Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Deretan Mobil Listrik dengan Konektor CHAdeMO di Indonesia

Konektor pengisi daya mobil listrik tipe CHAdeMO.
Konektor pengisi daya mobil listrik tipe CHAdeMO. (Sumber; Freepik)

Last updated on 15 Maret, 2024

Di Indonesia, tersedia 3 jenis konekto pengisian daya untuk mobil listrik, antara lain CCS2, CHAdeMO dan GB/T.

Autos.id – CHAdeMo merupakan sistem pengisian yang dikembangkan oleh konsorsium perusahaan Tokyo Electric Power Company bersama lima produsen otomotif Jepang. Singkatan CHAdeMo berasal dari Charge de Move. Namun, dalam bahasa Jepang, terdapat ungkapan o CHA deMO ikaga desuka yang bermakna “Bagaimana kalau kita minum teh dulu?” merujuk pada pengalaman santai saat pengisian menggunakan CHAdeMo.

Colokan CHAdeMo berbentuk bulat dengan dua elemen konektor DC positif dan negatif serta dua lubang yang seakan kosong, yang sebenarnya berfungsi untuk mentransmisikan data apakah pengisian aman dilakukan. Sistem ini tidak akan mengalirkan arus jika ada masalah pada mobil, misalnya pada baterai. Komunikasi dilakukan melalui sensor kecil di dalam lubang kosong tersebut. CHAdeMo mampu mengisi daya hingga 400 kW dengan arus maksimal 400 ampere, tergantung pada kondisi yang ada.

 

Daftar Mobil Listrik Pengguna Konektor CHAdeMO di Indonesia

Di Indonesia, penggunaan mobil listrik semakin meningkat perlahan namun pasti. Umumnya, mobil listrik dari produsen Jepang dilengkapi dengan tipe konektor CHAdeMO, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Nissan Leaf

Nissan Leaf.

Nissan Leaf. (Sumber; Nissan)

Nissan Leaf merupakan salah satu mobil listrik yang menggunakan konektor CHAdeMO dan telah tersedia di Indonesia. Mobil ini menjadi pilihan utama bagi konsumen yang mencari mobil listrik dengan performa yang handal dan memiliki jangkauan yang cukup untuk penggunaan sehari-hari.

2.Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV.

Mitsubishi Outlander PHEV. (Sumber; Mitsubishi)

Mitsubishi Outlander PHEV juga termasuk dalam deretan mobil listrik yang menggunakan konektor CHAdeMO. Mobil ini merupakan plug-in hybrid yang memiliki kemampuan untuk menggunakan tenaga listrik dan bahan bakar konvensional, sehingga cocok untuk penggunaan jarak jauh dan di perkotaan.

Baca juga: Charger untuk Mobil Listrik, Apa Bedanya antara GB/T dan CCS 2?

3.Toyota Prius Plug-in Hybrid

Toyota Prius Plug-in Hybrid.

Toyota Prius Plug-in Hybrid. (Sumber: Toyota UK)

Toyota Prius Plug-in Hybrid adalah mobil listrik lainnya yang dilengkapi dengan konektor CHAdeMO dan telah tersedia di pasar Indonesia. Mobil ini menawarkan kombinasi antara penggunaan tenaga listrik dan bahan bakar konvensional, serta memiliki fitur-fitur canggih yang membuatnya menjadi pilihan menarik di segmennya.

4.Lexus UX

Lexus UX.

Lexus UX. (Sumber; Lexus)

Lexus UX juga menjadi salah satu opsi mobil listrik dengan konektor CHAdeMO yang dapat ditemui di Indonesia. Mobil ini menawarkan gaya desain yang mewah dan performa yang responsif, serta dilengkapi dengan teknologi terkini untuk memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Mobil

Last updated on 12 April, 2024 Autos.id – Menjadi salah satu strategi untuk mengurangi emisi gas karbon jalanan, produksi mobil listrik terus meningkat. Masyarakat...

MG

Last updated on 25 Maret, 2024 Autos.id – Mungkin untuk di pasaran otomotif Indonesia, model station wagon merupakan sebuah model mobil yang sedikit jarang...

BYD

BYD Seal hadir di Indonesia untuk menambah lini mobil listrik dengan berbagai keunggulan. Autos.id – BYD Motor Indonesia (BMI) memperkenalkan BYD Seal sebagai salah...

Berita Otomotif

Last updated on 15 Maret, 2024 Konektor charger mobil listrik ternyata ada berbagai tipe, termasuk GB/T dan CCS 2 yang seringkali dibandingkan. Autos.id –...

error: Content is protected !!