Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Toyota Rencanakan Buat Mobil Sport dengan Harga Lebih Terjangkau

Toyota Supra

Toyota sudah memiliki platform mobil sport-nya sendiri bernama Toyota GR Yaris yang mewah.

Autos.id  –  Namun, kali ini, perusahaan asal Jepang tersebut mencoba untuk mengambangkan sayap di pangsa pasar mobil sport dengan mencoba untuk membuat mobil sport kecil mid-engine (posisi mesin berada di tengah kendaraan) yang akan lebih murah daripada daripada Toyota GR86 2022.

Mengutip dari Best Car (majalah Jepang), Forbes melaporkan minggu ini bahwa Toyota, anak perusahaannya Daihatsu, dan sekutunya Suzuki bekerja sama untuk membangun mobil sport mid-engine.

Toyota MR2

Mobil ini direncanakan akan didasarkan pada platform GA-B Toyota (digunakan di GR Yaris), dan didukung oleh mesin turbo tiga silinder 998 cc dari Suzuki. Namun, outputnya akan berbeda dari 109 tenaga kuda dan torsi 125 pound-feet yang dihasilkan Suzuki Swift, mesin tersebut diharapkan akan menghasilkan sekitar 150 tenaga kuda. Lalu, mesin tersebut akan menggerakkan roda belakang (rear wheel drive) melalui transmisi otomatis konverter torsi enam kecepatan. Mobil itu mungkin tiba pada tahun 2025 dengan harga dilansir sekitar $ 20.000-an (300 juta-an rupiah).

Berita ini tampaknya mengaminkan rumor yang beredar pada Desember lalu yang berkaitan dengan akan munculnya mobil sport hasil kolaborasi beberapa perusahaan, meskipun pada saat itu rincian tentang platform, harga, dan waktu kedatangan sama sekali belum ada. Kolaborasi seperti ini sebenarnya sedang gencar dilakukan oleh Toyota untuk pengembangan lini mobil mereka, sebagai contoh Toyota bekerja dengan BMW pada GR Supra, dan dengan Subaru pada BZ4X dan GR86.

Toyota GR86

Bertentangan dengan Rencana Sebelumnya

Namun, rumor tersebut sebenarnya tidak sesuai dengan rencana Toyota untuk lini mobil sportnya. Pada 2019, pemimpin program Supra mengatakan tidak ada tempat untuk jenis mobil baru di bawah Toyota GR86 dalam jajaran mobil sport Toyota yang disebut “Three Brothers” . Semenjak itu, Toyota tidak memberitahu detail lebih lanjut apakah anggota ketiga dari Three Brothers (seperti Celica yang di-reboot atau MR2) benar-benar akan dirilis, atau memang lini Three Brothers sudah dirilis dalam bentuk GR Yaris atau GR Corolla.

Selain itu, sebenarnya pangsa pasar untuk untuk mobil sport murah mid engine sendiri sekarang tidak terlalu populer. Dalam hal ini, umumnya konsep mobil mid engine sekarang ini, kebanyakan didominasi oleh bentuk mobil sport listrik yang berukuran besar dan bahkan jadi lebih mahal dari mobil sport biasa. Sehingga, jika konsep itu dirilis ke publik, tidak ada jaminan bahwa model tersebut bisa sukses. Namun, untuk sekarang, banyak yang mengharapkan mobil Sport Toyota ini bisa sukses, mengingat dahulu Toyota pernah membuat mobil sport mid engine, seperti Toyota MR2.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Merek Toyota menjadi salah satu brand mobil yang populer di Indonesia saat ini mengingat seberapa luasnya lini mobil Toyota saat ini. Jakarta, Autos.id  – ...

Berita Otomotif

Toyota menunjukkan komitmen tinggi untuk melakukan ekspansi lini EV mereka di kawasan Asia Tenggara. Autos.id  –  Perusahaan asal Jepang tersebut mengatakan bahwa mereka akan...

Reviews

Yaris GR terbaru diluncurkan oleh Toyota, namun mobil petualang ini tidak akan hadir di pasar Amerika Serikat. Autos.id – Toyota telah memperluas jajaran Yaris...

Berita Otomotif

Menurut informasi yang beredar, edisi spesial yang satu ini hanya tersedia 50 unit saja! Autos.id – Model manual enam kecepatan baru dari Toyota Supra...