Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Recall Chrysler Pacifica Hybrid Plug-in, Karena Resiko Terbakar

Mobil Hybrid plug-in memiliki keunggulan dibandingkan mobil hybrid biasa mereka bahwa mereka dapat diisi dan digerakkan dengan listrik eksternal dan berbagai macam jenis listrik jika diinginkan.

Autos.id  –  Chrysler Pacifica adalah salah satu kendaraan hybrid Plug-in, namun para pemilik sekarang disarankan untuk tidak menggunakan minivan mereka untuk berkendara, karena model tersebut sedang ditarik kembali karena kebakaran yang tidak terduga, menurut Consumer Reports.

Chrysler telah menerima 12 laporan tentang Pacificas yang terbakar saat diparkir, dan sedang melakukan upaya penarikan untuk mengatasi masalah tersebut.

Chrysler telah menyarankan bahwa minivan Pacifica model 2017 dan 2018 tidak boleh dicolokkan sementara untuk mengisi daya sampai setelah perbaikan penarikan selesai. Demikian pula dengan penarikan kembali baterai Chevrolet Bolt, Chrysler menyarankan pemilik untuk tidak parkir di dekat kendaraan atau bangunan lain untuk risiko kebakaran yang berbahaya.

Chrysler Pacifica Hyrbid 2018

Penarikan tersebut mempengaruhi 19.808 Chrysler Pacifica Hybrids yang dibuat dari 12 Agustus 2016 hingga 7 Agustus 2018 untuk model tahun 2017 dan 2018. Pemilik yang bersangkutan dapat memeriksa nomor seri mereka di situs web penarikan dari Badan Lalu Lintas Amerika.

Chrysler masih menyelidiki masalah ini dan sedang mengkonfirmasi penyebab kebakaran. Khususnya, tidak mengisi daya Pacifica mungkin juga tidak cukup untuk mencegah kebakaran. Dari 12 kendaraan yang menjadi perhatian, delapan sedang mengisi daya pada saat mereka terbakar, sementara empat lainnya hanya dimatikan dan diparkir. Menurut Chrysler, sejauh ini tidak ada korban luka akibat kebakaran tersebut. Sementara penyebabnya masih belum diketahui, Chrysler akan menghubungi pelanggan untuk menjadwalkan perbaikan gratis saat penarikan kembali jika semuanya sudah selesai.

Bukan yang Pertama

Ini bukan penarikan pertama untuk Pacifica Hybrid, atau yang pertama untuk kebakaran tak terduga. Pemilik juga diperingatkan untuk memarkir kendaraan mereka di luar pada tahun 2020, karena koneksi yang buruk ke baterai 12 volt sehingga dapat menyebabkan kebakaran. Model Pacifica lainnya juga menghadapi masalah dengan kasus mogok tiba-tiba dan berimbas penarikan pada tahun 2017.

Terlepas dari penarikan ini, kebakaran mobil listrik bukanlah krisis besar, melainkan masalah skala kecil yang sedang diperbaiki oleh beberapa perusahaan pemproduksi mobil Hybrid. Sebuah studi baru-baru ini yang menganalisis data dari agen federal AS menunjukkan bahwa mobil listrik lebih kecil kemungkinannya untuk terbakar daripada saudara-saudaranya yang bermesin pembakaran. Anehnya, data juga menunjukkan bahwa mobil hybrid lebih mungkin terbakar daripada kendaraan listrik dan bensin.

Karena lebih banyak mobil hybrid dan listrik yang dijual, secara alami akan ada peningkatan penarikan untuk kendaraan tersebut. Namun, kebakaran yang tidak terduga pada umumnya merupakan berita yang tentunya tidak diinginkan bagi pelanggan. Pada akhirnyapun, para pelanngan akan juga menghindari merek-merek mobil yang tidak dapat memproduksi kendaraan yang aman dari kebakaran.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Chrysler jelas bukan perusahaan mobil seperti yang dulu. Sejak bergabung dengan kelompok Fiat beberapa tahun yang lalu, lini produsen mobil tersebut telah menyusut ke...

Jeep

Sekitar 1,4 juta unit Jeep, Dodge, termasuk Chrysler terindikasi mengalami masalah pada bagian airbags yang tidak mengembang ketika terjadi kecelakaan. California, Autos.id – Fiat...

Berita Otomotif

Fiat Chrysler Automobiles (FCA) tersandung skandal emisi gas buang karena dinilai menutupi kadar emisi dalam pengujian di Jerman. Jerman, Autos.id – Kasus kecurangan data...

Berita Otomotif

Fiat Chrysler Automobiles (FCA) berniat berhenti menggunakan inflator airbag Takata karena telah terbukti bisa membahayakan penumpang di dalam kendaraan. Turin, Autos.id – Banyaknya masalah...