Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hyundai

Gencar Promosi tapi Buruk Layanan After-Sales, Pengguna Hyundai Ioniq 5 Kecewa Perbaikan Mobilnya Tak Kunjung Selesai

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.
Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Jakarta, Autos.id  – Indra Nurzam Chalik Anwar, sebagai pengguna Ioniq 5 Hyundai mengungkapkan kekecewaan lantaran mobilnya tidak kunjung selesai diperbaiki usai dimasukkan ke bengkel Hyundai Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat, sejak Maret 2025 lalu. Melalui laman Instagram pribadinya @indrancanwar yang diposting pada 14 Juni 2025, Indra menuturkan telah menunggu perbaikan mobilnya selama 3 bulan.

“Tidak ada solusi, belum selesai juga, cukup 3 bulan saya memberi waktu 10 Maret sampai 10 Juni 2025, tidak lagi berharap mobil saya selesai,” ungkap Indra.

Pengguna Ioniq 5 itu kemudian menyatakan ingin pergantian unit yang baru, seraya mengeluhkan layanan after-sales dari pihak Hyundai. “Saya mau penggantian unit baru, bahkan setelah komplain masuk media massa, tidak ada tindakan berarti dari @hyundaimotorgroup.official, @hyundaimotorindonesia,” terang Indra.

“Manajemen buruk (saling lempar dari pusat ke dealer, begitu terus, komunikasi pengadaan barang jelek), mereka tidak menguasai produk mereka sendiri,” tukasnya.

Terlihat dalam unggahannya, Indra diketahui membeli Ioniq 5 di dealer Hyundai Summarecon Bekasi, Jawa Barat pada Oktober 2024 lalu. Pengguna Ioniq 5 itu membeli mobil secara kredit dengan asuransi all risk perluasan banjir dan huru-hara.

Sebelumnya Indra mengaku, mobil Ioniq 5 Hyundai yang dibelinya terendam banjir bandang yang melanda Jabodetabek pada awal Maret 2025. Kala itu, mobilnya sempat diderek menuju bengkel Hyundai Harapan Indah di Bekasi. “Menjelang akhir Maret, sebelum libur Idul Fitri, petugas bengkel mengabarkan bahwa perbaikan mobil saya baru sampai tahap dibersihkan dari kotoran bekas banjir,” tutur Indra.

Selama April, lanjut Indra, perbaikan mobilnya belum selesai dan sempat dipindahkan ke bengkel wilayah Kalimalang. “Petugas bengkel mengatakan, dari 18 onderdil pengganti, yang tersedia baru dua, saya menunggu dalam ketidakpastian,” ungkap Indra.

Kendati demikian, Indra mengaku dirinya tetap membayar angsuran Rp15 juta per bulan. “Jika terlambat (membayar angsuran), saya terkena peringatan bahkan denda harian. Untuk praktik di tiga rumah sakit, saya memakai transportasi publik dengan biaya ekstra,” keluhnya.

Pengguna Ioniq 5 itu lantas menutup pernyataannya dengan mengkritik layanan after-sales pihak Hyundai. “Hyundai gencar berpromosi, tapi buruk dalam layanan after-sales,” tutup Indra.

Hingga kini, belum ada tanggapan resmi dari Hyundai terkait keluhan pengguna Ioniq 5 tersebut.

Unggahan Instagram pengguna Ioniq 5 yang mengkritik layanan after-sales Hyundai. (Instagram.com/@indrancanwar)

Terkait hal itu, apakah tuntutan dari kritik ini bisa dipenuhi? Terdapat sejumlah janji tentang jaminan after-sales Hyundai yang bisa dilihat di laman resminya pada Jumat, 20 Juni 2025:

Janji-janji After-Sales Hyundai

Melalui laman resmi Hyundai, Perusahaan otomotif multinasional asal Korea Selatan itu menyatakan after-sales Hyundai telah menjamin pengguna mobil Hyundai mulai dari jaminan harga jual hingga biaya perawatan konsumen. Berikut ini di antaranya:

Biaya Medis Konsumen

Jaminan penggantian biaya perawatan di rumah sakit maksimal 100 Juta per orang bagi pengemudi dan penumpang apabila mengalami kecelakaan lalu lintas. Jaminan ini berlaku sampai dengan 1 tahun setelah kendaraan diterima.

Pelunasan Cicilan

Jaminan pelunasan sisa pembayaran angsuran apabila pemilik mengalami kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan cacat fisik secara permanen, tidak mampu melakukan kegiatan fisik secara normal untuk mendapatkan penghasilan atau meninggal dunia. Jaminan berlaku sampai dengan 1 tahun setelah kendaraan diterima.

Ganti Mobil Baru

Jaminan penggantian unit baru dengan model, tipe dan warna yang sama apabila mengalami kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kerusakan dengan total biaya minimal 50 persen dari harga kendaraan dan mendapatkan fasilitas penggantian biaya towing up to 2.5 Juta (jika dibutuhkan). Adapun, jaminan tersebut berlaku sampai dengan 1 tahun setelah kendaraan diterima.

Penggantian Biaya Ban

Jaminan penggantian biaya pembelian ban baru dengan tipe dan ukuran yang sama apabila mengalami kerusakan (meledak/robek) dan tidak dapat digunakan lagi akibat kecelakaan lalu lintas. Jaminan itu berlaku sampai dengan 1 tahun setelah kendaraan diterima.

Jaminan Jual Kembali

Jaminan harga jual kembali kendaraan senilai 70 persen dari harga pembelian apabila hendak melakukan trade-in dengan mobil Hyundai apapun di tahun ke-3 kepemilikan.

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Reviews

Jakarta, Autos.id  – Pada bulan Ramadan ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) semakin mengukuhkan kontribusinya bagi industri otomotif Indonesia dengan meningkatkan kemudahan dan kenyamanan...

Hyundai

Jakarta, Autos.id  – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) hari ini (Kamis, 24/10) resmi meluncurkan generasi ke-5 dari SANTA FE, all-new SANTA FE, dengan dua...

Komparasi

Last updated on 27 Maret, 2024 BYD Seal dan Hyundai Ioniq 5 dipasarkan di Indonesia, dimana keduanya memiliki komparasi yang menarik. Autos.id – BYD...

Mobil

Last updated on 23 Februari, 2024 Jakarta, Autos.id  –  Dalam perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, PT...