Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Perbandingan Bus Indonesia dengan India

Ilustrasi bus melaju.
Ilustrasi bus melaju. (Sumber: Shutterstock)

Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang perbandingan bus yang ada di Indonesia dan India.

Autos.id – Bus masih menjadi pilihan transportasi darat yang populer di Indonesia dan India. Hal ini tidak mengherankan mengingat kedua negara ini memiliki populasi yang besar.

Meskipun demikian, terdapat beberapa perbedaan yang mencolok antara bus di Indonesia dan India. Berikut ini adalah beberapa perbedaan tersebut yang diambil dari berbagai sumber.

Bus di Indonesia.

Bus di Indonesia. (Sumber: iNews)

1. Sasis Bus

Di Indonesia, sasis bus masih didatangkan dari luar negeri seperti Mercedes-Benz, Scania, Volvo, dan Hino. Sementara itu, India dianggap lebih unggul dalam urusan sasis bus karena mereka memiliki kerangka buatan lokal, yaitu Tata.

Sasis bus buatan Tata memiliki spesifikasi standar yang aman dan nyaman. Regulasi yang cukup ketat juga diterapkan di India untuk mengeluarkan izin operasi bus, mengingat beban berat kerja bus.

Bus di India.

Bus di India. (Sumber: Tribun)

2. Kapasitas Penumpang Indonesia dengan India

Di Indonesia, tiket bus biasanya hanya dijual sesuai dengan jumlah kursi yang tersedia di dalam bus. Sistem kursi yang digunakan pada bus Indonesia biasanya adalah 2-2 atau 3-2 untuk kelas ekonomi, dengan menyesuaikan ruang yang tersedia di dalam bus.

Beberapa perusahaan bus juga menyediakan kursi 2-1 untuk kelas bisnis dan sleeper bus untuk kelas premium. Karena adanya regulasi yang cukup ketat, saat ini tidak ada perusahaan bus yang berani menjual tiket melebihi kapasitas kursi yang tersedia di dalam bus.

3. Sopir Bus

Sopir bus di Indonesia dan India memiliki kesamaan dalam mengutamakan kecepatan dan ketepatan waktu. Hal ini dilakukan untuk memenuhi target waktu atau memuaskan penumpang dari perusahaan.

Di sisi lain, untuk bus kelas eksekutif, kenyamanan menjadi hal utama. Di Indonesia, kecepatan maksimal bus dibatasi hingga 100 km per jam. Namun, di India yang terkenal dengan kemacetannya, sopir bus cenderung lebih agresif terutama di jam-jam sibuk.

4. Jarak Tempuh Indonesia dengan India

Bus merupakan salah satu mode transportasi yang harus memiliki izin trayek atau rute perjalanan yang diikuti. Meski sama-sama memiliki aturan tersebut, Indonesia dan India memiliki perbedaan dalam hal jarak tempuh.

Di Indonesia, perusahaan otobus (PO bus) dapat melayani trayek dengan jarak hampir 3.000 km. Contohnya, PO Rasa Sayang yang melayani rute Bima-Jakarta (PP) atau PO Putera Pelangi yang melayani rute Banda Aceh-Jakarta (PP) yang cukup jauh.

Sementara itu, di India, PO bus hanya melayani trayek paling jauh sekitar 1.000 km dan rata-rata hanya melayani di bawah 1.000 km. Trayek terjauh di India adalah rute New Delhi-Manali-Humachal Pradesh yang menempuh jarak sekitar 1.000 km.

Perbedaan tersebut bisa jadi dipengaruhi oleh luasnya wilayah dan kepadatan penduduk di masing-masing negara. Namun, bagaimanapun, aturan trayek yang ketat tetap diberlakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para penumpang.

TransJakarta.

TransJakarta. (Sumber: TransJakarta)

5. Bus Dalam Kota Indonesia dengan India

Indonesia memiliki layanan TransJakarta yang sangat memperhatikan kenyamanan dan keselamatan penumpang dengan menyediakan bus-bus premium seperti Mercedes-Benz, Scania, dan Volvo. Selain itu, kendaraan TransJakarta juga menggunakan bodi buatan lokal dari perusahaan karoseri dalam negeri.

TransJakarta terus meningkatkan pelayanannya dengan menghadirkan bus tingkat atau double decker yang dikhususkan untuk pariwisata dan bahkan telah memperkenalkan bus listrik sebagai angkutan feeder. Desainnya yang modern dan kenyamanannya yang menawan pasti memanjakan setiap penumpang. TransJakarta juga menawarkan layanan bus khusus untuk wanita guna memberikan kenyamanan lebih dan mencegah terjadinya pelecehan seksual.

Delhi Transport Corporation.

Delhi Transport Corporation. (Sumber: Tata Motors)

Sama seperti Indonesia, India juga memiliki layanan bus dalam kota seperti TransJakarta, namun dengan desain yang lebih sederhana. Delhi Transport Corporation (DTC) adalah perusahaan bus perkotaan terbesar di India yang menyediakan layanan di kota New Delhi sejak tahun 1948.

Mayoritas perusahaan bus tersebut menggunakan sasis dan bodi lokal, yaitu Tata. Hal unik di India adalah penumpang wanita dapat naik bus kota secara gratis.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

BYD

BYD Seal hadir di Indonesia untuk menambah lini mobil listrik dengan berbagai keunggulan. Autos.id – BYD Motor Indonesia (BMI) memperkenalkan BYD Seal sebagai salah...

Berita Otomotif

Last updated on 15 Maret, 2024 Inilah detail spesifikasi, fitur, dan harga Peugeot 2008 tahun 2024. Autos.id – Peugeot 2008 hadir dengan desain yang...

Berita Otomotif

Last updated on 15 Maret, 2024 Di Indonesia, tersedia 3 jenis konekto pengisian daya untuk mobil listrik, antara lain CCS2, CHAdeMO dan GB/T. Autos.id...

Berita Otomotif

Siap dipasarkan di Indonesia, spesifikasi Nissan Sakura EV sangat menarik dan jadi pesaing berat Wuling Air EV. Autos.id – Nissan Sakura telah resmi diluncurkan...

error: Content is protected !!