Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Simak Daftar Mobil Harga Rp150 Juta ke Atas yang Harus Pakai Pertamax

Ilustrasi mengisi BBM.
Ilustrasi mengisi BBM.

Dengan banyak kabar tentang naiknya harga BBM, simak artikel ini tentang daftar mobil yang harus memakai Pertamax.

Autos.id – Beberapa jenis mobil yang masih memakai BBM jenis Pertalite sedang menjadi sorotan karena dianggap tidak berhak. Mengenai hal itu, Saleh Abdurrahman selaku Anggota Komite Badan Penyalur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengatakan bahwa jenis mobil yang seharga Rp150 juta ke seharusnya mengisi BBM non-subsidi sejenis Pertamax series.

“Kalau kita bicara Pertalite kita lihat sendiri di lapangan bagaimana mobil-mobil yang mewah atau mobil kelas di atas 1.500 cc itu mengkonsumsi Pertalite. Nah ini tentu kalau saudara saudara-saudara kita bisa membeli mobil di atas 200 juta, 150 juta itu semestinya bisa membeli BBM nonsubsidi,” kata Saleh Abdurrahman dalam sebuah tayangan video.

Memang jenis mobil Rp150 juta ke atas mendominasi penjualan mobil di Indonesia. Model yang dihadirkan dengan harga Rp150-Rp200 jutaan yang laris manis seperti LCGC dan juga Low MPV. Namun tidak semua jenis mobil itu cocok memakai Pertalite.

Toyota Agya

Toyota Agya

Sebagai contoh, masih ada tiga pabrikan yang menghadirkan mobil LCGC dengan rentang harga Rp150-Rp200 jutaan, dimana terdapat lima model yaitu Toyota Agya, Toyota Calya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, dan Honda Brio Satya.

Yang paling murah dari model-model yang disebutkan di atas adalah Daihatsu Ayla 1.0 D yang dibanderol Rp110 juta, sedangkan Honda Brio Satya CVT jadi yang termahal dengan banderol Rp186,4 juta.

Perlu diketahui juga bahwa BBM yang direkomendasikan untuk mobil LCGC adalah RON 92, dimana kompresi mesin LCGC di atas 10:1. Bahkan rekomendasi itu terdapat dalam Peraturan Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi tinggi nomor 29/IUBIT/PER/9/2014.

Sementara untuk mobil Low MPV terdapat Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, hingga yang terbaru Hyundai Stargazer. Mobil-mobil tersebut memiliki rentang harga Rp200 juta-Rp300 jutaan.

Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer

Walaupun kapasitas mesinnya di bawah 1.500 cc, model-model mobil yang disebutkan di atas memakai BBM minimal RON 92. Sebagai contoh, Hyundai Stargazer diklaim memiliki rasio kompresi mesin 10,5:1 sehingga minimal memakai BBM RON 91.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Citroen C3 kabarnya akan masuk pasar Indonesia untuk bersaing dengan merek Renault dan Peugeot. Autos.id – Menurut kabar yang beredar, PT Indomobil Sukses Internasional...

Berita Otomotif

Pihak kepolisian sudah siap untuk mengawal jalannya KTT G20 di Bali dengan kendaraan yang ramah lingkungan. Autos.id – KTT G20 dijadwalkan digelar pada tanggal...

Tips

Perkembangan mobil listrik semakin pesat, tapi ada tips sebelum membeli kendaraan non-BBM tersebut. Autos.id – Di Indonesia, perkembangan mobil listrik semakin bagus karena tidak...

Rolls Royce

King Charles III yang baru saja naik takhta menggunakan Rolls-Royce Phantom IV yang langka. Autos.id – Setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II, Raja Charles III...