Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Selamat Datang Pertamina Dexlite

Jakarta, Autos.id – Kabar gembira bagi pengguna kendaraan diesel karena PT Pertamina (Persero) berniat untuk meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru untuk kendaraan bermesin diesel di Indonesia yakni Pertamina Dexlite.

BBM yang akan mulai tersedia di pasar retail pada 15 April 2016 itu memiliki kualitas lebih baik dibanding Solar namun di bawah Pertamina Dex. Dexlite akan memiliki cetane number (RON) 51 atau lebih rendah daripada Pertamina Dex yang memiliki angka RON 53 namun lebih baik dibanding Solar bersubsidi dengan nilai RON 48.

Sebelum diberi nama Dexlite, Pertamina ingin menggunakan nama Solarlite untuk produk baru solar ini. Namun merek dagang yang ingin digunakan Pertamina untuk jenis solar ini ternyata telah digunakan oleh produk lain, sehingga nama Dexlite menggantikan Solarlite.

Peluncuran jenis baru BBM ini bertujuan untuk menekan konsumsi BBM Solar bersubsidi dan sebagai upaya Pertamina memberikan bahan bakar berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau untuk kendaraan bermesin diesel di Indonesia.

Wianda Pusponegoro, VP Corporate Communication Pertamina Persero mengatakan harga perdana yang ditetapkan untuk Pertamina Dexlite yakni Rp 6.750 per liter dan siap dipasarkan di seluruh SPBU Pertamina. Wianda juga menjelaskan Pertamina selain di SPBU Jabodetabek juga akan mulai melakukan market test Pertamina Dexlite bertahap di 33 SPBU wilayah lain.

Setelah Pertalite Kini Pertamina Dexlite

Setelah Pertalite Kini Pertamina Dexlite

Tahap I akan didistribusikan di Pulau Jawa, Mei mendatang, Tahap II Juni di Sumatera Utara dan Kalimantan, dan Tahap III Agustus di Sumatera Selatan dan Sulawesi.

Pertamina yakin produk baru ini akan mendapat sambutan hangat dari para pengguna mesin diesel karena BBM baru ini lebih murah dibanding Pertamina Dex yang dijual Rp 8.600 per liter. Pertamina Dexlite ada di tengah antara harga Pertamina Dex dan Solar bersubsidi yang kini harga retailnya dipatok Rp 5.150 per liter.

Dalam tahap awal, lanjut Winda, Pertamina Dexlite ditargetkan untuk menyasar untuk konsumen yang selama ini masih menggunakan Solar bersubsidi. Karena menurut Winda, saat ini mobil-mobil diesel modern sudah menuntut kualitas bahan bakar dengan oktan tinggi.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...