Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Spesifikasi Motor untuk Ujian SIM C1

Hunter Scrambler SK500 yang akan dipakai untuk ujian SIM C1.
Hunter Scrambler SK500 yang akan dipakai untuk ujian SIM C1. (Sumber: Media Sosial)

Hunter Scrambler SK500 kabarnya akan menjadi motor untuk ujian SIM C1 di Indonesia.

Autos.id – Pihak kepolisian akan menggunakan motor Hunter Scrambler SK500 untuk ujian praktik SIM C1. Namun menurut Direktur Registrasi dan Identifikasi Korps Lalu Lintas Polri, Brigjen Yusri Yunus, jumlah unit motor yang tersedia masih terbatas, yaitu 32 unit saja.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan bahwa model moge yang akan digunakan untuk ujian praktik SIM C1 sedang dikirim menggunakan truk towing. Dari gambar tersebut, dapat dilihat bahwa motor tersebut sudah dibalut dengan livery khusus berwarna putih biru dan dilengkapi dengan logo Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di sisi bodi panel.

Kemudian gambar tersebut juga menunjukkan adanya tulisan ‘Praktek Uji SIM C-1’ yang menandakan bahwa motor yang dikirim tersebut akan digunakan untuk ujian SIM C1.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi Scrambler SK500 sebagai motor ujian praktik SIM C1?

Hunter Scrambler SK500 untuk ujian SIM C1.

Hunter Scrambler SK500 untuk ujian SIM C1. (Sumber: Huntermotorcycles)

Spesifikasi Motor Ujian Praktik SIM C1

Diambil dari laman resmi Hunter Motorcycles Indonesia, SK500 Scrambler tersedia dengan mesin 471 cc, 2-silinder, 4-tak, 8-katup, pendingin cairan, dan sistem injeksi bahan bakar. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 48 Hp dan torsi 44 Nm. Tenaga tersebut kemudian diteruskan ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan.

Untuk menyeimbangkan performa, sistem rem depan sudah dilengkapi dengan cakram ganda 300 mm. Sementara di belakang menggunakan cakram tunggal 240 mm. Seluruh roda sudah tersedia fitur pengereman ABS dari Nissin.

Dimensi motor ini memiliki panjang 2.156 m, lebar 850 mm, dan tinggi 1.175 mm. Tinggi jok berada di 820 mm, jarak sumbu roda 1.479 mm, jarak terendah ke tanah 230 mm, dan berat motor 178 kg. Sementara tangki bensin memiliki volume 21 liter dengan klaim konsumsi rata-rata BBM 25 km/liter.

Mesin Hunter Scrambler SK500.

Mesin Hunter Scrambler SK500. (Sumber: Huntermotorcycles)

Fitur Hunter Scrambler SK500

Sebagai motor kelas menengah, fitur yang punya oleh Hunter Scrambler SK500 cukup standar. Selain penerangan full LED, motor ini lengkapi dengan panel meter TFT yang cukup informatif. Ada juga pengaturan untuk mematikan fungsi ABS pada kedua roda. Namun sayang, motor ini belum lengkap dengan fitur Power Modes atau Traction Control.

Panel Hunter Scrambler SK500.

Panel Hunter Scrambler SK500. (Sumber: Huntermotorcycles)

Apakah pasarkan Secara Massal?

Menurut laman resmi Hunter Motorcycles Indonesia, model Scrambler SK500 yang bakal jadi sebagai tunggangan uji SIM C1 pasarkan dengan harga retail Rp151.590.000, namun jika membeli dengan status OTR nantinya bakal menawarkan dengan harga Rp166.750.000.

 

 

Sumber: Hunter Motorcycles Indonesia, Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Inilah detail spesifikasi, fitur, dan harga Peugeot 2008 tahun 2024. Autos.id – Peugeot 2008 hadir dengan desain yang menarik dan fitur-fitur canggih yang diharapkan...

Modifikasi

Bagi para pemilik motor, mungkin masih banyak yang bingung apa perbedaan antara Bore Up dan Stroke Up. Autos.id – Pengembangan performa motor adalah salah...

Berita Otomotif

Last updated on 12 Januari, 2024 Salah satu bagian penting pada sepeda motor adalah kelistrikan, dimana ini mempengaruhi kinerja motor. Autos.id – Sepeda motor...

Berita Otomotif

Papio XO-1 menampilkan keunikan yang khusus, dengan MForce Indonesia sebagai pihak resmi yang meluncurkannya. Autos.id – Para produsen sepeda motor saat ini menawarkan berbagai...

error: Content is protected !!