawah ini.

Ducati Streetfighter V4 VS BMW S1000R, Mana Motor 1.000 cc Pilihan Anda?

Ducati Streetfighter V4

Desain

Aspek pertama yang perlu anda perhatikan adalah dari segi desain. Desain kedua motor fairing yang mengusung konsep semi naked bike ini memiliki buritan yang cukup mirip. Terutama dibagian depan dengan desain lampu yang cendrung mirip. Kedua motor ini juga berbasis dari motor balap Superbike Ducati Streetfighter V4S dan BMW S1000RR dengan tambahan adanya tatakan tenpat plat nomor dibagian belakang.

Untuk kursi belakang, Ducati Streetfighter V4 memiliki opsi jok belakang yang bisa diduduki. Sedangkan untuk BMW S1000R tidak menyediakan jok belakang yang artinya motor ini hanya bisa diduduki oleh 1 orang. Meskipun jok belakang Ducati Streetfighter V4 ini posisinya berada terlalu diatas yang mungkin akan menyulitkan penumpang untuk boncengan dengan motor ini.

Ducati Streetfighter V4 VS BMW S1000R, Mana Motor 1.000 cc Pilihan Anda?

BMW S1000 R

Fitur

Hal berikutnya yang juga menjadi perhatian sebelum anda membeli motor ini adalah dari segi fitur. Bisa dibilang diantara Ducati Streetfighter V4 dan BMW S1000R ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dimulai dari speedometer atau odometer kedua motor ini yang sudah dibekali dengan display digital yang sama-sama menghadirkan berbagai informasi status motor serta indikator bensin digital yang akurat.

Selain menghadirkan informasi indikator bensin, instrument display digital ini juga menampilkan speedometer, tachometer serta indikator gigi yang sama-sama bisa mengingatkan untuk naik turun gigi. Serta dari segi fitur safety kedua motor ini sama-sama sudah dibekali oleh rem ABS Dual Channel. Namun Ducati Streetfighter V4 memiliki keunggulan fitur Brake Assist serta Power Models yang tidak bisa ditemukan di BMW S1000R.

Untuk bagian fitur Slipper Clutch, BMW S1000R memiliki fitur ini yang mereka sebut Anti-Hopping Clutch yang membuat mekanisme kopling menjadi lebih halus, sesuatu yang tidak dimiliki oleh Ducati Streetfighter V4. Namun kedua motor ini memiliki fitur Traction Control yang akan membuat motor bisa stabil terutama untuk menikung dan mengurangi dampak slip yang tidak diinginkan.

Ducati Streetfighter V4 VS BMW S1000R, Mana Motor 1.000 cc Pilihan Anda?

Ducati Streetfighter V4

Spesifikasi Body Dan Kaki-Kaki

Hal berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah dari segi kenyamanan kaki-kaki dan struktur body. Dimulai dari BMW S1000RR menggunakan suspensi depan upside-down teleskopik dengan ukuran diameter 45 mm. Sedangkan suspensi belakangnya menggunakan swinging arm berjenis underbeam serta Full-Floater Pro yang membuat pengeraman menjadi lebih pakem. Serta shock absorber yang bisa diatur kekerasannya untuk kestabilan yang lebih baik saat berkendara.

Berikutnya untuk Ducati Streetfighter V4 menggunakan suspensi depan berukuran 43 mm yang bisa adjustable dari BPF Fork. Serta suspensi depan motor ini menggunakan bahan chrome inner tubes. Sedangkan untuk suspensi belakang motor ini menggunakan bahan alumunium single-sided swingarms yang bisa diatur dan disesuaikan dengan mode berkendara.

Ducati Streetfighter V4 VS BMW S1000R, Mana Motor 1.000 cc Pilihan Anda?

Secara dimensi, panjang kedua motor ini sebenarnya tergolong mirip yaitu diangka 2.090 mm. Lalu untuk wheelbase, Ducati Streetfighter V4 sedikit lebih panjang yaitu 1.488 mm dibandingkan BMW S1000R yang ada diangka 1.450 mm. Untuk ketinggian jok, Ducati jauh lebih tinggi yaitu diangka 845 mm sedangkan BMW di 830 mm.

Lalu untuk berat motor secara keseluruhan, Ducati Streetfighter V4 sedikit lebih berat yaitu di 201 kg sedangkan BMW S1000R memiliki bobot 194 kg. Berbicara kapasitas tangki bensin, BMW S1000 R sedikit lebih unggul di 16.5 liter sedangkan Ducati Streetfighter punya kapasitas tangki bensin 16 liter. Serta kedua motor ini sama-sama menggunakan ban berukuran ring 17 inch untuk bagian depan dan belakang.

Mesin Dan Transmisi

Berbicara mengenai mesin, kedua motor ini pada dasarnya menggunakan konfigurasi 1.000 cc bila dibulatkan dengan konfigurasi V4. Untuk tenaga, Ducati Streetfighter V4 karena memiliki kapasutas mesin lebih besar di 1.103 cc menghasilkan tenaga hingga 208 Ps di 13.000 rpm dan torsi mencapai 123 Nm di 11.500 rpm. Sedangkan BMW S1000RR yang menggunakan mesin 999 cc hanya menghasilkan tenaga 165 Ps di 11.000 rpm dan torsi 114 Nm di 9.250 rpm.

Ducati Streetfighter V4 VS BMW S1000R, Mana Motor 1.000 cc Pilihan Anda?

Kedua motor ini sama-sama menggunakan transmisi manual 6 speed yang sama-sama memiliki rasio gigi yang cepat. Untuk top speed, Ducati Streetfighter V4 bisa mencapai kecepatan maksimal hingga 299 km/jam sedangkan BMW S1000R hanya di 257 km/jam. Kedua motor ini sama-sama menggunakan konfigurasi V4 dengan konfigurasi mesin V yang benar-benar memaksimalkan tenaga maksimal dari kedua motor ini.

Harga

Berbicara mengenai harga, Ducati Streetfighter V4 yang dijual secara resmi dibandrol dengan harga sekitar Rp 800 juta On The Road Jakarta. Sedangkan BMW S100OR dijual dengan harga sekitar Rp 607 jutaan Off The Road Jakarta. Memang harga yang tergolong mahal, tetapi dengan performa, rasa berkendara, serta fitur yang ditawarkan, rasanya harga yang anda keluarkan tergolong Worth It.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Ducati

Ducati Panigale V4 2023 mendapatkan pembaruan terbaru, yakni menghadirkan sistem baru bernama Engine Brake Control (EBC) Evo 2, yang bisa memberikan tingkat daya henti...

Motor

Last updated on 14 Juli, 2022 Perusahaan BMW Motorrad resmi merilis warna terbaru pada jajaran model tahun 2023. Autos.id  – Diawali dengan BWM seri...

Aksesoris

Motor Ducati Monster 937 yang baru membat sebagian orang skeptis, tetapi model ini tentunya tidak diragukan lagi yang lebih baik dibandingkan knalpotnya. Autos.id – Membuat Ducati...

Motor

BMW Motorrad saat ini masih berkompetisi di ajang World Superbike dimana keikutsertaan pertama kali di ajang tersebut adalah tahun 2009 silam. Autos.id – Pada...