Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Setelah Mudik Lebaran, Perlukah Membawa Mobil Servis ke Bengkel?

Ilustrasi pulang mudik dari lebaran dengan menggunakan.
Ilustrasi pulang mudik dari lebaran dengan menggunakan. (Sumber: Tribun Palu)

Setelah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, ada banyak pertanyaan apakah masih perlu membawa mobil ke bengkel?

Autos.id – Untuk menjaga kondisi mobil tetap prima saat digunakan, merawat mobil merupakan hal yang wajib dilakukan. Terutama setelah melakukan perjalanan jauh, ada beberapa bagian yang perlu diperiksa agar mobil tetap terawasi dan terhindar dari kerusakan.

Namun, apakah perlu membawa mobil ke bengkel setelah melakukan perjalanan mudik?

Ilustrasi macet arus balik mudik pasca-lebaran.

Ilustrasi macet arus balik mudik pasca-lebaran. (Sumber: Bisnis)

Keputusan untuk membawa mobil ke bengkel setelah perjalanan mudik tergantung dari penggunaan mobil itu sendiri. Jika ada beberapa bagian dari mobil yang dirasa tidak prima selama perjalanan mudik, segera membawanya ke bengkel mobil.

Namun, jika mobil tetap terasa prima setelah perjalanan mudik, tidak perlu membawanya ke bengkel. Namun, tetap perlu melakukan pengecekan terutama bagi mobil yang tidak melakukan servis terlebih dahulu sebelum perjalanan mudik.

Beberapa bagian yang perlu diperiksa setelah perjalanan mudik antara lain cairan-cairan seperti oli mesin, oli rem, dan oli lainnya. Pada perjalanan jauh, mobil akan bekerja lebih berat, sehingga pelumas yang penting bagi mesin harus diperiksa.

Ilustrasi servis mobil setelah mudik lebaran.

Ilustrasi servis mobil setelah mudik lebaran. (Sumber: Liputan6)

Selain itu, cek juga bagian pengereman dan kopling, karena bagian ini sangat penting ketika melakukan perjalanan jauh, terutama ketika perjalanan mudik yang macet. Beberapa bagian juga dapat diperiksa secara mandiri.

Akan tetapi, jika ingin memperoleh pemeriksaan yang lebih detail dan baik, disarankan membawa mobil ke bengkel setelah perjalanan mudik yang cukup jauh, sehingga jika ada bagian yang rusak bisa segera diperbaiki.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!