Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Toyota GR86 Segera Hadir Dengan Mesin Turbo

Toyota GR86 Akan Hadir Dengan Mesin Turbo, Kini Dalam Proses Pengembangan

Penggunaan Toyota GR86 dengan mesin Turbo ini selain untuk kebutuhan balap, juga digunakan sebagai bahan pengujian untuk bahan bakar sintetis yang ramah lingkungan.

Autos.id – Baru-baru ini diajang GIIAS 2022, Toyota Astra Motor meluncurkan generasi terbaru salah satu mobil performa mereka yaitu GR86. Mobil yang memiliki kembaran dari Subaru ini terkenal dengan konfigurasi mesin Boxer, Naturally Asphirated dengan penggerak roda belakang. Tapi taukah anda bahwa saat ini Toyota sedang mengembangkan GR86 dengan mesin Turbo.

Kabarnya mesin Turbo yang digunakan serupa dengan yang akan anda temukan di GR Yaris dan GR Corolla yang sudah hadir terlebih dahulu.

Toyota GR86 Akan Hadir Dengan Mesin Turbo, Kini Dalam Proses Pengembangan

Masih Salam Proses Pengembangan

Seperti yang dilansir oleh CarSales, Toyota melalui divisi Motorsport mereka, Gazoo Racing memang sedang mengembangkan GR86 dengan konfigurasi mesin Turbocharged tersebut. Dalam pengembangan ini Toyota Gazoo Racing menyebut bahwa mereka menyebutnya sebagai coupe Turbo yang disinyalir akan menggunakan basis GR86 untuk kebutuhan balap.

Dalam pengembangan ini, Toyota GR86 Turbo ini menggunakan mesin  yang sama dengan GR Yaris dan GR Corolla. Mesin 1.600 cc, 3 silinder dengan Turbo yang menghasilkan tenaga hingga 300 Hp dan torsi mencapau 400 Nm dengan penggerak All-Wheel Drive. Untuk versi GR86 ini kabarnya akan diberikan ekstra tenaga hingga 72 Hp da torsi 150 Nm.

Selain akan digunakan untuk kebutuhan balap, Toyota Gazoo Racing mempersiapkan GR86 Turbo ini juga sebagai bahan pengetesan bahan bakar sintetis berkelanjutan. Terlebih baik GR Yaris dan GR Corolla juga sudah pernah mendapat modifikasi mesin yang memungkinkan bisa diisi dengan bahan bakar sintetis berkelanjutan yang ramah lingungan.

Toyota GR86 Akan Hadir Dengan Mesin Turbo, Kini Dalam Proses Pengembangan

Chief Engineer Toyota Gazoo Racing, Naoyuki Sakamoto menyebut bahwa kemungkinan akan digunakannya GR86 Turbo ini dimasa depan. Meskipun begitu, beliau menyebut bahwa saat ini pihak Toyota dan Gazoo Racing masih sedang mempersiapkan dan terus mengembangkan mesin Turbo yang memiliki performa tinggi agar bisa lebi ramah lingkungan sesuai dengan tujuan netralitas karbon.

Saat ini Toyota sedang mencoba mesin dengan tambahan teknologi ini pada ajang balap Super Taikyu Series yang digelar di Jepang. Dalam ajang balap ini, Toyota bisa mencoba bagaimana efektifitas bahan bakar sintetris yang ramah lingkungan ini berpengaruh pada performa yang luar biasa tetapi masih memberikan efek ramah lingkungan yang lebih baik kedepannya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Subaru

Selain menghadirkan paket modifikasi di sisi eksterior atau tampilan luar mobil, Blitz juga memberikan paket modifikasi yang berkaitan dengan performa bagi Toyota GR86 maupun...

Balap

Dalam ajang balap ketahanan Super Taikyu Series 2022 ini, Toyota menurunkan GR86 dan Corolla dengan teknologi karbon netral dan penggunaan bahan bakar hidrogen yang...