Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Servis Mobil dan Tune Up Mobil, Apa Bedanya?

Ilustrasi servis mobil.
Ilustrasi servis mobil. (Sumber: Otoklik)

Mungkin sebagian pemilik mobil masih bingung apa bedanya antara servis mobil dan tune up mobil.

Autos.id – Merawat mobil secara berkala adalah hal yang sangat penting agar mesin dan suku cadangnya tidak mengalami masalah. Jika tidak, maka akan memakan biaya yang cukup besar jika sudah lewat masa garansi kendaraan.

Akan tetapi, jika kendaraan masih dalam masa garansi, maka biaya perawatan tersebut tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Ada dua jenis perawatan kendaraan yang perlu diketahui sebelum dilakukan. Secara umum, orang mengenal istilah “servis kendaraan” yang meliputi pembongkaran mesin dan penggantian suku cadang. Namun, sebenarnya terdapat dua jenis perawatan, yaitu “servis” dan “tune up”.

Servis mobil.

Servis mobil. (Sumber: Cintamobil)

Penjelasan Tentang Servis

Pada umumnya, servis kendaraan merupakan proses perawatan yang tidak terlalu dalam ke dalam mesin. Sehingga, waktu yang dibutuhkan untuk proses ini tidak terlalu lama. Biasanya, servis kendaraan dapat selesai dalam waktu satu hari.

Servis kendaraan sebaiknya dilakukan secara berkala, meliputi penggantian oli, membersihkan komponen mesin bagian luar, dan perbaikan pada komponen luar seperti roda dan rantai.

Frekuensi melakukan servis kendaraan tergantung pada tingkat mobilitas kendaraan. Jika Anda menggunakan mobil dengan tingkat mobilitas yang tinggi, dianjurkan untuk melakukan servis setiap 10.000 km. Namun, jika mobilitas Anda rendah, mobil sebaiknya diservis setiap enam bulan sekali.

 

Penjelasan Tentang Tune Up

Tune up adalah proses penyetelan ulang kendaraan yang mencakup semua komponen, mulai dari mesin hingga suku cadangnya. Proses ini biasanya dilakukan ketika mobil mengalami masalah serius, seperti mesin yang tidak mau hidup atau kerusakan berat akibat kecelakaan.

Proses tune up memakan waktu yang cukup lama karena melibatkan pembongkaran mesin dan komponen kendaraan yang cukup rumit. Proses ini meliputi pengaturan ulang mesin yang biasanya dilakukan di bengkel.

Meskipun tune up dikenal sebagai proses penyetelan ulang kendaraan, kinerja dan performa kendaraan dapat meningkat atau menurun. Performa kendaraan seharusnya meningkat apabila dilakukan di bengkel resmi yang menggunakan suku cadang asli. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan tune up di bengkel resmi.

Tune up mobil.

Tune up mobil. (Sumber: Auto2000)

Perbedaan Servis Mobil dan Tune Up Mobil

Perbedaan mendasar antara servis dan tune up adalah dalam lama proses dan juga komponen yang dikerjakan. Pada servis, perawatan dilakukan pada komponen luar kendaraan, sedangkan pada tune up lebih fokus pada penyetelan kinerja mesin dan komponen dalam mesin.

Untuk melakukan servis, mobil sebaiknya telah menempuh jarak 1000 kilometer menurut speedometer. Dari sisi biaya, servis seharusnya masih termasuk dalam garansi sehingga tidak akan dikenakan biaya tambahan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa masa garansi kendaraan Anda.

Sedangkan untuk tune up, perlu dilakukan segera saat mobil mengalami masalah pada mesin yang menyebabkan rasa tidak nyaman saat berkendara. Hal ini juga menunjukkan bahwa mobil Anda sudah lama tidak mendapatkan perawatan. Melakukan penyetelan ulang adalah solusi agar kendaraan tidak menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Kecelakaan biasanya terjadi karena rem blong dan mesin tiba-tiba mati di tengah perjalanan. Oleh karena itu, jika mobil sudah terasa tidak nyaman dan bermasalah, tune up sebaiknya segera dilakukan.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Modifikasi

Selalu ada hal menarik dan unik dari mobil era 90-an, termasuk modifikasinya. Autos.id – Mobil produksi tahun 1990-an memiliki pesona klasik yang tak tergantikan....

Modifikasi

Last updated on 29 Mei, 2023 Membahas modifikasi mobil tidak ada habisnya, namun ada tips yang perlu disimak bagi para pemula. Autos.id – Modifikasi...

Ferrari

Ferrari adalah mobil mewah yang memiliki performa tinggi, di mana hanya segelintir orang yang mampu membelinya. Autos.id – Mobil Ferrari memang terlihat sangat mewah...

Tips

Pada setiap unit mobil pasti terdapat dashboard yang memiliki fungsi penting. Autos.id – Salah satu komponen penting dalam sebuah mobil adalah lampu indikator yang...