Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Toyota Enggan Terburu-Buru Untuk Fokus Ke Kendaraan Full Electric

Toyota Enggan Terbru-Buru Untuk Mulai Fokus Ke Kendaraan Listrik Sepenuhnya

Meskipun belum sepenuhnya yakin dengan teknologi listrik murni, Toyota sebenarnya juga akan mempersiapkan berbagai kendaraan listrik murni lainnya dimasa yang akan datang.

Autos.id – Meskipun Toyota memiliki beberapa mobil berteknologi listrik seperti bZ4X dan C-Pod, namun pabrikan asal Jepang ini enggan mengikuti pabrikan yang bahkan sudah mulai berlaih fokus ke mobil listrik. Pabrikan asal Jepang tersebut menyebut bahwa pada dasarnya solusi untuk kendaraan yang lebih ramah lingkungan tidak harus terpaku dengan kendaraan listrik murni.

Apa yang dikatakan Toyota juga menjadi penegas bahwa Toyota belum meyakini sepenuhnya mengani kendaraan dengan teknologi listrik.

Toyota Enggan Terbru-Buru Untuk Mulai Fokus Ke Kendaraan Listrik Sepenuhnya

Toyota bZ4X

Solusi Kendaraan Ramah Lingkungan

Seperti yang dilansir oleh Autoexpress.co.uk pada Rabu (13/7/2022), CEO Toyota Research Institute, Gill Pratt menyebut bahwa untuk menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan tidak harus mengandalkan teknologi Battery Electric Vehicle atau BEV saja. “Dalam salah satu riset independent memyebutkan bahwa solusi teknologi listrik murni sebagai kendaraan ramah lingkungan tidak berlaku bagi semua orang”, ujar Pratt.

Ia juga menyebut bahwa penggunaan baterai Lithium-Ion yang digunakan untuk mobi listrik bukanya tanpa resiko. Ia menyebut bahwa penggunaan baterai untuk mobil listrik tersebut menggunakan bahan material yang sulit ditemukan orang sepeti di pertambangan. Ia juga membandingkan penggunaan mesin konvensional yang menggunakan material umum yang mudah ditemukan oleh kebanyakan orang.

Toyota Enggan Terbru-Buru Untuk Mulai Fokus Ke Kendaraan Listrik Sepenuhnya

Toyota C-Pod

Pratt juga menyebut bahwa penggunaan teknologi Plug-In Hybrid atau PHEV juga bukan pilihan yang sempurna. “Sebenarnya penggunaan PHEV ini bisa menjadi solusi untuk mendapat kendaraan yang lebih ramah lingkungan, tetapi baterai yang digunakan sebenarnya bisa lebih dimaksimalkan mengingat orang tidak perlu khawatir soal jarak tempuh meskipun itu bukan pilihan terbaik”, tambahnya.

Apa yang dikatakan Pratt ini juga menjadi sinyal kuat bagi Toyota yang sebenarnya masih kurang setuju bahwa mobil-mobil listrik murni hanya menjadi solusi mobil ramah lingkungan. Pabrikan Jepang ini diketahui juga banyak mengembangkan teknologi mobil ramah lingkungan lainnya seperti Hybrid maupun Hydrogen yang memang pertama kali mereka pelopori.

Meskipun begitu, sejatinya Toyota juga masih akan terus menghadirkan berbagai produk mobil listrik murninya. Tidak ketinggalan Toyota juga akan terus mengembangkan produksi mobil-mobil dengan teknologi hidrogen seperti pada mobil-mobil sport dan adanya kerjasama dengan Yamaha untuk memproduksi mesin berteknologi hydrogen tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Merek Toyota menjadi salah satu brand mobil yang populer di Indonesia saat ini mengingat seberapa luasnya lini mobil Toyota saat ini. Jakarta, Autos.id  – ...

Berita Otomotif

Toyota menunjukkan komitmen tinggi untuk melakukan ekspansi lini EV mereka di kawasan Asia Tenggara. Autos.id  –  Perusahaan asal Jepang tersebut mengatakan bahwa mereka akan...

Berita Otomotif

Toyota sudah memiliki platform mobil sport-nya sendiri bernama Toyota GR Yaris yang mewah. Autos.id  –  Namun, kali ini, perusahaan asal Jepang tersebut mencoba untuk...

Reviews

Yaris GR terbaru diluncurkan oleh Toyota, namun mobil petualang ini tidak akan hadir di pasar Amerika Serikat. Autos.id – Toyota telah memperluas jajaran Yaris...