Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

DFSK Glory i-Auto vs Wuling Almaz RS, Adu Teknologi Mobil Tiongkok!

Kedua mobil asal Tiongkok ini memiliki keunggulannya masing-masing

Jakarta, Autos.id  –  Sekitar 2-3 tahun ke belakang, dua pabrikan asal Tiongkok memperkenalkan mobil baru yang mengandalkan teknologi terbarunya. Seperti Wuling Almaz yang mengusung teknologi terbaruny yaitu teknologi WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem) yang mendukung kemudahan berkendara dengan mobil digital cerdas. Sedangkan DFSK Glory i-Auto memiliki fitur Voice Command bernama i-Talk.

Kedua teknologi ini memiliki kelebihannya masing-masing, seperti WISE yang dapat memberikan perintah dengan bahasa Indonesia sedangkan DFSK mengklaim fitur voice command pada Glory i-Auto mampu memahami hingga 100 perintah.

Kedua mobil ini mengusung konsep SUV yang bongsor, Wuling Almaz RS yang didistribusikan oleh Wuling Motors, sedangkan DFSK Glory i-Auto di produksi oleh PT Sokonindo Automobile. Berikut ini, Autos.id mencoba mengulas masing-masing teknologi dari kedua SUV ini:

Dimensi

Kedua unit ini, dari ukurannya tidak jauh berbeda, sama-sama memiliki 7 seat, Wuling Almaz RS memiliki dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm dan wheelbase 2.750 mm. Almaz memiliki keunggulan yaitu lebih tinggi jika dibandingkan dengan SUV dari DFSK. Sedangkan Glory i-Auto punya dimensi sedikit lebih panjang,yaitu 4.700 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.715 mm demgan sumbu roda 2.780 mm. Kedua SUV ini juga sudah dilengkapi dengan panoramic sunroof,

Fitur Voice Command

Dari segi teknologi, keduanya juga bersaing ketat. Terutama dalam pengembangan fitur smart voice command. Wuling hadir dengan WIND (Wuling Indonesian Command), sementara DFSK hadir dengan i-Talk. Fungsi dasarnya sama, mulai multimedia, telepon hingga pengaturan AC, buka tutup jendela dan sunroof. Bedanya, i-Talk hanya berfungsi dalam perintah berbahasa inggris dan memiliki lebih banyak item seperti membuka GPS. i-Talk juga berbeda dengan fitur WIND yang sudah mengakomodir perintah dalam Bahasa Indonesia.

Namun, ada satu ciri khas dari Wuling Almaz RS dalam memberikan fitur perintah suara dengan sebutan “Halo Wuling”. Dan satu kelebihan Almaz RS dibanding Glory i-Auto, sudah terkoneksi dengan smartphone yang terhubung melalui aplikasi MyWuling+. Aplikasi ini digunakan untuk mendukung fasiltas Internet of Vehicle (IoV) yang terdapat dalam inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) di Almaz RS. Dan dengan MyWuling+ ini, pemilik dapat mengendalikan Almaz RS dari jarak jauh, diibaratkan seperti remote control.

Untuk fitur lain, keduanya juga sudah canggih karena mempunyai akses keyless dan start/stop button. Untuk fitur lainnya, Glory i-Auto juga ditambah Vehicle Running Recorder, Auto Lighting dan Auto Wiper. Sementara, Almaz lebih menonjol kepada fungsi Auto Vehicle Holding yang berfungsi menahan mobil tanpa perlu menginjak pedal rem.

Aplikasi-MyWuling yang terhubung ke smartphone

360-Camera-Almaz-RS

Mesin

Untuk urusan dapur pacu, Almaz RS mengusung mesin DOHC DVVT with turbocharger berkapasitas 1.451 yang mampu memproduksi tenaga 140 ps pada putaran mesin 5.200 rpm dengan torsi puncak 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm. Sedangkan Glory i-Auto mempercayakan mesin SFG15T berkapasitas 1.498 cc yang punya tenaga sebesar 150 ps di putaran mesin 5.600 rpm serta memiliki torsi 220 Nm pada 1.800-4.000 rpm.

Untuk transmisi, keduanya juga mengandalkan CVT otomatis. Glory i-Auto memakai 7-speed. Sementara, Almaz punya dua pilihan tipe CVT 8-speed manual dan manual 6-speed.

  1. Safety

Untuk kelengkapan fitur keselamatan, keduanya hadir dengan standar keselamatan tinggi, seperti Airbags, ABS, EBD, Stability Control hingga Hill Start Assist. Sama-sama dilengkapi kamera 360 derajat dan sensor parkir depan belakang. Glory i-Auto juga sudah punya Electronic Stability Program (ESP), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) tersedia.

Tak jauh beda dengan Almaz, juga tersedia fitur ABS, EBD, BA, HHC, ESC dan Traction Control System. Alamaz juga melengkapi SUV ini dengan fitur Emergency Stop Signal yang berfungsi menyalakan hazard saat mobil mengalami insiden. Saat jalan menanjak, keduanya juga sama-sama punya Hill Hold Control (HHC). Selain itu, keduanya juga punya Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), mampu menginformasikan tekanan dan suhu ban.

Harga

Wuling Almaz RS 7 Seater ditawarkan kepada konsumen seharga Rp365,8 juta sedangkan Glory i-AUTO CVT: Rp 360 juta. Harga ini belum termasuk insentif PPnBM DTP yang akan berakhir hingga 31 Maret 2022.

Demikian ulasan singkat Autos.id terhadap kedua mobil pabrikan Cina ini, keduanya masing-masing memiliki keunggulannya masing-masing. Bagaiman Sobat Autos.id melihat fitur-fitur diatas, kira-kira apa yang menjadi pilihannya?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...