Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Pemerintah Seharusnya Turunkan Harga Mobil Sedan di Indonesia

Pemerintah Seharusnya Turunkan Harga Mobil Sedan

Last updated on 22 April, 2016

Jakarta, Autos.id – Mobil jenis sedan di Indonesia memang kurang populer dibandingkan MPV (multi purpose vehicle). Alasannya karena harga mobil sedan jauh lebih tinggi dibanding mobil MPV. Pemerintah pun seharusnya menurunkan harga mobil sedan agar kendaraan jenis ini sama populernya dengan mobil MPV.

Demikian diungkapkan Jongkie D Sugiarto, Ketua 1 Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) di Jakarta. Ia menuturkan GAIKINDO sangat berharap Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) terhadap mobil jenis sedan bisa diturunkan oleh pemerintah.

“Kita berharap PPnBM mobil sedan bisa turun dari 30% jadi 10% hal ini juga sudah kita utarakan langsung ke pemerintah,” kata Jongkie. Dia beralasan segmen sedan kurang berkembang di Tanah Air mengingat sistem perpajakan yang ada membuat harga mobil jenis ini melambung.

Sedan kecil dengan kapasitas mesin 1.500 cc dikenakan PPnBM 30%, padahal mobil penumpang jenis MPV atau hatchback dengan kapasitas mesin sama hanya kena PPnBM 10%. “Apa sih bedanya sedan? Kan cuma keberadaan bagasi belakang tapi pajaknya bisa 30% sementara yang buntung gak ada bagasi belakang pajaknya bisa 10%,” lanjut Jongkie.

Pajak Mobil Hatchback Lebih Murah dari Sedan

Pajak Mobil Hatchback Lebih Murah dari Sedan

Dirinya pun menjelaskan, GAIKINDO berasumsi jika PPnBM sedan turun maka harga jual ke masyarakat ikut turun yang pada akhirnya ini bisa mengerek penjualan mobil sedan di Indonesia setara penjualan MPV. “Kalau populasinya banyak, kita juga bisa ekspor sedan lebih banyak karena produksi sedan ikut banyak. Keinginan kita ini bukan untuk menghambat pendapatan pemerintah justru meningkatkan pendapatan pemerintah. Karena kebutuhan ekspor bukan hanya MPV tapi juga Sedan dan SUV. Ini yang dimiliki Thailand tapi tidak di kita,” tegas Jongkie.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...