Last updated on 24 Januari, 2023
Sepanjang tahun 2022, penjualan Toyota mencapai 300 ribu unit lebih atau naik 12,1 persen
Jakarta, Autos.id – Toyota berhasil menutup tahun 2022 dengan volume penjualan yang memuaskan sebesar 331.410 unit secara wholesales. Naik 12,1% dari tahun 2021 yang berada di level 295.000 ribu. Dengan ini, Toyota sukses memimpin pasar otomotif Indonesia dengan Market Share 31,6%.
Sejalan dengan semakin membaiknya perekonomian nasional dan peningkatan daya beli masyarakat memberikan dampak positif terhadap kinerja penjualan industri otomotif, termasuk Toyota.
“Kami berharap, tren ini akan terus berjalan kearah yang positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” kata Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.
Secara komposisi, penjualan Toyota di tahun 2022 masih di dominasi oleh segmen MPV yang berkontribusi sebesar 57,6%. Beberapa line up MPV & SUV Toyota seperti Avanza, Kijang Innova & Kijang Innova Zenix, serta Rush masih memimpin sebagai 3 mobil paling laku dari Toyota tahun ini.
Hal ini tercermin dari angka penjualan Avanza pada tahun 2022 berhasil mencapai 60.619 unit, meningkat 49% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 sebesar 40.777 unit. Apabila digabung dengan Veloz, angka penjualan Avanza & Veloz mencapai 92.641.
Selain itu, mobil legendaris keluarga Indonesia, Kijang Innova yang baru saja upgrade generasi menjadi Kijang Innova Zenix, berhasil mencatatkan penjualan total 46.933 unit. Jika digabung, total penjualan segmen MPV Toyota menguasai lebih dari 52% market MPV nasional.
Segmen kendaraan elektrifikasi juga menunjukkan tren yang semakin positif tahun ini. Total penjualannya secara whole sales telah melebihi 4.463 unit. Naik sangat signifikan 130% dari tahun 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit. Untuk model dari brand GAZOO Racing, secara angka, tahun 2022 ini komposisi penjualannya secara rata-rata mencapai hampir 72%.
“Penjualan Toyota tahun ini masih didominasi oleh model-model MPV yang menyumbang lebih dari 50% total penjualan 2022 sebanyak 191.010 unit, naik 21% dari tahun 2021. Angka penjualan Toyota sepanjang 2022 cukup merefleksikan kultur masyarakat Indonesia yang mengarah kesana ya,” papar Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.