Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Inilah Wujud Asli Hyundai Ioniq 6 Yang Akan Segera Debut!

Inilah Wujud Asli Hyundai Ioniq 6 Yang Baru Saja Melakukan Debut

Saat ini, Hyundai Ioniq 6 debut dengan status teaser product sebelum nantinya akan diluncurkan secara resmi pada tanggal 14 Juli mendatang.

Autos.id – Yang ditunggu-tunggu akhirnya telah tiba, belum lama ini, Hyundai resmi memperlihatkan wujud dari sedan listrik terbarunya yaitu Ioniq 6. Mobil yang masih satu basis dengan Ioniq 5 ini hadir dengan tampilan sedan yang menyerupai sebuah 4 door coupe dengan tampilan yang sangat futuristis dan hadir dengan teknologi tercanggih saat ini.

Hyundai Ioniq 6 sendiri merupakan mobil yang dibangun berdasarkan mobil konsep mereka yaitu Phrophecy EV yang sudah diperkenalkan sejak tahun lalu.

Inilah Wujud Asli Hyundai Ioniq 6 Yang Baru Saja Melakukan Debut

Tampilan Ala Sedan Coupe

Dalam acara peluncuran ini, Hyundai menyebut Ioniq 6 ini sebagai “Electrified Streamliner” karena mengusung konsep yang sangat futuristik dan modern. Karena menggunakan basis dari mobil konsep Phropechy EV, maka tampilan ala sedan coupe sangat terasa disini. Yang membedakan, untuk versi produksinya sendiri dibuat tidak sebesar mobil konsepnya tersebut.

Dimulai pada bagian depan yang memiliki desain minimalis dengan fasia bawah yang mencakup bagian vertikal di setiap sisi yang menguatkan kesan tampilan yang futuristik. Selain itu kap mesin mobil ini juga memiliki desain yang smooth serta bagian lampu yang ada diatas dan mengarah ke pilar A memberikan kesan desain yang rapih dan clear.

Lalu pada bagian belakang mobil ini, ada sebuah spoiler berbentuk “Whale Tail” yang kurang lebih mirip dengan mobil-mobil Porsche. Selain itu penggunaan lampu vertikal juga memberikan proporsi yang manis pada mobil ini. Tidak ketinggalan mobil ini sudah dilengkapi dengan sebuah elemen pencahayaan “Parametric Pixel” yang berada di pintu bagasi dan memberikan tampilan belakang yang futuristik.

Inilah Wujud Asli Hyundai Ioniq 6 Yang Baru Saja Melakukan Debut

Dibagian samping mobil ini, secara sekilas memang mobil ini masuk ke segmen mobil sedan. Namun dengan adanya kaca tambahan di pilar C membuat mobil ini terlihat seperti sebuah mobil sedan coupe 4 pintu dengan lekukan tajam pada bagian pilar C tersebut. Tidak ketinggalan penggunaan ban dan velg yang memiliki desain futuristrik dengan tampilan seperti daun dan bintang berwarna dual tone.

Untuk bagian interior, bisa dibilang tampilannya masih mirip-mirip dengan Ioniq 5 yang sudah ada sebelumnya. Penggunaan layar speedometer yang tersambung dengan layar entertainment system menjadi poin utama interior mobil ini. Selain itu stir juga sama persis dengan Ioniq 5 dengan model 2 palang flat bottom dengan logo morse 4 titik yang menandakan huruf H yang sama seperti di Ioniq 5.

Yang berbeda dari Ioniq 5 selain tampilan adalah wheelbase yang diperpanjang untuk memberi ruang kaki yang lebih nyaman. Selain itu mobil ini juga dilengkapi oleh ambient light 64 warna dengan 6teman warna ganda yang bisa anda atur dari layar entertainment system. Serta tuas transmisi shift by wire yang berada bukan dikonsol tengah melainkan di didekat tuas wiper.

Inilah Wujud Asli Hyundai Ioniq 6 Yang Baru Saja Melakukan Debut

Platform Yang Sama Dengan Ioniq 5

Hyundai Ioniq 6 sendiri dibangun dari mobil konsep yang sudah mereka perkenalkan sejak tahun lalu, Phrophecy EV. Dan juga Hyundai Ioniq 6 ini masih menggunakan platform yangb sama dengan Hyundai Ioniq 5 yaitu platform E-GMP EV.

Selain penggunaan platform yang sama, Ioniq 6 juga menggunakan baterai, motor listrik, serta drivetrain yang sama dengan Ioniq 5. Namun karena Ioniq 6 memiliki tampilan sedan coupe, sehingga terdapat coefficient of drag yang lebih rendah, membuat Ioniq 6 akan memiliki konsumsi daya yang berpotensi lebih hemat dibandingkan Ioniq 5.

Kemungkinan Ioniq 6 masih akan mengandalkan penggerak roda belakang dan All-Whell Drive dengan 2 pilihan motor listrik yang berbeda. Opsi yang pertama adalah penggerak RWD dengan motor listrik tunggal bertenaga 225 Hp dan torsi 350 Nm. Serta ada juga pilihan motor listrik ganda dengan penggerak AWD bertenaga 320 Hp dan torsi 650 Nm.

Sama seperti Ioniq 5, Ioniq 6 juga akan dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat hingga 800 volt dari Hyundai. Rencananya mengenai detail resmi seperti trim, fitur, serta beberapa spesifikasi penting mobil ini akan diungkapkan pihak Hyundai pada tanggal 14 Juli mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Dengan hadirnya beberapa teknologi terbaru yang bahkan belum ada di Ioniq 5, membuat Hyundai Ioniq 6 memiliki ciri khas tersendiri yang membuat mobil listrik...

Berita Otomotif

Nantinya Hyundai Ioniq 7 juga akan menggunakan platform yang sama seperti Ioniq 5 dan Ioniq 6 serta akan diplot sebagai mobil listrik berukuran terbesar...

Berita Otomotif

Hyundai dan Kia masih menjadi penyumbang penjualan mobil ramah lingkungan tertinggi untuk pasar domestik di Korea Selatan. Autos.id – Trend kendaraan elektrifikasi saat ini...

Mobil

Mobil listrik Hyundai yang akan diproduksi di India ini akan dikembangkan khusus untuk pasar negara-negara berkembang dengan mengambil basis mobil berukuran compact atau kecil....