Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Pertamina Siap Produksi Bahan Bakar Euro IV

Tes Pertamax Turbo

Last updated on 6 Juni, 2024

PT Pertamina (Persero) siap jika diperintahkan oleh pemerintah menyediakan bahan bakar yang berstandar emisi gas buang Euro IV.

Jakarta, Autos.id – PT Pertamina (Persero), saat ini tengah mempersiapkan diri untuk menghadirkan produk Pertamax Series dengan kualitas yang memenuhi kebijakan Euro IV Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Afandi, President Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero) mengatakan nantinya tidak ada produk baru yang dibuat untuk memenuhi standar Euro IV tetapi menambahkan dua item kandungan sesuai aturan dengan standar RON 92 dan sulfur konten 50 ppm yang diramu dalam Pertamax Series dan Dexlite.

“Tidak ada produk baru yang dibuat untuk memenuhi standar Euro IV tetapi menambahkan dua item kandungan sesuai aturan dengan standar RON 92 dan sulfur konten 50 ppm”

“Sekarang pemerintah minta untuk Euro IV ya kita siapkan. Tentu kita tidak ada varian baru tetapi yang sudah ada kita tingkatkan nantinya di Pertamax Turbo dan Pertamina Dex,” kata Afandi di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Baca juga: Mengenal Pertamina Dex dan Dexlite

Pertamax Turbo RON 98

Pertamina mengaku siap dengan produk berstandar Euro IV karena sebagian besar produk Pertamax Series diproduksi di kilang Pertamina sendiri. Meski demikian jika permintaannya terus meningkat dan semuanya harus menggunakan Pertamax atau Dexlite sesuai standar dari pemerintah maka Pertamina harus menunggu kilang baru mereka selesai dibangun.

“Untuk Pertamax Turbo dan Dex kita memang produksi di kilang kita sendiri tapi memang kita lagi kalkulasi untuk menyikapi kenaikan konsumsi bila meningkat setelah satu setengah tahun kebijakan standar emisi gas buang tersebut mulai diberlakukan sehingga kita sementara mempercepat pembangunan kilang minyak yang baru. Tahun ini mungkin kita mulai,” bebernya.

Terkait harga yang akan dipatok jika untuk bahan bakar dengan RON yang lebih tinggi dan kandungan sulfur yang lebih rendah, Afandi belum bisa memastikannya karena saat ini mereka masih melakukan kalkulasi terkait dengan produksi. “Kita belum bisa pastikan harga untuk produk yang akan kita berikan untuk Euro IV, karena kita masih kalkulasi dengan bagaimana kita memproduksinya di kilang kita sendiri,” tukasnya.

SPBU Pertamina

Untuk diketahui, secara internasional harga bahan bakar dengan spesifikasi standa emisi gas buang yang lebih hijau itu lebih mahal Rp 200-300 dari harga Pertamax Turbo di Indonesia saat ini. Namun hal ini tidak menjadi standar baku untuk Pertamina menyikapi produk yang akan menyentuh standar Euro IV.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Last updated on 31 Mei, 2024 BBM atau bahan bakar minyak menjadi bagian penting bagi masyarakat yang memiliki kendaraan, namun apa saja warnanya? Autos.id...

Berita Otomotif

Pembedaan warna diberikan dengan warna khusus tanpa harus mengurangi kadar dari bahan bakar tersebut. Jakarta,  Autos.id  –   Di Indonesia, banyak sekali jenis Bahan Bakar...

Berita Otomotif

Pertamina menjawab desas desus tentang akan dihapusnya premium Jakarta, Autos.id  – Menjawab informasi yang beredar di media mengenai penghapusan Premium, PT Pertamina (Persero) menegaskan...

Berita Otomotif

Program Berbagi Berkah MyPertamina 2020 yang sebelumnya berakhir pada Desember 2020 diperpanjang hingga Juli 2021 Jakarta, Autos.id  – Program Berbagi Berkah MyPertamina (BBM) 2020...

error: Content is protected !!