Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Tahun 2025, Ford Suntik Mati Focus!

Ford Focus Akan Stop Produksi Pada Tahun 2025 Mendatang

Secara perlahan produksi Ford Focus akan berkurang pada Agustus mendatang sebelum benar-benar dihentikan produksinya pada tahun 2025 mendatang.

Autos.id – Pada awal April silam, salah satu produk populer dari Ford yaitu Mondeo stop produksi pada tahun 2022 ini. Kali ini salah satu produk populer Ford lainnya yaitu Focus juga harus mengalami nasib serupa. Produk hatchback pesaing dari Volkswagen Golf ini secara perlahan akan dikurangi produksi pada akhir Agustus mendatang sebelum akhirnya akan berhenti produksi pada tahun 2025 mendatang.

Kekurangan pasokan bahan baku pembuatan serta penjualan yang terus menurun menjadi alasan Ford Focus dihentikan produksinya.

Ford Focus Akan Stop Produksi Pada Tahun 2025 Mendatang

Produksi Yang Terus Menurun

Seperti yang dliansir Automobilewoche pada Kamis (23/6/2022), setelah 29 Agustus mendatang, produksi Ford Focus akan dikurangi secara perlahan. Lalu bos dari Ford Eropa, Stuart Rowley sudah mengkonformasi rencana penghentian produksi Ford Focus. Ia menyebut bahwa salah satu alasan penghentian produksi Focus adalah krisis pasokan terutama dari Ukraina.

Masalah tersebut berasal dari sistem infotaiment SYNC4 yang dibuat di Ukraina dan terdampak perang membuat produksi mobil ini sangat terhambat. Selain itu masalah yang tidak kalah peliknya adalah pabrik Saarlouis di Jerman yang menjadi basis Ford Focus di Eropa yang kesulitan dalam menjaga fasilitas pabrik ini bisa berjalan.

Ford Focus Akan Stop Produksi Pada Tahun 2025 Mendatang

Salah saru cara yang mungkin akan dilakukan adalah dengan menjual pabrik Ford di Saarlouis tersebut. Pabrik tersebut memperkerjakan sekitar 4.600 orang dengan Ford Focus menjadi produk utama yang dirakit di pabrik tersebut. Dengan adanya hal tersebut membuat adanya kemungkinan PHK menjadi sangat mungkin terjadi.

Ford Focus yang saat ini dijual sudah memasuki generasi ke 4 atau yang dikenal sebagai Mk4. Di Eropa sebagai pasar terkuat Focus hadir dengan 3 konfigurasi yaitu Hatchback, Sedan, dan Station Wagon. Ford Focus versi global berbeda dengan versi yang dijual untuk pasar Tiongkok. Di pasar Tiongkok sendiri, Ford Focus tidak terpengaruh penghentian produksi seperti halnya Mondeo.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Ford Focus RS 2018 akan menggunakan LSD demi menciptakan akselerasi yang lebih cepat dan juga akurasi dalam manuver di lintasan. Detroit, Autos.id – Ford...

Mobil

Last updated on 7 Desember, 2021 Jakarta, Autos.id – Ford Motor Indonesia telah menyatakan akan menghentikan bisnis operasionalnya di Tanah Air mulai paruh kedua...