Berita Otomotif

Pertamina Lubricants Terus Menancapkan Taringnya di Manca Negara

Selain sudah diakui kualitas pelumasnya, Pertamina Lubricants juga menjadi penyedia lubricants solution lainnya

Jakarta, Autos.id  –  Sudah cukup lama, saat pertama kali Pertamina lubricants merintis pasar lubricants yaitu sejak tahun 1997 sudah melakukan kerjasama dengan perusahaan pelumas kelas dunia. Namun dengan seiringnya waktu dan terus berkembangnya penyebaran pelumas, tahun 2013 Pertamina Lubricants sudah berdiri menjadi perusahaan mandiri yang saat itu juga mengakuisisi perusahaan singapura.

“Saat ini, Pertamina lubricants merupakan 100% perusahaan yang masih milik Indonesia dan ini merupakan kebanggaan bagi Indonesia. Dan 100% juga hingga hingga saat ini masih menjadi dibawah naungan BUMN,” Sinung Wikantoro, ST, MM, Coordinator of Product Development Specialist PT Pertamina Lubricants dalam press conference Virtual di Jakarta, baru-baru ini.

Bahkan pada tahun 2014, Pertamina meng-akuisisi Perusahaan Pelumas Thailand : Amaco Production Co. Ltd. menjadi anak perusahaan Pertamina Lubricants Thailand Co., Ltd.

Jenis-jenis produk yang dihasilkan Pertamina Lubriants

“Kita juga sudah melakukan apa yang dibutuhkan oleh pasar domestic dan saat ini kita juga terus menggencarkan masuk ke pasar global. Pada tahun 2017, kita  menjadi perusahaan pelumas kelas dunia artinya segala daya upaya kami harus menjadi yang terbaik. Pertamina Lubricants juga tidak hanya menjual pelumas saja tapi juga menjadi penyedia lubricants solution lainnya seperti Coolant, brake fluid, addictive dan banyak lainnya yang saat ini sedang dikembangkan,” imbuh Sinung.

Dengan upaya yang telah dilakukan, Pertamina Lubricantas saat ini berada di posisi 15 dunia untuk perusahaan lubricants di pasar global. Hal ini cukup menarik karena dengan portofolio yang didominasi pasar domestik Pertamina Lubricants sangat percaya diri. “Artinya, dengan mengoptimalkan pasar domestik saja, kami sudah cukup besar dan untuk mengibarkan panji Indonesia di pasar dunia maka kita siap untuk masuk ke pasar global. Tantangan di posisi 15 bagi kami tidak berat dan kami percaya bisa menguasai pasar global lebih besar lagi,” papar Sinung.

Pertamina Lubricants resmi menjadi Technical Partnership Lamborghini Squadra corse

Selain menghasilkan peluas dan produk lainnya, Pertamian Lubricants juga mempunya andil besar dalam dunia perbalapan di Indonesia. Seperti pada tahun 2015, Pertamina Lubricants resmi menjadi Technical Partnership Lamborghini Squadra corse. Dan pada tahun 2019 memberikan dukungan sepenuhnya kepada pebalap Ali Adrian yang turun di Kejuaraan Asian Sirkuit 1000cc di Sirkuit Internasional Suzuka, Jepang lalu.

Hingga saat ini, Pertamina sudah memproduksi ratusan juga kilo liter pelumas baik yang di Indonesia maupun yang di Thailand. Bahkan Pertamina Lubricants juga sudah menjajaki dengan puluhan Negara, namun tidak semua membuahkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Hingga saat ini sudah ada 17 negara yang sudah Pertamina Lubricants ekspor dan masih akan terus dijajaki perkembangannya.

Dan juga mengembangkan sayapnya dengan membuka Pertamina Olimart yang dikhususkan untuk bengkel mobil yang saat sudah berjumlah 190 outlet di seluruh Indonesia. Serta 1798 outlet Pertamina Endruo Express yang lebih dikhususkan untuk bengkel motor.

Pertamina Lubricants juga memiliki Oil Clinic yang berada di Plumpang Jakarta Utara

“Perlu diketahui, salah satu yang menjadi keunggulan mutlak Pertamina Lubricants adalah adanya Oil Clinic yang berada di Plumpang Jakarta Utara. Ini merupakan laboratorium yang menganalisa pelumas  sehingga konsumen bisa mengevaluasi pelumas yang telah digunakan. Meski bersifat independent kita tetap profesional dan dipercaya oleh SNI untuk melakukan pengujian,” pungkas Sinung.

 

 

 

 

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top