Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Toyota bZ3, Sedan Listrik Toyota Bekerjasama Dengan BYD

Inilah Toyota bZ3, Sedan Listrik Dari Toyota Kerjasama Dengan BYD

Nantinya Toyota bZ3 akan menjadi produk mobil listrik Toyota bZ yang akan dihadirkan ke publik setelah SUV listrik bZ4X.

Autos.id – Meskipun Toyota kurang percaya dengan mobil-mobil berteknologi listrik murni, nyatanya pabrikan asal Jepang ini tetap menghadirkan produk mobil full listrik terbarunya. Setelah sebelumnya menghadirkan SUV bZ4X yang bekerjasama dengan Subaru, kali ini Toyota menghadirkan produk mobil listrik terbaru yaitu bZ3 yang berbentuk body sedan.

Yang menarik, Toyota bZ3 ini digarap dan dikembagkan oleh perusahaan otomotif Tiongkok, BYD yang memang pertama kali dikembangkan untuk pasar Tiongkok.

Inilah Toyota bZ3, Sedan Listrik Dari Toyota Kerjasama Dengan BYD

 Mobil Listrik Kedua Toyota bZ Series

Seperti yang dilansir oleh Autoevolution, pada bulan Juni silam, Kementerian Industri dan Teknologi Informosi Tiongkok semapt memberikan bocoran gambar paten dari sedan listrik Toyota terbaru ini. Pada awalnya beberapa nama sempat digunakan sebagai bakal calon nama untuk sedan listrik terbaru Toyota ini. Mulai dari Corolla Electric hingga bZ5, sebelum akhirnya menjadi bZ3.

Dari beberapa bocoran yang beredar, diperlihatkan bahwa Toyota bZ3 akan menjadi mobil listrik kedua dari Toyota bZ series setelah bZ4X. Dan sama seperti bZ4X yang bukan produk murni dari Toyota karena ada kerjasama dengan Subaru dengan nama Solterra, bZ3 ini juga akan bekerjasama dengan brand otomotif lainnya.

Kali ini perusahaan otomotif asal Tiongkok, BYD dipercaya untuk bekerjasama menggarap mobil listrik terbaru dari Toyota ini. Nantinya dari segi baterai, Toyota bZ3 akan menggunakan baterai dari Fudi LFP yang masih satu saudara dengan BYD. Selain itu, beberapa komponen kelistrikan seperti motor listrik dan drivetrain juga akan digarap oleh Fudi Power.

Inilah Toyota bZ3, Sedan Listrik Dari Toyota Kerjasama Dengan BYD

Untuk motor listrik sendiri, nantinya Toyota bZ3 akan menggunakan motor listrik dengan kode TZ200-XS022 yang memiliki pilihan tenaga dari 181 Hp hingga 241 Hp. Dan untuk penggerak sendiri, kabarnya Toyota bZ3 ini akan menggunakan penggerak roda belakang, yang kurang lebih sama dengan beberapa mobil sedan listrik lainnya seperti Hyundai Ioniq 6 yang digadang menjadi lawan terkuatnya.

Kemudian bocoran lainnya adalah Toyota bZ3 ini akan memiliki dimensi yang jauh lebih besar dari bZ4X. Dan juga secara basis, Toyota bZ3 juga masih memiliki basis yang sama dengan bZ4X. Yang menarik Toyota bZ3 ini akan mengambil basis dari mobil sedan listrik Toyota bZ SDN yang sudah diperlihatkan di berbagai pameran otomotif internasional.

Salah satu ciri khas yang menarik dari Toyota bZ3 ini adalah bentuknya yang tidak sepenuhnya adalah sedan. Karena dinagian pilar C ada jendela tambahan yang menyerupai seperti sebuah sedan coupe layaknya Hyundai Ioniq 6 yang juga baru saja diperkenalkan secara global.

Belum diketahui apakah Toyota bZ3 ini hanya akan dijual untuk pasar Tiongkok atau juga akan dipasarkan secara global. Tetapi akan sangat menarik apabila dijual untuk pasar global dan melawan langsung Hyundai Ioniq 6 yang juga mengusung konsep body dan teknologi yang sama yaitu berbentuk sedan coupe listrik.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Di Thailand sebagai negara pertama basis produksinya di Asia Tenggara, BYD menjadi pabrikan ketiga setelah Great Wall Motors dan SAIC Motor yang berinvestasi di...

Mobil

Meskipun belum sepenuhnya yakin dengan teknologi listrik murni, Toyota sebenarnya juga akan mempersiapkan berbagai kendaraan listrik murni lainnya dimasa yang akan datang. Autos.id –...

Berita Otomotif

Data ini merupakan data penjualan mobil listrik selama 6 bulan pertama tahun 2022 secara global. Autos.id – Bila berbicara mengenai mobil listrik, salah satu...

Reviews

Versi Gazoo Racing dari Toyota bZ4X ini akan menjadi salah satu revolusi berikutnya dari divisi Motorsport Toyota, Gazoo Racing dalam mengubah mobil listrik ini...