Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Pemerintah Genjot Industri Komponen Otomotif Lokal

Pemerintah Genjot Industri Komponen Otomotif Lokal
Industri Komponen Otomotif Juga Harus Maju

Last updated on 21 April, 2016

Jakarta, Autos.id – Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) ingin agar industri komponen otomotif dalam negeri terus maju seiring meningkatnya industri otomotif manufakturing.

Saleh Husin, Menteri Perindustrian RI menyebutkan jika dalam lima tahun terakhir Toyota telah menanamkan investasi pabrik hingga Rp 20 triliun, Suzuki Rp 13 triliun, sementara Mitsubishi Rp 6 triliun, dan Isuzu Rp 3 tirliun. “Paling baru ada dari Cina, Wuling yang menginvestasikan Rp 11 triliun ke Indonesia,” katanya di Jakarta akhir pekan kemarin.

Jika investasi di industri manufaktur ini sudah menggeliat, maka Saleh beraharap hal yang sama juga terjadi di industri komponen otomotif. “Saat ini Indonesia baru memiliki 1000 industri komponen, padahal di Thailand sudah ada setidaknya 3000 indsutri komponen.

“Akibatnya apa? masih banyak industri komponen yang diimpor. Ini yang harus didorong agar betul-betul tumbuh dan dibuat oleh putra putri Indonesia agar industri komponen dimiliki pengusaha lokal,” tukas Menteri ketika menghadiri acara mobilinanews Award “Karya Indonesia Hebat” 2016.

Menteri Saleh Husin di Acara Karya Indonesia Hebat 2016

Menteri Saleh Husin di Acara Karya Indonesia Hebat 2016

Saleh juga menambahkan acara pemberian penghargaan seperti itu penting untuk memacu kreatifitas dan semangat pelaku industri otomotif agar memajukan indsutri dalam negeri. “Dengan begitu paling tidak kita jadi market leader di ASEAN dan tidak kalah dengan Thailand,” tukas Saleh.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dan Tokopedia terus berkomitmen untuk menjaga industri otomotif Indonesia di tengah pandemi dengan berkolaborasi memajukan pelaku dan pemain modifikasi Tanah...

Modifikasi

Tumbuhnya industri modifikasi di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 mendapat dukungan dari Kementrian Perindustrian Jakarta, Autos.id  –  Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto melihat semakin...

Berita Otomotif

Pemerintah sedang membahas pajak mobil listrik di Indonesia yang diharapkan bisa turun sampai nol persen untuk mendukung populasi mobil listrik di dalam negeri. Jakarta,...

Berita Otomotif

Pameran GIIAS Medan berlangsung dengan lancar dan sukses. Dalam helatannya masyarakat Meda mendapatkan banyak informasi perkembangan dunia otomtotif. Medan, Autos.id – GIIAS Medan Auto...