Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Suzuki Jimny Versi 5 Pintu Meluncur Tahun Depan, Rakitan India!

Suzuki Jimny Versi 5 Pintu Segera Meluncur Tahun Depan, Rakitan Dari India

Hadirnya Suzuki Jimny JB74 dengan konfigurasi 5 pintu ini sebagai solusi bagi konsumen yang senang dengan Jimny tapi menginginkan akomodasi yang lebih memadahi.

Autos.id – Suzuki Jimny JB74 merupakan salah satu mobil off-road yang saat awal kehadirannya benar-benar menyita perhatian. Namun salah satu permasalahan yang melanda Suzuki Jimny generasi JB74 ini adalah antrian inden yang sangat panjang. Kabarnya tahun depan, Maruti Suzuki India akan segera meluncurkan versi 5 pintu dari mobil off-road legendaris ini.

Nantinya Suzuki Jimny 5 pintu ini akan langsung di rakit di pabrik Maruti Suzuki India serta akan diekspor ke beberapa negara lainnya.

Suzuki Jimny Versi 5 Pintu Segera Meluncur Tahun Depan, Rakitan Dari India

Siap Diproduksi Tahun Depan Di India

Seperti yang dilasnir Cartoq, Suzuki Jimny versi 5 pintu akan menggunakan kandungan lokal India mencapai 70%. Implementasi ini bahkan sudah dimulai semenjak versi 3 pintu dari Suzuki Jimny JB74 ini mulai di produksi di pabrik Guragaon, India pada Januari tahun lalu. Bahkan Maruti Suzuki sendiri menargetkan produksi hingga 75.000 unit untuk Suzuki Jimny JB74 ini yang ditargetkan dimulai pada awal tahun depan.

Seperti yang diketahui, salah satu masalah yang menyebabkan inden panjang Suzuki Jimny JB74 adalah mobil ini sebelumnya hanya diproduksi di pabrik Suzuki Kosai Plant di Prefektur Shizuoka, Jepang. Dengan kapasitas produksi yang terbatas dan permintaan yang membludak di seluruh dunia, termasuk Indonesia, membuat antrian inden Jimny JB74 versi 3 pintu juga tidak bisa terhindarkan.

Hadirnya Suzuki Jimny JB74 dengan konfigurasi 5 pintu juga menjadi salah satu jawaban Suzuki kepada para konsumen yang senang Jimny tetapi ingin mendapatkan fleksibilitas akomodasi penumpang dan barang. Suzuki menyebut beberapa negara seperti India mengharapkan hadirnya Jimny dengan konfigurasi 5 pintu tersebut.

Suzuki Jimny Versi 5 Pintu Segera Meluncur Tahun Depan, Rakitan Dari India

Suzuki sendiri bahkan sudah merencankan vversi 5 pintu dari Jimny JB74 ini masuk ke jalur produksi pada bulan Mei 2022 ini. Namun karena ekonomi yang masih terganggu serta krisis chip semikonduktor, membuat rencana ini harus tertunda hingga awal tahun depan.

Untuk versi 5 pintu dari Jimny JB74 ini, Suzuki tidak akan memberikan ubahan sasis dan platform yang signifikan dibandingkan versi 3 pintu. Tetapi dengan adanya 2 tambahan pintu serta kursi baris kedua yang sedikit lebih besar, membuat Suuzuki akan membutuhkan rekayasa dan profil ulang bentuk body dari versi 3 pintu.

Berbicara mengenai mesin, nampaknya masih akan menggunakan mesin yang sama dengan versi 3 pintunya. Mesin dengan kode K15B berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, yang menghasilkan tenaga 100 Hp dan torsi 130 Nm masih akan dipertahankan. Selain itu tentunya penggerak 4×4 atau yang Suzuki sebut sebagai All-Grip juga akan tetap dipertahankan dengan 2 pilihan transmisi yaitu 5 speed manual dan 4 speed otomatis.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki Grand Vitrara sendiri merupakan kembaran dari Toyota Hyryder di pasar India dan kini masuk ke segmen compact croosover. Autos.id – Setelah sempat mengeluarkan...

Berita Otomotif

Suzuki Grand Vitara 2022 ini akan sharing platform dan menjadi kembaran dari Toyota Urban Cruiser Hyryder yang sebelumnya sudah diperkenalkan terlebih dulu di India....

Mobil

Rencananya versi 5 pintu dari Suzuki Jimny JB74 ini akan diperkenalkan antara akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023 mendatang. Autos.id – Seperti yang...

Berita Otomotif

Nantinya produk kerjasama Toyota dan Suzuki yang hadir di India ini akan masuk kelas compact SUV melawan beberapa nama seperti Hyundai Creta dan Kia...