Reviews

Baru Meluncur, BMW R 18 First Edition Sudah Terpesan 20 Unit

Unit pertama dari R18 First Edition langsung diboyong oleh penyanyi Ariel Noah

Jakarta, Autos.id  –  BMW Motorrad Indonesia resmi meluncurkan lini model cruiser pertama-nya yakni R 18 ke Tanah Air. Motor ini sendiri resmi diluncurkan ke dunia April 2020 silam, dan langsung mendapat respon positif dari publik global, setelah model konsepnya diperkenalkan setahun yang lalu.

Joe Frans selaku CEO BMW Motorrad Indonesia mengaku sangat antusias memboyong cruiser terbaru ini ke Indonesia dengan harga Rp969 juta off the road.

Joe Frans selaku CEO BMW Motorrad Indonesia

“Bahkan baru meluncur BMW R 18 sudah terpesan 20 unit, padahal hingga tahun ini jatah kita dari pabrikannya hanya 5 unit. Unit pertama yang baru kita datangkan untuk diperkenalkan, sudah diboyong oleh penyanyi Ariel Noah,” tukasnya di sela-sela peluncuran di Showroom BMW Motorrad TB Simatupang, Jakarta Selatan, hari ini (Rabu, 25/11).

Secara tampilan, BMW R 18 seperti memboyong nilai historis masa kejayaan BMW R 5 yang kental dengan sisi klasiknya ke era saat ini. Bukan sebuah kebetulan desain klasik murni dengan detail-detailnya masih dipertahankan pada BMW R 18. Elemen fungsional namun bergaya ditonjolkan pada 5 karakter ini yaitu rangka double-loop, tangka tear-drop, gardan yang terlihat, serta cat berpola garis-garis layaknya pada BMW R 5 dan desain bentuk mesin Boxer yang besar.

Diperkuat mesin boxer 1800 cc

BMW R 18 dilengkapi mesin “Big Boxer” berkapasitas murni 1.802 cc, mencerminkan kelanjutan dari mesin boxer berpendingin udara tradisional yang menawarkan pengalaman berkendara yang menginspirasi sejak BMW Motorrad mulai diproduksi pada 1923. Konfigurasi dua silinder menghasilkan 91 tenaga kuda pada 4.750 rpm dengan torsi puncak 157 Nm di rentang putaran 2.000 – 4.000 rpm. Ada empat katup dengan camshafts overhead ganda di setiap silinder.

BMW R18 juga dilengkapi dengan perangkat BMW boxer klasik, kopling kering single-disc besar dan gearbox manual enam percepatan. Arsitektur yang mumpuni mampu meminimalisir getaran mesin yang besar. Kenyamanan berkendara terutama saat melakukan perjalanan jauh diwujudkan melalui posisi kaki dan tempat duduk yang dirancang ergonomis tetapi tetap bergaya cruiser bagi sang pengemudi.

Ada tiga mode berkendara yang tersedia yaitu Rain, Rock dan Roll.

Membendung tenaga dan torsinya yang besar, sistem pengereman terdiri dari rem cakram ganda di depan dan tunggal di belakang, dipadukan kaliper empat piston untuk tiap remnya. Dan BMW R 18 dibekali fitur-fitur menyenangkan penunjang berkendara. Ada tiga mode berkendara yang tersedia yaitu Rain, Rock dan Roll. Ketiga mode ini memiliki fungsi untuk mengatur akselerasi, cara kerja abs, ASC dan fitur keamanan lainnya.

Fitur keamanan yang paling terbaru di lini BMW Motorrad adalah engine drag torque control (MSR) sebagai peranti standar pada R18. Di tambahkan lagi fitur Automatic Stability Control (ASC) untuk mengatur sinkronisasi putaran roda belakang dan roda depan, meningkatkan factor keamanan saat berkendara. Tersedia juga reverse assist yang membantu memundurkan motor saat parkir.

Unit pertama yang hadir langsung diboyong oleh penyanyi Ariel Noah

“Selain itu, untuk setiap pembelian R 18 First Edition, kami akan memberikan paket tambahan yaitu logo klasik, topi dan seatbelt R18 First Edition,” pungkasnya.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top