Connect with us

Hi, what are you looking for?

BMW

Mobil Klasik BMW E30: Spesifikasi dan Harga Bekasnya

BMW E30.
BMW E30. (Sumber: Dimi Herlambang)

Last updated on 28 Mei, 2024

BMW E30 merupakan salah satu mobil klasik yang tak lekang oleh zaman.

Autos.id – Kehadiran film ‘Catatan Si Boy’ pada tahun 1987 tampaknya menjadi pendorong bagi popularitas mobil BMW E30 di Indonesia, terutama di kalangan kaum muda pada masa itu. Terlebih lagi, pada era tersebut, pesona mobil sedan di Indonesia masih sangat tinggi sehingga nama BMW E30 semakin melambung.

Desain bodi yang sporty namun juga tangguh, BMW E30 memiliki kesan maskulin bagi siapa pun yang mengendarainya. Lalu bagaimana perjalanan mobil ini di Indonesia? Berapa harganya sekarang ini?

Interior BMW E30.

Interior BMW E30. (Sumber: Autofun)

Sejarah BMW E30 di Indonesia

Ketika film ‘Catatan Si Boy muncul’, popularitas BMW E30 atau Seri 3 di Indonesia semakin meluas. Seperti karakter Boy dalam film tersebut yang digambarkan sebagai anak orang kaya, keren, baik, pintar, dan mahir, mobil ini menjadi sangat melekat dalam kesan tersebut. Tak heran jika kesan tangguh dan mewah terus terasa bagi siapa pun yang mengendarai mobil ini.

baca artikel menarik lain tentang mobil klasik murah

Kesan tersebut juga tampaknya mempengaruhi harga jual BMW E30 hingga saat ini. Bahkan kolektor mobil klasik tidak ragu untuk mengeluarkan uang demi mendapatkan mobil Boy tersebut. Beberapa selebriti Indonesia yang juga pecinta mobil klasik juga tidak segan untuk memamerkan sedan ini di garasi rumah mereka.

Sebagai informasi, mobil ini mulai diproduksi pada tahun 1982 dan dihentikan pada tahun 1994. Totalnya terjual sekitar 2,5 juta unit di seluruh dunia. Meskipun kini sudah tidak lagi diproduksi, karisma BMW E30 tetap melekat bagi para kolektor mobil klasik.

Baca juga: BMW E46, Harga Bekas, Keunggulan, dan Penyakitnya

Bagian belakang BMW E30.

Bagian belakang BMW E30. (Sumber: Smart Resize)

Spesifikasi BMW E30

Pada zamannya, BMW E30 ini dilengkapi dengan mesin yang cukup bertenaga, yaitu M10B18 (318). Ditenagai oleh tenaga 105 hp dan torsi 145 Nm, serta mesin berkapasitas 1,8 liter dengan 4 silinder. Dari segi pengendalian, mobil ini sangat nyaman. Bahkan jika dikendarai saat ini, kita seolah lupa bahwa sedang mengemudikan sedan yang sudah tua.

Dalam hal interior, mobil E30 mengusung tema “fun to drive” sehingga cocok dikendarai oleh siapa pun. Teknologi power steering dan power window telah dipasang pada sedan ini, memudahkan pengemudi. Tombol power window pada mobil ini terletak di sisi kiri dan kanan tuas transmisi. Jadi, membutuhkan penyesuaian sedikit karena mobil Eropa lama umumnya mengadopsi konsep tersebut.

Setir 4-spoke masih digunakan, menambah kesan lebih sporty. Setir ini juga nyaman digenggam, terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Berpindah ke bagian eksterior, mobil ini memiliki 4 lampu bulat di bagian depan yang membuatnya menjadi varian terakhir yang menggunakan desain lampu seperti itu.

Beralih ke sisi bodi, bagian samping menjadi desain yang paling menarik dari BMW E30. Desainnya didominasi oleh garis tegas dan lengkungan minimalis yang khas mobil era 80-an dengan konsep retro modern. Modelnya yang dinamis juga sering menjadi pilihan para pehobi modifikasi karena cocok dengan berbagai gaya modifikasi. Nah, itulah daya tarik BMW E30 yang membuatnya tetap diminati hingga kini.

Jika melihat bagian belakang mobil, terdapat ciri khas sedan retro tahun 80-an dengan penggunaan lampu rem berdesain kotak. Penggunaannya membuat sebagian orang menganggap bahwa BMW E30 mirip dengan Toyota Corolla DX KE70 secara sekilas.

Mesin BMW E30.

Mesin BMW E30. (Sumber: Autofun)

Berapa Harga Bekasnya?

Dengan berbagai kelebihan BMW 30, daya tarik mobil ini masih tetap ada sampai era sekarang, terutama bagi para penggemar mobil-mobil klasik. Harga BMW E30 pun masih cukup tinggi, berkisar antara Rp 70 juta hingga Rp 200 jutaan tergantung kondisi, status pajak, dan harga yang ditawarkan.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas Terbaik 2023 di Bawah 100 juta

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

ALVA

Alva jadi motor listrik besutan IMG yang memiliki spesifikasi mentereng dan harga bersaing. Autos.id – Alva merupakan solusi dalam bidang mobilitas dan usaha yang...

Berita Otomotif

Alva One XP adalah salah satu motor listrik yang hadir di Indonesia dan dipamerkan di acara IIMS 2024 lalu. Autos.id – Motor listrik Alva...

BYD

BYD Seal hadir di Indonesia untuk menambah lini mobil listrik dengan berbagai keunggulan. Autos.id – BYD Motor Indonesia (BMI) memperkenalkan BYD Seal sebagai salah...

Mobil

Last updated on 19 Maret, 2024 Autos.id – Belum lama ini, Presiden Joko Widodo tengah menghadiri perhelatan acara KTT ASEAN – Australia yang diselenggarakan...

error: Content is protected !!