Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

BMW M3 Touring 2023 Debut dengan 530 Tenaga Kuda

Setelah melewati enam generasi, BMW M akhirnya mengeluarkan versi Wagon dari BMW 3.

Autos.id  –  Memang, sempat BMW ingin mengeluarkan versi Wagon dari BMW M3 generasi E36 di tahun 1992 dan 1999, namun itu hanya berakhir sebagai wacana. Tapi, kali ini BMW benar-benar memproduksi BMW Wagon pertama mereka. Dilihat dari bocorannya, sepertinya BMW M Touring 2023 sudah berhasil menemukan formula yang tepat antara kepraktisan dan juga performa.

Mobil BMW M3 Touring bersamaan dengan BMW M4 versi coupe dan convertible dan juga BMW sedan M3, akan membuat debut resminya di Goodwood Festival of Speed di Inggris akhir pekan ini.

Mobil BMW M3 Touring ini berbagi bodi wagon yang sama dengan BMW 3 Series Touring di mana versi Wagon dari BMW 3 Series ini merupakan salah satu yang paling laku di eropa. Lalu, mobil ini dilengkapi dengan powertrain all-wheel-drive dan knalpot quad kaliber Howitzer dari trim M3 Competition.

Memiliki 503 Tenaga Kuda

BMW M3 Touring mendapat tenaga dari mesin enam silinder 3.0 liter twin-turbocharged yang menghasilkan 503 tenaga kuda dan torsi 479 pon-kaki yang disalurkan ke jalan melalui gearbox otomatis eight speed standar dan sistem AWD (All Wheel Drive). Sistem AWD memiliki kopling multi-pelat yang dikontrol secara elektronik untuk membagi torsi antara gandar depan dan belakang, ditambah diferensial belakang yang sama canggihnya dan memungkinkan variasi penuh dari jumlah tenaga yang dikirim ke setiap roda belakang.

Seperti versi sedannya, mobil ini juga akan menampilkan mode penggerak roda belakang murni, meskipun mode ini hanya dapat dipilih dengan melepaskan sistem kontrol stabilitas DSC. Hal tersebut merupakan bagian dari opsi dinamis tambahan dari fitur M Traction Control yang menurut BMW, “memungkinkan pengemudi yang terampil untuk menikmati pengalaman berkendara dengan kemurnian yang luar biasa.”

Lebih Berat tapi Peforma Tetap Terjaga

Mobil baru ini sedikit lebih berat dari mobil M4 coupe dan sedan M3, meskipun BMW belum mengkonfirmasi berapa banyak selisih beratnya. Tapi, sepertinya beban yang lebih berat tadi tidak akan mempengaruhi kecepataanya, BMW mengklaim mobil ini dapat berakselerasi hingga 62mph hanya dalam 3,6 detik. Jika dibandingkan dengan versi sedan, angka kecepatannya hanya berkurang satu persepuluh. Kecepatan tertinggi akan tetap dibatasi hingga 155 mph dalam versi standar, meskipun pembeli yang memilih Opsi Driver M Package akan dapat memiliki kecepatan sebesar 174 mph.

Mengingat mobil BMW M3 Touring tetaplah sebuah mobil wagon, maka kapasitas kargo akan lebih besar dimana sebesar 18 kaki kubik jika memakai kursi belakang, namun jika kuris belakang dilipat maka ukuran kargo mencapai sebesar 53 kaki kubik. Seperti pada versi Touring dari BMW 3 series, Anda dapat membuka kaca belakang sehingga dapat memasukkan barang kecil tanpa membuka bagasi.

Tentu ada perubahan bodywork yang sangat kentara di versi Wagon ini, meski begitu desain bodinya masih terlihat mirip dengan versi sedan. Selain itu, debut dari BMW M3 Touring ini juga menandai debut Sistem Operasi 8 BMW yang baru untuk model BMW M. Selain itu, juga ada layar sentuh melengkung 14,9 inci terbaru.

Jika dibandingkan dengan merek M versi Touring yang laun, yaitu BMW M5 generasi E60 mobil ini sedikit kurang praktis, tetapi  lebih cepat. Mobil ini akan mulai dijual di pasar termasuk Inggris, Eropa, Korea Selatan, Jepang, Selandia Baru dan Australia akhir tahun ini. Sayangnya, tidak ada pemberitahuan bahwa mobil ini akan dijual ke Indonesia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Rencananya BMW M3 Touring yang akan digunakan sebagai Safety Car MotoGP akan mulai digunakan pada balapan MotoGP Inggris di awal Agustus mendatang. Autos.id –...

Mobil

BMW X3 untuk generasi saat ini baru saja menerima facelift untuk tahun 2022, tetapi ada tangkapan kamera yang dimana sudah ada penggantinya. Autos.id –...

Berita Otomotif

BMW M3 Touring melakukan hot lap di Nurburgring ini disiapkan untuk diluncurkan pada event Goodyear Festival Of Speed 2022 pada akhir Juni ini. Autos.id...

Berita Otomotif

Langkah ini sebagai salah satu perhatian besar BMW untuk mengurangi ketergenuangan gas alam dan menciptakan udara yang jauh lebih bersih untuk produksi mobil mereka....