Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Pertamina Latih Lulusan SMK Jadi Wirausaha Muda

Enduro Enterpreneurship Program

PT Pertamina Lubricants menyelenggarakan Enduro Enterpreneurship Program yang bertujuan membentuk wirausaha muda dari para lulusan SMK di Indonesia.

Jakarta, Autos.id – PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region III wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat mengajak para siswa dan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan otomotif untuk belajar berwirausaha.

Dengan program Enduro Enterpreneurship Program, kegiatan ini merupakan aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan mencetak wirausaha-wirausaha muda Indonesia. Pertamina akan memberikan pelatihan bagi siswa SMK untuk dapat membangun usaha mandiri setelah tamat sekolah.

“Ada 63 siswa dari 21 SMK di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang ikut dalam kegiatan ini. Para siswa akan dibagi jadi 21 team dan akan menjalani pelatigan softskill dan hardskill”

“Saat ini generasi muda Indonesia memang dituntut untuk bisa menjadi enterpreneur, karena jumlah lulusan sekolah sudah tidak lagi sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan,” buka Ibnu Prakoso, Vice President Sales & Support PT Pertamina Lubricants dalam paparannya di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Enduro Enterpreneurship Program

Ia juga menjelaskan ada 63 siswa dari 21 SMK di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang ikut dalam kegiatan ini. Para siswa akan dibagi jadi 21 team dan akan menjalani pelatigan softskill dan hardskill. Pelatihan akan dilaksanakan mulai 25 Oktober 2017 hingga 10 Januari 2018.

“Saya berpesan kepada para peserta, jadilah pakar di bidangnya, meskipun program ini ada semi kompetisi, tapi kami harapkan setelah program ini para siswa akan menjadi enterpreneur muda di Indonesia,” ucap Ibnu.

Enduro Enterpreneurship Program akan dilaksanakan dalam beberapa tahap. Pertama adalah masa inkubasi, yakni peserta akan diberikan pembekalan dan pelatihan softskill dari para mentor dan dari pohak PT Pertamina Lubricants. Peserta akan diberikan wawasan pelatihan kewirausahaan, bengkel yang aman dan ramah lingkungan, character building, creative thinking, sales and marketing, product knowledge, dan mengunjungi pabrik Pertamina di Jakarta.

Enduro Enterpreneurship Program

Tahap kedua yakni kompetisi dari para peserta setelah diberi tantangan membuatnide dan perencanaan bisnis. Nantinya Pertamina akan menyaring 5 tim dengan ide terbaik yang aelanjutnya akan menuju tahap ketiga yakni Bootcamp. Pada tahapan yang ketiga tersebut, peserta akan diberi pelatihan hardskill di Balai Latihan Kerja Induatri (BLKI) melalui pengalaman praktik kerja (magang) di bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants wilayah Jabodetabek.

Dalam tahap ini kelima tim akan diberi permodalan usaha bengkel mandiri, seperti peralatan bengkel, spareparts, pelumas dan sebagainya. Diharapkan modal ini bisa menciptakan bengkel baru sesuai mimpi dan ide masing-masing tim. Setelah itu masuk ketahap keempat yakni mentorship dalan perencanaan bisnis bengkel mandiri. Nantinya tim dengan peringkat terbaik akan diberi modal usaha untuk mendirikan Bengkel Enduro Express untuk hisa menghidupkan usaha bengkeln di sekolah yang sekaligus dapat menjadi lap praktik para peserta di sekolahnya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Aksesoris

Last updated on 28 April, 2022 Kegiatan “Yuk! Berbagi itu Indah” tahun ini merupakan kali ketiga setelah diluncurkan pertama kali pada tahun 2020 dan...

Berita Otomotif

Selain sudah diakui kualitas pelumasnya, Pertamina Lubricants juga menjadi penyedia lubricants solution lainnya Jakarta, Autos.id  –  Sudah cukup lama, saat pertama kali Pertamina lubricants...

Berita Otomotif

Last updated on 13 April, 2020 Pertamina menyediakan belasan wastafel untuk cuci tangan dan juga memberi bantuan desinfektan. Jakarta, Autos.id   – PT Pertamina Lubricants,...

Berita Otomotif

PT Pertamina Lubricants mendapat kehormatan untuk menjadi sponsor gold pada Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Maka itu, konsep yang matang pun sudah mereka siapkan...