Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Viral di Berbagai Media, Apa Itu Teknologi Nikuba?

Nikuba.
Nikuba. (Sumber: Tempo)

Dalam beberapa waktu terakhir, Nikuba ramai diperbincangkan di berbagai media.

Autos.id – Pasti Anda sudah mendengar tentang berita mengenai seorang warga Cirebon yang berhasil menciptakan alat yang dapat mengubah air menjadi bahan bakar. Pria tersebut adalah Aryanto Misel, yang memberi nama alat tersebut Nikuba. Untuk memahami lebih lanjut mengenai Nikuba, berikut penjelasannya.

Nikuba dipasangkan di kendaraan TNI.

Nikuba dipasangkan di kendaraan TNI. (Sumber: Twitter @NikubaHidrogen)

Apa Itu Nikuba?

Nama Nikuba sebenarnya berasal dari bahasa Jawa, “niku banyu”, yang artinya “itu air”. Pada dasarnya, prinsip kerja Nikuba berfungsi untuk memisahkan hidrogen dan oksigen yang terdapat dalam air. Proses ini dilakukan melalui elektrolisis. Hidrogen yang berhasil dipisahkan akan disalurkan ke ruang pembakaran kendaraan bermotor, mirip dengan bahan bakar konvensional.

Sementara itu, oksigen akan kembali melalui proses elektrolisis menjadi hidrogen dan dialirkan kembali ke ruang pembakaran kendaraan bermotor. Namun, perlu diketahui bahwa Nikuba hanya dapat mengolah air yang tidak mengandung logam berat menjadi bahan bakar.

Baca juga: Honda Operasikan Pembangkit Listrik Sel Hidrogen

Harganya yang Sangat Terjangkau

Penciptanya mengklaim bahwa dengan 1 liter air yang diubah menjadi hidrogen, kendaraan dapat menempuh perjalanan pulang-pergi antara Cirebon dan Semarang. Tentu saja, hal ini menarik minat banyak orang.

Tidak hanya dari masyarakat setempat, namun dilaporkan bahwa Aryanto telah diajak bekerja sama oleh sebuah perusahaan otomotif asal Italia. Hingga saat ini, hak paten atas penemuan ini masih dalam proses pengajuan. Untuk memperoleh satu unit Nikuba, Aryanto hanya menawarkannya dengan harga Rp4,5 juta.

Aryanto Misel betandang ke Italia.

Aryanto Misel betandang ke Italia. (Sumber: Twitter)

Telah Dipasang pada Kendaraan Dinas TNI Lokal

Berdasarkan berita yang beredar di berbagai media, Nikuba telah dipasang pada beberapa kendaraan dinas milik TNI di sekitar wilayah tempat tinggal Aryanto. Setidaknya, terdapat 31 unit kendaraan dinas TNI yang telah dipasangi alat ini. Sebanyak 30 unit dipasang pada kendaraan TNI dari Kodam III/Siliwangi, sementara 1 unit lainnya dipasang pada kendaraan dinas anggota TNI dari Koramil Lemahabang.

Anggota TNI dari Koramil Lemahabang tersebut bertugas sebagai Babinsa di Desa Wilulang, dan ia menyatakan bahwa hanya membutuhkan kurang dari setengah liter air untuk operasional selama sekitar empat hari di area kerjanya. Jika dikembangkan dan diteliti lebih lanjut, inovasi ini dapat menjadi hal yang revolusioner dan membantu masyarakat menghemat bahan bakar minyak dengan beralih ke bahan bakar air yang memiliki standar kualitas tertentu.

Berita terbaru mengungkapkan bahwa Nikuba, ciptaan Aryanto Misel, telah menarik perhatian produsen otomotif dari luar negeri. Pria asal Cirebon ini melakukan perjalanan ke markas Ferrari, Ducati, dan Lamborghini di Italia pada 28 Juni 2023.

Ia bersama dengan dukungan Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, selaku Pangdam III/Siliwangi, Aryanto Misel bertemu dengan petinggi PT Octagon dan petinggi perusahaan otomotif terkemuka tersebut. Mereka tertarik dengan presentasi yang disampaikan oleh Aryanto dan berencana untuk menyempurnakan Nikuba agar dapat dipasarkan dan menjadi alat khusus untuk mengubah air menjadi bahan bakar kendaraan.

Baca juga: 10 Sepeda Listrik Termurah Di Tahun 2023

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Seorang pejabat diberhentikan dari posisinya setelah kedapatan membeli MG 5 GT Magnify. Autos.id – Mobil MG 5 GT Magnify sedang menjadi perbincangan setelah Esha...

Berita Otomotif

Last updated on 31 Mei, 2024 IIMS 2023 jadi pembuktian Yamaha tentang inovasi dan teknologi terbaru untuk semua produknya. Autos.id – Indonesia International Motor...

Berita Otomotif

Dalam rilis resmi, Honda memastikan akan menggunakan teknologi berbahan bakar hidrogen di masa depan. Autos.id – Honda telah mengumumkan bahwa mereka akan memperluas penggunaan...

Berita Otomotif

Honda menerapkan penggunakaan teknologi Virtual Reality (VR) untuk mengembangkan setiap mobil di pasar AS. Autos.id – Honda memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR) canggih dalam...

error: Content is protected !!