PO Gunung Harta Solutions (GHTS) baru saja meluncurkan 5 unit bus double decker atau bus tingkat yang dibuat oleh Karoseri Adiputro.
Autos.id – PO Gunung Harta Solutions (GHTS) baru saja meluncurkan 5 unit bus double decker atau bus tingkat yang diproduksi oleh Karoseri Adiputro. Kelima bus tersebut menggunakan sasis terbaru dari Volvo,yaitu B11R Euro 5.
Eksterior dan Interior
Berdasarkan akun Instagram @adiputro_official, terlihat bus baru PO Gunung Harta yang menggunakan bodi Adiputro Jetbus 3+ SDD (Double Decker) dengan desain selendang khas Voyager. Lampu depannya sudah menggunakan proyektor dan lampu belakangnya dilengkapi teknologi LED.
Desain eksteriornya pun masih tetap khas PO Gunung Harta dengan warna dasar hijau muda yang manis dan aksen livery yang menggabungkan warna kuning, biru, dan merah. Di bagian samping dan belakang, terdapat tulisan GHTS yang merupakan kependekan dari Gunung Harta Transport Solutions.
Selain itu, pada bagian samping belakang bus, terdapat tulisan Volvo B11R 450 i-Shift, yang berarti bus tersebut memiliki tenaga hingga 450 dk dan dilengkapi dengan sistem transmisi matic atau otomatis. Bus baru Volvo ini juga sudah mengikuti regulasi emisi Euro5.
Jika dilihat dari bagian interiornya, bus PO Gunung Harta ini memiliki tampilan yang mewah dengan material wood panel. Di bagian bawah, kelas sleeper bus atau yang dikenal dengan Grand Luxury, sedangkan di atasnya terdapat kelas Grand Platinum dengan format kursi 2+2 dan jumlah kursi sebanyak 30.
Fitur
Sebagai bus kelas premium, bus PO Gunung Harta dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah. Kursinya lebar dan nyaman hasil karya Aldilla, dilengkapi dengan penutup bagasi seperti di pesawat, hand rest, foot rest, sabuk pengaman, dan layar AVOD (Audio Video On Demand) untuk hiburan. Bus ini juga dilengkapi dengan fasilitas toilet.
Spesifikasi
Dalam hal spesifikasi, Volvo B11R Euro 5 dilengkapi dengan mesin Volvo D11 berkapasitas 11.000 cc dan 6-silinder segaris. Mesin ini menghasilkan tenaga tertinggi hingga 450 dk pada putaran 1.600-1.900 rpm dengan torsi 2.150 Nm pada putaran 950-1.400 rpm.
Tenaga yang dihasilkan lebih besar dari Volvo B11R sebelumnya yang masih menggunakan standar Euro 3. Selain itu, mesin baru Volvo D11 ini dilengkapi dengan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk memenuhi standar emisi Euro 5.
Sasis yang kuat ini didukung dengan transmisi Volvo I-Shift AT2412D 12-percepatan yang dilengkapi dengan teknologi automated gear-changing system atau automatic transmission ZF series, yaitu sistem transmisi manual yang diotomatisasi.
Sasis B11R dapat dipasangkan dengan bodi berukuran 13,5 m dan GVW 24 ton. Kapasitas tangki BBM B11R yang besar mencapai 450 liter dan AdBlue sebesar 48 liter dengan konsumsi AdBlue dan solar sekitar 5-6%.
Sumber: Instagram @adiputro_official
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.