Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Toyota Serahkan BEV bZ4X & Lexus UX 300e Untuk KTT G20 di Bali

KTT G20 rencananya akan digelar pada tanggal 15-16 November 2022 di Bali

Jakarta, Autos.id  – Hari ini, Rabu (19/10) PT Toyota-Astra Motor resmi menyerahkan 143 unit kendaraan elektrifikasi berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV) yang terdiri dari 41 unit Toyota BZ4X dan 102 unit Lexus UX 300e kepada kantor Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg). Kendaraan ini akan menjadi kendaraan resmi untuk mendukung mobilitas partisipan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada 15-16 November mendatang.

TAM sangat mengapresiasi kepercayaan pemerintah pada produk Toyota yang dipilih sebagai kendaraan resmi KTT G20.

“Tidak hanya mendukung kelancaran mobilitas peserta konferensi, kehadiran Toyota BZ4X dan Lexus UX 300e ini diharapkan akan menjadi simbol komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi karbon menuju era Carbon Neutrality pada 2060 mendatang,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto pada acara Hand Over Ceremony di Stadion Internasional Gelora Bung Karno.

Selain dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Dr. Pratikno M.Soc.Sc acara ini juga dihadiri oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji.

Toyota bZ4X merupakan kendaraan elektrifikasi BEV pertama dari Toyota yang resmi dipasarkan secara global pada pertengahan tahun 2022 ini. Penggunaannya di KTT G20 ini setelah adanya permintaan kuat dari Pemerintah Indonesia serta pengaturan ulang global supply bersama prinsipal Toyota Motor Corporation.

Sementara, Lexus UX 300e merupakan kendaraan elektrifikasi dengan teknologi Battery EV premium jenis subcompact SUV yang pertama kali dipasarkan pada tahun 2020 lalu. Sebagai sebuah brand premium, kehadiran model Lexus di Bali juga akan didukung dengan fasilitas e-LCMS (Electric Lexus Mobile Concierge Service) untuk lebih memberikan kenyamanan dan kelancaran mobilitas peserta KTT.

Toyota-Astra Motor tercatat sebagai ATPM otomotif pertama yang menghadirkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia dengan mendatangkan Toyota Prius Hybrid pada 2009 dan Lexus LS600h pada 2010. Hingga saat ini, Toyota telah memasarkan 10 model kendaraan elektrifikasi di Indonesia mulai dari HEV, PHEV, serta BEV, dimana secara total telah membukukan penjualan lebih dari 6.800 unit.

Dari total penjualan kendaraan ramah lingkungan ini, Toyota telah berhasil mengurangi lebih dari 7.000 metrik ton emisi karbon di Indonesia. Angka yang cukup signifikan sebagai upaya konkrit menuju carbon neutrality.

Sejalan kebijakan pemerintah mendorong percepatan kendaraan bermotor listrik melalui Peraturan Presiden (Perpres) No. 55 Tahun 2019, Toyota melalui berbagai inovasi serta program popularisasi terus mendorong meningkatnya penggunaan kendaraan berbasis elektrifikasi di tengah masyarakat, termasuk menyiapkan kendaraan elektrifikasi pertama berteknologi Hybrid EV yang diproduk secara lokal di dalam negeri.

Lexus UX 300e

“Kedepannya, kendaraan ramah lingkungan menjadi salah satu langkah konkrit pengurangan emisi karbon. Langkah pemerintah menerbitkan Perpres No. 55 Tahun 2019 sangat strategis bagi Indonesia dalam menghadapi tantangan mobilitas ke depan yang harus selaras dengan prinsip ramah lingkungan atau zero emission,” tutup Henry.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Mobil

Karena banyaknya pesanan Toyota bZ4x, membuat Toyota Motor Thailand harus menutup keran pemesanannya karena terbatasnya stok untuk pasar Thailand. Autos.id – Sebelum heboh dengan...

Mobil

Dalam uji tabrak Toyota bZ4X yang dilakukan oleh Euro-NCAP memperlihatkan hasil yang sangat memuaskan berkat beberapa peranti keselamatan canggih yang ada pada mobil tersebut....

Reviews

All New Kijang Innova Zenix Hadir dengan Teknologi Toyota Hybrid System Generasi Ke-5 Jakarta Autos.id  –  Mengusung tagline Cross Into The New Energy, PT...