Reviews

Hyundai IONIQ 5 Meluncur Secara Global

Desain dari produk Hyundai ini mengeksplorasi pengalaman baru yang hanya mungkin dilakukan dengan menggunakan platform khusus untuk BEV

Seoul, Autos.id –  Belum lama ini, Hyundai Motor Company meluncurkan, IONIQ 5, sebuah mid-size CUV, dalam acara peluncuran perdana global secara virtual. Sebagai model pertama di brand IONIQ Hyundai yang baru dan didedikasikan untuk battery electric vehicles (BEV), IONIQ 5 menjadi tolak ukur dalam mendefinisikan kembali gaya hidup mobilitas listrik yang didukung oleh fitur-fitur yang ramah lingkungan dan berkelanjutan serta inovatif.

IONIQ 5 dibangun sesuai dengan arsitektur BEV khusus dari Hyundai Motor Group yang disebut Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

Melalui platform E-GMP ini, IONIQ 5 menawarkan desain interior yang inovatif, performa yang kuat yang dipadukan dengan pengisian daya sangat cepat dan fungsi Vehicle-to-Load (V2L) serta fitur konektivitas canggih dan fitur pendukung pengemudi yang akan menawarkan pengalaman in-car terbaik namun tetap mengedepankan keamanan.

“IONIQ 5 dapat menghadirkan gaya hidup tanpa batas dan secara proaktif memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan selama perjalanan mereka. IONIQ 5 benar-benar merupakan mobil listrik pertama yang memberikan pengalaman baru dengan penggunaan ruang interior dan kecanggihan teknologi yang terdepan dan inovatif,” ujar Thomas Schemera, Executive Vice President and Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor Company.

Desain progresif IONIQ 5 merepresentasikan sebuah langkah baru dari norma-norma desain sebelumnya. Dengan membangkitkan kembali keberanian Hyundai Pony, mobil produksi pertama dari Hyundai, IONIQ 5 menyoroti perjalanan 45 tahun Hyundai untuk menjadi bagian dari gaya hidup pelanggan. Desain eksterior IONIQ 5 terinspirasi dari profil Hyundai Pony dengan panjang wheelbase hingga 3.000 mm.

Bagian depan mobil dilengkapi dengan kap mesin bertipe clamshell, bumper depan berbentuk V yang memikat dengan menggabungkan daytime running lights (DRL) yang memberikan ciri khas lampu unik pada IONIQ 5. Nuansa berbentuk pixel pada bagian lampu juga hadir di bagian belakang kendaraan. Di bagian samping, gagang pintu otomatis memperlihatkan gaya permukaan yang mulus dan meningkatkan efisiensi aerodinamis.

Bentuk depan dan belakang kendaraan menyatu di pintunya, menghadirkan contoh lain dari desain ‘Parametric Dynamics’ Hyundai yang pertama kali terlihat pada all-new Tucson. Bentuk C-pillar yang kuat, yang terinspirasi oleh konsep EV ’45’ Hyundai, memberikan tampilan dari IONIQ 5 yang dapat dikenali dengan mudah dari kejauhan. Pada bagian roda bertema desain Parametrik Pixel dan dihadirkan dalam ukuran besar berdiameter 20 inci. Proporsi sempurna IONIQ 5 yang lengkap ini dioptimalkan mendukung platform E-GMP Hyundai.

IONIQ 5 juga dilengkapi dengan jok depan yang dapat diatur secara elektronik. Kursi dapat direbahkan ke sudut optimal. Beberapa titik penting yang ada di sisi interior IONIQ 5 seperti kursi, headliner, door trim, lantai dan sandaran tangan. Dan pelanggan dapat memilih dari sembilan warna eksterior, termasuk lima warna yang terinspirasi oleh alam yang eksklusif tersedia untuk IONIQ 5. Sedangkan untuk sisi interiornya memiliki tiga pilihan warna.

IONIQ 5 tersedia dalam beberapa konfigurasi power electric (PE) untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mobilitas setiap pelanggan. Pelanggan dapat memilih dari dua pilihan opsi ukuran baterai, 58 kWh atau 72,6 kWh dan dua tata letak motor listrik, baik dengan motor belakang saja atau dengan motor penggerak bagian depan dan belakang. Semua variasi PE memberikan jangkauan yang luar biasa dan memberikan kecepatan tertinggi hingga 185 km/jam.

Pada pilihan jajaran motor listrik teratas terdapat opsi all-wheel drive (AWD) yang dipasangkan dengan baterai berukuran 72,6 kWh, menghasilkan output daya gabungan 225-kWh dan daya torsi hingga 605 Nm. Konfigurasi PE ini dapat melaju dari 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam waktu 5,2 detik. Sedangkan untuk pilihan dengan penggerak dua roda (2WD) dan baterai 72,6 kWh, jarak tempuh maksimum IONIQ 5 dengan sekali pengisian daya akan menjadi sekitar 470~480 km[4], berdasarkan standar Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLTP).

Platform E-GMP dari IONIQ 5 dapat digunakan pada infrastruktur pengisian daya 400-V dan 800-V. Platform ini menawarkan kemampuan pengisian daya 800-V sebagai fungsi standar, bersama dengan pengisian daya 400-V, tanpa memerlukan komponen atau adaptor tambahan. Sistem multi-charging adalah teknologi pertama yang dipatenkan di dunia yang mengoperasikan motor dan inverter untuk meningkatkan 400 V menjadi 800 V untuk kompatibilitas pengisian daya yang stabil. Apabila menggunakan pengisi daya listrik berkekuatan 350 kW, IONIQ 5 dapat mengisi daya dari 10 persen menjadi 80 persen hanya dalam waktu 18 menit. Menurut WLTP, pengguna IONIQ 5 hanya perlu mengisi daya kendaraan selama lima menit untuk dapat menempuh jarak hingga 100 km.

IONIQ 5 juga memberikan fungsi V2L yang inovatif, yang memungkinkan pelanggan untuk bebas menggunakan atau mengisi daya perangkat listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah, sehingga mobil ini dapat berfungsi sebagai pengisi daya listrik pada saat dalam perjalanan. Fungsi V2L dapat memasok daya hingga 3,6 kW.

IONIQ 5 mengintegrasikan teknologi terdepan untuk pengalaman pengguna digital yang disempurnakan. Kokpit ganda yang lebar dan dapat dikonfigurasi, dilengkapi dengan layar infotainment sentuh berukuran 12 inci dan hoodless digital gauge cluster  12 inci. Untuk pertama kalinya di Hyundai, IONIQ 5 menampilkan Augmented Reality Head-Up Display (AR HUD), yang mengubah kaca depan menjadi layar tampilan.

IONIQ 5 juga dilengkapi dengan Hyundai SmartSense terkini, yaitu sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut yang dapat memastikan keselamatan dan kenyamanan tingkat tinggi saat berkendara. IONIQ 5 adalah model Hyundai pertama yang menawarkan Highway Driving Assist 2 (HDA 2). Sistem bantuan mengemudi lainnya termasuk Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Driver Attention Warning (DAW), High Beam Assist (HBA), dan banyak lagi.

IONIQ 5 akan tersedia di beberapa negara  mulai semester pertama tahun 2021.

 

 

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top