Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Tips Mengenali Waktu Pergantian Oli Gardan Motor Matik

Oli Gardan Motor Matik

Last updated on 18 November, 2021

Oli gardan motor matik sama pentingnya dengan oli mesin yang perlu melakukan penggantian secara berkala.

Jakarta, Autos.id – Banyak pengguna motor matik kerap tak memperhatikan kapan oli transmisi motor harus diganti. Sehingga mereka hanya mengganti oli mesin padahal oli gardan sebagai oli transmisi juga penting untuk performa motor. Lalu kapan harus menggati oli gardan?

“Ciri-ciri oli gardan motor matik perlu diganti yakni bila mulai timbul bunyi pada bak transmisi. Dan hal ini sangat mengganggu fokus pengemudi saat ada diperjalanan”

Beberapa sumber dari bengkel khusus roda dua menyebutkaan sebaiknya oli gardan motor matik diganti bersamaan dengan oli mesin. Hal ini agar pelumasan pada mesin dan transmisi berlangsung seimbang.

Oli Gardan Motor Matik

Jumlah Oli Gardan Berbeda Tiap Motor

Baca juga: Tips Mengganti Oli Motor Tanpa Harus Ke Bengkel

Umumnya perlu melakukan penggantian oli mesin setiap 3.000 Km atau 3 bulan sekali. Dan itu bisa dilakukan sekaligus dengan oli gardan. Durasi waktu yang kurang lebih sama berlaku untuk pergantian oli gardan, meski dalam beberapa pabrikan mengklaim oli gardan bisa bertahan hingg 8.000 Km.

Untuk diketahui oli gardan motor matik bisa bertahan lebih lama dari oli mesin, karena oli mesin bekerja lebih berat sementara oli gardan hanya melumasi roda gigi motor saja.

Perlu diperhatikan pula, karena kebutuhan oli gardan pada setiap motor berbeda berdasarkan modelnya bahkan meski dari satu merek motor yang sama. Misalnya motor Yamaha Xeon membutuhkan dua botol oli gardan sementara untuk Mio hanya membutuhkan satu botol oli gardan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Last updated on 19 November, 2021 Velg racing rawan bengkok jika sering mengalami benturan keras. Ketika velg mengalami kerusakan Anda bisa melakukan perbaikan sendiri...

Tips

Jika motor skutik cenderung melompat periksa beberapa komponen ini, seperti kopling ganda, atau V-belt. Bisa jadi ada kerusakan atau kondisinya butuh dibersihkan. Jakarta, Autos.id...

Tips

Gas motor injeksi tidak stabil bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti tersumbatnya saringan udara, fuel pump yang kotor, atau ada masalah pada injektor. Jakarta,...

Tips

Last updated on 7 November, 2021 Jakarta, Autos.id – Berikut beberapa tips sederhana untuk mengatasi tali gas motor yang seret, karena susah dikontrol atau...