Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Wajib Tahu! Inilah Berbagai Warna BBM di Pertamina

Warna BBM di Pertamina.
Warna BBM di Pertamina. (Sumber; Pertamina)

Last updated on 1 Maret, 2024

BBM atau bahan bakar minyak menjadi bagian penting bagi masyarakat yang memiliki kendaraan, namun apa saja warnanya?

Autos.id – Pertamina, sebagai salah satu penyedia utama bahan bakar minyak alias BBM di Indonesia, menandai jenis-jenis BBM dengan kode warna tertentu. Pemahaman tentang warna-warna tersebut penting karena memberikan informasi penting tentang jenis BBM yang digunakan.

Pemberian warna pada BBM di Pertamina tidak hanya berfungsi sebagai pembeda antara BBM bersubsidi dan nonsubsidi, tetapi juga mempermudah operasi lapangan. Penting untuk memastikan kesesuaian warna bensin eceran yang dibeli, karena perbedaan warna dapat mengindikasikan adanya oplosan bahan lain.

Meskipun pemberian warna tidak diwajibkan di semua SPBU, hal ini mengikuti kebijakan masing-masing perusahaan. Yang patut ditekankan, warna BBM tidak memengaruhi kinerja mesin.

 

Warna-Warna BBM di Pertamina

SPBU Pertamina.

SPBU Pertamina. (Sumber; MyPertamina)

BBM yang diproduksi oleh kilang Pertamina memiliki perbedaan warna yang menarik. Ingin tahu warna-warna BBM Pertamina? Simak di bawah ini.

Simak artikel tentang Bensin Lainnya

1. Warna BBM Pertalite

Warna BBM Pertalite.

Warna BBM Pertalite. (Sumber; Wahana Honda)

Pertalite adalah jenis BBM dari Pertamina dengan oktan 90. Cocok untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin antara 9:1 hingga 10:1, khususnya mobil keluaran tahun lama yang memiliki kompresi rendah.

Harga Pertalite yang terjangkau, hanya Rp10.000 per liter, membuatnya menjadi pilihan banyak orang. Di Indonesia, Pertalite masih mendapatkan subsidi pemerintah sehingga harganya lebih ekonomis.

Warna BBM Pertalite adalah hijau.

2. Warna BBM Pertamax

Warna BBM Pertamax.

Warna BBM Pertamax. (Sumber; Wahana Honda)

Pertamax, dengan oktan 92, lebih tinggi 2 tingkat dibanding Pertalite. BBM Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan dengan kompresi 10:1 hingga 11:1. Pertamax memiliki keunggulan membersihkan kotoran dalam mesin, melindungi mesin dari karat, dan menghasilkan emisi karbon yang lebih sedikit, menjadikannya ramah lingkungan.

Warna BBM Pertamax adalah biru.

Baca juga: Mau Beli Bensin Eceran? Ini Ciri Bensin Oplosan (palsu) dan Asli

3. Warna BBM Pertamax Turbo

Warna BBM Pertamax Turbo.

Warna BBM Pertamax Turbo. (Sumber; Wahana Honda)

Pertamax Turbo memiliki oktan tertinggi, yaitu 98. Cocok untuk kendaraan dengan kompresi 11:1 hingga 13:1, khususnya mobil performa tinggi dan balap. Keunggulan Pertamax Turbo termasuk pembakaran sempurna dan akselerasi lebih cepat.

Warna BBM Pertamax Turbo adalah merah.

4. Warna BBM Solar/Biosolar

Warna BBM Solar-Biosolar.

Warna BBM Solar-Biosolar. (Sumber; Dunia Energi)

Selain untuk kendaraan bermesin bensin, Pertamina juga menyediakan bahan bakar untuk mesin diesel yang kini disebut Biosolar. Untuk kendaraan diesel, nilai Cetane Number (CN) yang tinggi menandakan kualitas pembakaran yang baik. Biosolar memiliki CN 48 dan kandungan sulfur sebesar 2.500 ppm.

Warna BBM Solar/Biosolar adalah kuning kecoklatan.

5. Warna BBM Dexlite

Warna BBM Dexlite.

Warna BBM Dexlite. (Sumber; Twitter @pertamina)

Dexlite adalah BBM Pertamina untuk kendaraan diesel dengan CN 51. Kandungan sulfur maksimal 1200 ppm, membuatnya ramah lingkungan. Cocok untuk mobil dengan mesin diesel modern seperti Low SUV dan teknologi common rail.

Warna BBM Dexlite adalah hijau tua transparan.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Bio Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex untuk Mesin Diesel

6. Warna BBM Pertamina Dex

Warna BBM Pertamina Dex.

Warna BBM Pertamina Dex. (Sumber; Twitter @pertamina)

Pertamina Dex memiliki CN tertinggi, yaitu 53, dan kandungan sulfur kurang dari 300 ppm. Cocok untuk mobil diesel modern dengan sistem common rail. Keunggulannya termasuk responsif, tarikan ringan, hemat BBM, dan rendah emisi, sesuai standar Euro 4.

Warna BBM Pertamina Dex adalah hijau tua.

Baca juga: Gunakan Cairan Penambah Oktan? Apakah Aman?

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Berita Otomotif

Bagi pemilik bisnis yang butuh kendaraan operasional, tentu saja pick up irit BBM jadi pilihan utama. Autos.id – Mobil pick up menjadi pilihan utama...

Berita Otomotif

Dalam memilih mobil berukuran mungil tidak bisa sembarangan, terutama membahas iritnya penggunaan BBM. Autos.id – Pada masa kini, semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya efisiensi...

Berita Otomotif

Tidak hanya BBM dari Pertamina yang mengalami kenaikan harga, karena SPBU lainnya lakukan hal yang sama. Autos.id – Para penyedia layanan bahan bakar minyak...

Tips

Last updated on 29 Mei, 2024 Dikenal karena irit, ternyata ada penyebab tertentu yang membuat Toyota Calya jadi boros BBM. Autos.id – Toyota Calya...

error: Content is protected !!