Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Selain S-Presso, Ternyata Deretan Mobil Ini Tidak Memiliki Tuas Transmisi ‘P’

Suzuki S-Presso
Suzuki S-Presso

S-Presso besutan Suzuki tidak memiliki tuas transmisi ‘P’, dan ternyata ada mobil-mobil lain yang serupa.

Autos.id – Semua pengemudi pasti memahami bahwa tuas transmisi pada mobil memiliki sejumlah fungsi. Sebagai contoh, ‘P’ digunakan untuk parkir, ‘R’ untuk mundur, kemudian ‘N’ untuk menetralkan gigi, ‘D’ yang berarti Drive dan ada angka-angka yang menjadi tanda posisi gigi.

Namun hal-hal semacam itu tidak ada pada mobil dua pedal yang diluncurkan Suzuki dengan transmisi Auto Gear Shift (AGS). Teknologi itu pun dimiliki S-Presso, tapi siapa yang menyangka kalau mobil besutan Suzuki itu bukanlah mobil pertama yang tidak memiliki ‘P’ pada tuas transmisi.

Transmisi AGS

Transmisi AGS

Dilansir dari Maruti Suzuki, teknologi yang dimiliki S-Presso juga ada pada Ignis, Swift, WagonR, Celerio, Dzire dan Baleno di India.

Ketiadaan tanda ‘P’ pada transmisi AGS Suzuki bukan berarti mobil akan kesulitan saat diparkir karena pengemudi hanya perlu mengalihkan tuas transmisi ke posisi Netral dan menarik rem tangan.

Diklaim juga bahwa transmisi AGS tersebut memiliki sejumlah keuntungan pada mobil manual maupun matic dalam satu sistem, yang dianggap cocok untuk menyesuaikan kebutuhan pengemudi di India.

Kelebihan dari transmisi yang diperkenalkan pertama kali pada 2014 lalu itu adalah Dual-Driving Mode, kemudahan berkendara, efisien bahan bakar dan juga performa.

Dengan Dual-Driving Mode, pengemudi bisa menentukan manual atau matic secar fleksibel, dimana mode matic bisa memberi kenyamanan, sedangkan mode manual dapat mengontrol gigi sesuai kondisi jalan lewat tanda plus ( + ) dan minus ( – ) pada tuas transmisi.

Deretan mobil besutan Suzuki yang tidak memiliki transmisi tuas 'P'

Deretan mobil besutan Suzuki yang tidak memiliki transmisi tuas ‘P’

Kemudian adanya mode Creep bisa mempermudah pengemudi, dimana mobil akan secara otomatis berjalan pada kecepatan rendah saat melepas pedal rem.

Yang cukup menarik, terdapat fungsi Kick-Down pada transmisi AGS dimana gigi rendah dapat disesuaikan untuk memberikan akselerasi lebih baik. Terakhir, AGS juga membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Citroen C3 kabarnya akan masuk pasar Indonesia untuk bersaing dengan merek Renault dan Peugeot. Autos.id – Menurut kabar yang beredar, PT Indomobil Sukses Internasional...

Berita Otomotif

Pihak kepolisian sudah siap untuk mengawal jalannya KTT G20 di Bali dengan kendaraan yang ramah lingkungan. Autos.id – KTT G20 dijadwalkan digelar pada tanggal...

Tips

Perkembangan mobil listrik semakin pesat, tapi ada tips sebelum membeli kendaraan non-BBM tersebut. Autos.id – Di Indonesia, perkembangan mobil listrik semakin bagus karena tidak...

Rolls Royce

King Charles III yang baru saja naik takhta menggunakan Rolls-Royce Phantom IV yang langka. Autos.id – Setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II, Raja Charles III...